Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia dan manfaatnya

Jasindo Insurance

Banyak pertanyaan seputar asuransi yang muncul dari masyarakat yang belum mengetahui tentang dunia asuransi. Berikut ini adalah pengertian asuransi. Asuransi berasal dari bahasa Inggris, assurance atau insurance yang berarti jaminan atau perlindungan.

Pengertian Asuransi

Berdasarkan pengertian Apprindo, Secara hukum, Asuransi adalah suatu perjanjian antara dua pihak, yaitu penanggung (perusahaan asuransi) dan tertanggung (perorangan atau badan usaha). Tertanggung membayar sejumlah uang kepada penanggung dalam bentuk premi dan penanggung mengikatkan diri untuk memberikan ganti rugi kepada tertanggung, jika suatu bencana dijamin dalam polis.

Asuransi dapat dilihat dari 3 sudut pandang, yaitu:

  • Ekonomi : mengelola risiko sampai kerugian akibat bencana, dapat diatasi dengan memperoleh ganti rugi dari asuransi.
  • Sosial : semacam kegiatan gotong royong, dimana penanggung mengumpulkan sejumlah uang berupa premi asuransi dari tertanggung/peserta/pemegang polis, dan mengelolanya secara profesional dan kemudian digunakan sebagai dana untuk membayar kerugian yang ditimbulkan oleh pihak tertanggung. tertanggung/peserta/pemegang polis. Atau dengan kata lain suatu kegiatan saling tolong menolong antara tertanggung/peserta/pemegang polis, apabila terjadi bencana yang menimbulkan kerugian.
  • Hukum : suatu perjanjian yang tercermin dalam berbagai polis produk asuransi, dimana masing-masing pihak adalah tertanggung dan penanggung terikat pada suatu ketentuan/kondisi/kondisi yang tercantum dalam polis

Manfaat Asuransi

Mengapa banyak orang tertarik menggunakan asuransi? Secara logika pastilah ada manfaat di balik hal tersebut. Manfaat Menggunakan Perusahaan Asuransi adalah sebagai berikut:

  1. Menegosiasikan Tarif Premi yang Lebih Kompetitif
  2. Melakukan Analisis Risiko
  3. Membantu nasabah dalam menangani klaim
  4. Memastikan Luas Jaminan sesuai dengan kebutuhan nasabah
  5. Membantu dan Memudahkan nasabah dalam mengelola segala kebutuhan asuransi

Baca juga: Bagaimana Indonesia meningkatkan cakupan asuransi?

16 Perusahaan Asuransi di Indonesia

Berikut ini adalah daftar beberapa perusahaan asuransi di Indonesia

1. Prudential Insurance

Prudential Insurance adalah salah satu perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia, menyediakan beberapa jenis asuransi antara lain asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan investasi.

Asuransi kehati-hatian didirikan pada tahun 1848 di London, Inggris. dengan nama awal “Friendly Assurance Company”. Asuransi Prudential beroperasi di Indonesia pada tahun 1995.

  • Informasi lengkap tentang Asuransi Prudential: https://www.prudential.co.id

2. BNI Life Insurance

Asuransi Jiwa BNI atau BNI Life Insurance, merupakan salah satu anak perusahaan PT. Bank Negara Indonesia (Bank BNI). BNI Life Insurance bergerak di bidang asuransi jiwa.

Asuransi ini berdiri pada tanggal 28 November 1996 dengan nama Asuransi Jiwa BNI Jiwasraya, yang bergerak di bidang asuransi jiwa, gabungan antara BNI dan Jiwasraya. Pada tahun 2007, berubah nama menjadi BNI Life Insurance setelah Jiwasraya menjual sahamnya.

  • Informasi lengkap tentang asuransi BNI life : https://www.bni-life.co.id

3. Jasindo Insurance

Asuransi Jasindo atau PT. Jasa Asuransi Indonesia merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang perasuransian. Hingga saat ini, Asuransi Jasindo memiliki 74 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan 1 kantor cabang di luar negeri.

  • Informasi lengkap tentang Asuransi Jasindo: https://www.jasindo.co.id

4. Sinarmas Insurance

Asuransi sinarmas merupakan salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia. Produk asuransi tersebut adalah asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi kendaraan bermotor, asuransi perjalanan, dan jenis asuransi lainnya.

  • Informasi lengkap tentang Asuransi Sinarmas: https://www.sinarmas.co.id

5. Jiwasraya Insurance

PT. Asuransi Jiwasraya adalah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang asuransi.

  • Informasi lengkap tentang Asuransi Jiwasraya dapat dilihat di website: https://www.jiwasraya.co.id

6. Mercury Insurance

Mercury Insurance atau PT Asuransi Raksa Pratikara adalah perusahaan yang didirikan pada tahun 1975 dan bergerak di bidang asuransi.

  • Informasi lengkap Raksa Insurance, dapat dilihat di: www.araksa.com

7. Cigna Insurance

Cigna Insurance (Cigna Indonesia) atau PT Cigna Insurance adalah perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Didirikan pada tahun 1990, Cigna Indonesia adalah anak perusahaan dari Cigna Corporation, salah satu perusahaan perawatan kesehatan terbesar di pasar Amerika Serikat.

  • Informasi lengkap tentang Asuransi Cigna dapat dilihat di: https://www.cigna.co.id

8. Bintang Insurance

Asuransi Bintang atau PT Asuransi Bintang Tbk, merupakan salah satu perusahaan asuransi umum yang berdiri pada tanggal 17 Maret 1955.

  • Informasi lengkap mengenai Asuransi Bintang dapat dilihat di: www.asuransibintang.com

Baca juga: Asuransi dan Reasuransi di Indonesia: Gambaran Umum

9. AIA Insurance

Aia Insurance atau AIA Financial merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. AIA Financial adalah anak perusahaan dari AIA Group.

  • Informasi lengkap tentang Asuransi AIA dapat dilihat di: http://www.aia-financial.co.id

10. Generali Insurance

Asuransi Generali atau Generali Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi untuk anak dan keluarga. Asuransi generali berdiri sejak tahun 1831.

  • Informasi lengkap tentang asuransi generali, bisa langsung kunjungi website di : https://www.generali.co.id

11. Takaful Insurance

Asuransi Takaful atau PT. Asuransi Keluarga Takaful merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa yang mengedepankan konsep asuransi syariah.

  • Informasi lengkap tentang asuransi takaful, bisa langsung kunjungi website di https://takaful.co.id

12. Abda Insurance

Asuransi abda atau PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. berdiri di jakarta pada tanggal 12 oktober 1982. Asuransi abda bergerak dibidang asuransi, jenis asuransinya adalah Kebakaran, Kebakaran, Kendaraan Bermotor, Transportasi, Kesehatan, dll.

  • Informasi lengkap tentang asuransi anda bisa langsung kunjungi websitenya di : https:/ /www.abdainsurance.co.id

13. AXA Mandiri Insurance

AXA Mandiri atau AXA Mandiri Financial Services merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa, asuransi kesehatan, aset dan investasi. Didirikan pada tahun 1991, dan berkantor pusat di Jakarta.

  • Informasi lengkap tentang Asuransi AXA Mandiri dapat dilihat di website: https://www.axa-mandiri.co.id

14. ACA Insurance

Asuransi ACA atau PT Asuransi Central Asia (ACA) adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum. Didirikan pada tahun 1956 dengan nama Oriental Insurance Company NV.

  • Informasi lengkap tentang Asuransi ACA dapat dilihat di websitenya: https://www.aca.co.id

15. Allianz Insurance

Allianz adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang jasa keuangan yang berkantor pusat di Munich, Jerman. Bisnis utama Allianz adalah asuransi. Allianz didirikan pada tahun 1890. Menurut majalah Forbes pada tahun 2013, Allianz menduduki peringkat ke-25 perusahaan terbesar di dunia.

  • Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Asuransi Allianz, lihat website: https://www.allianz.co.id/

16. Manulife Insurance

Asuransi Manulife atau PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation yang berdiri sejak tahun 1985.

  • Informasi lengkap mengenai Asuransi Manulife dapat dilihat di websitenya: https://www.manulife.co.id

Baca juga: Asuransi dan Investasi, Mana yang lebih penting?