Peta Asia Tenggara Lengkap

Peta Buta Asia Tenggara
Peta Buta Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara Lengkap – Seperti telah kita ketahui bahwa Asia Tenggara adalah sebuah kawasan yang berada di benua Asia bagian tenggara. Daerah ini mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnya.

Batas-batas Asia Tenggara adalah: sebelah utara Republik Rakyat Tiongkok, sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia, dan sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, Teluk Benggala, dan anak benua India.

Peta Asia Tenggara Berbagai Versi

Peta Asia Tenggara adalah bagian dari keseluruhan peta Asia yang begitu luas. Selengkapnya anda bisa melihat luasnya peta tersebut pada artikel Peta Asia. Di sini kami lampirkan peta asia tenggara dalam tiga model berbeda.

Peta Asia Tenggara Versi atlas

Peta Asia Tenggara versi Atlas
Peta Asia Tenggara Versi atlas

Peta lengkap Bendera Negara

Peta Negara Asia Tenggara
Peta Negara Asia Tenggara

Peta Buta Asia Tenggara

Peta Buta Asia Tenggara
Peta Buta Asia Tenggara

Peta Hitam Putih Asia Tenggara

Peta Hitam Putih Asia Tenggara
Peta Hitam Putih Asia Tenggara

Asal-Usul Asia Tenggara

Asia Tenggara terletak di wilayah yang berada di sekitar Indo-Cina dan Semenanjung-Malaya. Asia Tenggara menjadi terkenal ketika pasukan Komando Tenggara Inggris yang dipimpin oleh Louis Mountbatten mulai menguasai wilayah ini. Dilihat dari segi geografis Asia Tenggara dibagi menjadi 2 bagian yaitu sebagai berikut:

1. Daratan Asia Tenggara Negara-negara yang berada di wilayah Asia Tenggara Daratan adalah Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

2. Asia Tenggara Maritim Sedangkan pada negara yang berada di wilayah Asia Tenggara Maritim adalah Brunei, Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura dan Timor Leste.   Kelompok daratan Asia Tenggara dan Asia Tenggara Maritim dibuat berdasarkan geografis negara bagian yang ada di wilayah tersebut. Ada juga wilayah yang dilihat di Asia Tenggara tetapi secara politik dan administrasi termasuk dalam wilayah lain. Wilayah tersebut adalah Taiwan yang masuk ke Asia Timur dan pulau Koskos dan Christmast yang secara administrasi masuk ke Australia.

Sejarah Asia Tenggara

Asia Tenggara merupakan sebuah wilayah yang kaya akan sumber daya alam seperti, bahan tambang penting, rempah-rempah, logam, kayu dan sebagainya. Dari peta Asia Tenggara bisa kita lihat bahwa letaknya memang sangat strategis di jalur perdagangan dunia internasional. Maka tak mengherankan jika kawasan Asia Tenggara semakin diminati oleh negara-negara Barat.

Hal ini terbukti dengan banyaknya negara-negara Barat yang membuat koloni di di kawasan Asia Tenggara kecuali Thailand. Latar belakang negara-negara di Asia Tenggara rasa senasib sepenanggungan pernah dijajah oleh negara Barat.

Kolonialisasi yang pernah terjadi termasuk di Indonesia mencatat sejarah panjang yang menyakitkan bagi bangsa-bangsa Asia Tenggara. Karena kesamaan sejarah inilah yang membuat negara-negara di kawasan ini membentuk suatu organisasi yang bernama ASEAN.  

Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Mendirikan sebuah organisasi yang kuat seperti ASEAN tidaklah mudah, dan pastilah membutuhkan komitmen yang kuat dari semua anggotanya. ASEAN tidak berdiri begitu saja, ada hal-hal yang melatarbelakanginya. Adapun latar belakang terbentuknya ASEAN adalah sebagai berikut:

  • Letak Geografis: persamaan dari semua negara anggota bahwa mereka berada di kawasan yang sama, yaitu Asia Tenggara.
  • Kebudayaan: sebagai Melayu Austronesia bangsa-bangsa Asia Tenggara memiliki budaya yang sama atau serupa.
  • Rasa senasib sepenanggungan: seperti telah disinggung sebelumnya, bahwa negara-negara anggota ASEAN sama-sama pernah dijajah bangsa Barat khususnya Inggris dan sekutunya. Sehingga secara naluriah mereka memiliki rasa senasib dan sepenanggungan.
  • Kepentingan: semua negara anggota ASEAN memiliki kepentingan yang sama untuk sama-sama memajukan negaranya.

Daftar Negara di Asia Tenggara

Asia Tenggara dikelompokkan menjadi dua, yaitu: Asia Tenggara Daratan biasa disingkat ATD dan Asia Tenggara Maritim disingkat ATM. Negara-negara yang termasuk Asia Tenggara Daratan adalah:

  1. Kamboja
  2. Laos
  3. Myanmar
  4. Thailand
  5. Vietnam

Adapun Negara-negara yang termasuk Asia Tenggara Maritim adalah:

  1. Brunei
  2. Filipina
  3. Indonesia
  4. Malaysia
  5. Singapura
  6. TimorLeste

Pembahasan lebih lengkap mengenai ASEAN silahkan kunjungi artikel: Sejarah berdirinya ASEAN dan tujuannya

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Asia Tenggara Lengkap, semoga menambah wawasan kita betapa luasnya benua kita ini.