Peta Bengkulu lengkap dengan nama kabupaten dan kota

Atlas Bengkulu
Atlas Bengkulu

Peta Bengkulu – Setelah sebelumnya Sejarah Negara membahas tentang Peta Jambi, kali ini akan dilanjutkan pembahasan mengenai Bengkulu yang terletak di sebelah barat daya provinsi tersebut. Provinsi Bengkulu beribukota di Bengkulu.

Letak Geografis Bengkulu

Dari peta Bengkulu, dapat kita lihat bahwa provinsi ini terletak di sebelah barat daya Pulau Sumatra. Tak ketinggalan dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia, pada zaman kerajaan di provinsi Bengkulu pernah berdiri beberapa kerajaan yang mencatat sejarah daerah tersebut. Kerajaan-kerajaan tersebut antara lain : Sungai Serut, Selebar, Pat Petulai, Balai Buntar, Sungai Lemau, Sekiris, Gedung Agung, dan Marau Riang. Beberapa kerajaan tersebut di bawah pemerintahan Kesultanan Banten (Wikipedia Bebas).

Di provinsi Bengkulu terdapat kerajinan tradisional bernama batik besurek, yaitu kain batik berhias huruf-huruf Arab gundul. Batik tersebut diakui oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu warisan budaya yang turut memperkaya khazanah budaya Nusantara.

Selain itu, di Bengkulu juga kaya akan tarian tradisi, antara lain : Tari Penyambutan, Tari Tombak Kerbau, Tari Topeng dan lain-lain. Di sanapun terdapat banyak tempat wisata alam dan wisata bersejarah yang patut kita kunjungi, antara lain : Pantai Panjang, Danau Dendam Tak Sudah, Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Bung Karno, dan lain sebagainya.

Peta Bengkulu

Berikut penampakan peta Provinsi Bengkulu. Untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas silahkan klik 2x peta tersebut.

Peta Bengkulu
Peta Bengkulu

Atlas Bengkulu

Atlas Bengkulu
Atlas Bengkulu

Provinsi yang berbatasan dengan Bengkulu

Peta Regional

Peta Sumatra Lainnya

Untuk mengetahui peta Bengkulu secara detail silahkan baca: Peta Atlas Bengkulu

Batas-batas Bengkulu

Jika dilihat dari peta di atas, provinsi Bengkulu terletak di pesisir barat Pulau Sumatra bagian barat daya. Adapun batas-batasnya sebagai berikut:

  • Bagian utara berbatasan dengan Provinsi Sumatra Barat
  • Bagian timur laut berbatasan dengan Provinsi Jambi
  • Bagian timur berbatasan dengan Provinsi Sumatra Selatan
  • Bagian selatan/tenggara berbatasan dengan Provinsi Lampung
  • Bagian barat berbatasan dengan Samudra Indonesia

Sampai saat admin menuliskan ini, karena wilayahnya yang tidak begitu luas Provinsi Bengkulu dibagi dalam 9 kabupaten dan 1 kota saja. Di dalam peta Bengkulu tersebut telah juga ditulis nama-nama kabupaten dan kota, namun agar lebih jelas, di sini kami cantumkan juga semuanya.

Kabupaten dan kota di Bengkulu: Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kaur, Kepahiang, Lebong, Mukomuko, Rejang Lebong, Seluma, Kota Bengkulu   Untuk lebih mengenai Provinsi Bengkulu, silahkan kunjungi website resminya di: go.bengkuluprov.go.id

Kebudayaan Bengkulu

Pakaian Adat, Senjata Tradisional

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Bengkulu lengkap dengan nama kabupaten dan kota, semoga menjadi tambahan manfaat agar kita lebih mengenal wilayah provinsi yang ada di Indonesia, khususnya di pulau Sumatra.