Portugis dan zaman penjelajahan

  • Whatsapp

Portugis membangun sebuah kerajaan dari tahun 1420 dan seterusnya yang sebagian besar terdiri dari pusat-pusat perdagangan yang tersebar di sekitar pantai tiga benua. Perusahaan kolonial ini didorong oleh pencarian emas Afrika, rempah-rempah Asia, dan kerajaan Kristen di timur.

Keingintahuan dan keahlian pelaut Portugis seperti Vasco da Gama menghasilkan eksplorasi rute laut baru di pantai Afrika Barat, di sekitar Tanjung Harapan dan melintasi Samudra Hindia ke India dan sekitarnya.

Bacaan Lainnya
Portugis dan zaman penjelajahan

Pada saat Portugis Brasil diciptakan, itu benar-benar menjadi kekaisaran global pertama antar-benua.

Dalam kumpulan sumber daya ini, kami memeriksa proses di mana kekaisaran dibangun dan dipelihara, koloni-koloni utamanya, dan dampaknya terhadap masyarakat lokal, lingkungan, dan jaringan perdagangan.

Era Eksplorasi mengarah ke dunia baru yang lebih keras dan mengganggu di mana kekuatan kolonial mengukir dunia saat mereka berdesak-desakan untuk mengekstraksi sumber daya berharga dari mana pun mereka dapat ditemukan dan untuk memperbudak dan mengangkut jutaan orang untuk digunakan sebagai tenaga kerja gratis.

Zaman Kerajaan ini, seperti yang kita sebut, masih memiliki konsekuensi hingga saat ini di mana pun kekuatan kolonial pernah memaksakan bahasa, budaya, dan agama mereka kepada masyarakat adat di seluruh dunia.

Peta Dunia oleh Juan de la Cosa
Peta dunia yang digambar oleh Juan de la Cosa (c. 1450-1510). Dibuat pada tahun 1500 di atas perkamen berlapis kulit. (Museum Angkatan Laut Nasional Madrid)

Pos terkait