Rumus Bahasa Inggris dengan belajar 16 tenses lengkap PDF

  • Whatsapp

Sejarah Negara Com – Banyak orang yang menganggap bahasa Inggris sulit sekali untuk dipelajari, sama halnya dengan matematika. Tidak sedikit siswa-siswi yang mengalami kegagalan pada saat ujian, bahkan tidak sedikit pula banyak orang yang tidak diterima kerja karena tidak mampu berbahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris tidak lepas dari belajar 16 tenses yang ada.

Sering orang tertukar antara tenses dengan grammer. Keduanya berbeda, perbedaannya adalah tenses hanya menunjukkan bentuk waktu saja, sedangkan yang dimaksud dengan grammer adalah suatu struktur atau cara dan aturan yang mengatur segala hal yang berkaitan dengan rumus pada perubahan kata ke dalam kalimat.

Bacaan Lainnya

Bila merujuk pada pengertian grammer menurut oxford dictionary grammer dapat diartikan sebagai suatu aturan yang digunakan dalam hal penyusunan dan penempatan setiap kata, frase, klausa, dan kalimat yang terdapat pada bahasa Inggris.

Jika sudah mengetahui perbedaan antara tenses dan grammar, kita akan dengan mudah untuk masuk ke pembahasan mengenai cara belajar tenses.

Pengertian Tenses dan Fungsinya

Yang di maksud dengan tenses adalah suatu bentuk kata kerja dalam sebuah tata bahasa yang menunjukkan suatu waktu (keterangan waktu) di mana pada waktu tersebut terjadi suatu peristiwa atau perbuatan dan tahapan penyelesaiannya.

Dari pengertian tenses dapat disimpulkan bahwa tenses bermanfaat dan penting, karena kita bisa mengetahui kapan terjadinya suatu peristiwa atau suatu perbuatan.

Pada kalimat pertama memberitahukan jika suatu peristiwa atau perbuatan tersebut sedang terjadi sekarang. Pada kalimat kedua memberitahukan bahwa kejadian atau perbuatan tersebut sudah terjadi, sedangkan pada kalimat ketiga digambarkan peristiwa atau perbuatan tersebut belum terjadi.

Artinya, pada waktu berbicara kita harus mengetahui kapan terjadinya waktu yang dilakukan pada waktu bicara. Selain itu, belajar 16 tenses kita bisa mengetahui bagaimana cara bicara apakah sedang membicarakan suatu kejadian pada masa lampau sekarang atau masa yang akan datang.

Setelah mengetahui waktu dan situasi keadaan dari apa yang dibicarakan, misalnya jika kita sedang melakukan pembicaraan mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang sedang berlangsung, maka yang kita gunakan adalah present tense (yang menerangkan waktu sekarang).

Sedangkan jika yang kita bicarakan adalah suatu peristiwa atau kejadian yang sudah berlangsung pada waktu yang lalu, maka yang digunakan adalah past tense, dan apabila yang dibicarakan adalah suatu peristiwa atau sesuatu yang akan datang, maka yang digunakan adalah future tense.

Baca juga: Contoh Announcement Bahasa Indonesia dan Inggris lengkap artinya

Macam-macam Tenses

Pembagian 16 tenses menjadi 4 kelompok

Terdapat 16 tenses yang masing-masing memiliki fungsi yang berlainan atau berbeda-beda karena memang masing-masing tenses diciptakan untuk menunjukkan waktu yang berbeda pula.

Berikut penjelasan mengenai tenses dan jenis-jenis tenses. Agar lebih memudahkan dan mengingat tenses yang jumlahnya cukup banyak itu bisa dengan mengelompokannya menjadi 4, yaitu sebagai berikut:

1. Present

  • Simple present tense digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sifatnya tetap, sering menyangkut suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu/ lampau, sekarang, dan masa yang akan datang . Dibandingkan dengan tenses lainnya, tenses ini yang paling sedikit menerangkan keterangan waktu tertentu. Rumusnya: (S = V1).
  • Present continuous tense digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang sedang dilakukan pada saat ini juga. Rumusnya: (S + is/am/are+V-ing).
  • Present perfect tense adalah tenses yang digunakan untuk menunjukkan atau menerangkan suatu kejadian atau tindakan yang sudah dikerjakan dan baru saja selesai. Rumusnya: (S + have, has + V3).
  • Present perfect continuous tense adalah tenses yang digunakan untuk menunjukkan suatu peristiwa atau suatu kejadian yang baru saja sedang berlangsung sampai sekarang. Rumusnya: (S + habe, has + been+ V-Ing).

2. Past

  • Simple past tense adalah tenses yang digunakan untuk menjelaskan atau menyatakan suatu peristiwa, perbuatan yang sudah terjadi di masa lalu. Rumusnya: (S + V2).
  • Past continuous tense adalah tenses yang digunakan untuk menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian pada waktu tertentu yang terjadinya di masa lalu. Rumusnya: (S + was, were + V-Ing).
  • Past perfect tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan atau mengekspresikan suatu tindakan di masa lalu sebelum suatu tindakan lainnya terjadi, namun kejadiannya ada pada waktu lalu atau masa lampau. Rumusnya: (S + had + V3).
  • Past perfect continuous tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu tindakan atau peristiwa yang waktunya lebih lama, namun sudah selesai dan kejadiannya terjadi pada waktu lalu. Rumusnya: (S + had + been + V-Ing).

3. Future

  • Simple future tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu tindakan atau perbuatan yang akan dilakukan atau diperbuat di masa yang akan datang. Rumusnya: (S + will + V1).
  • Future continuous tense adalah tenses yang digunakan untuk menggambarkan atau menceritakan suatu keadaan yang akan terjadi di waktu-waktu tertentu di masa yang akan datang. Rumusnya: (S+will+be+V=Ing).
  • Future perfect tense adalah tenses yang digunakan untuk menceritakan atau menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang. Rumusnya: (S + will + have +V3).
  • Future perfect continuous tense adalah tenses yang digunakan untuk membicarakan suatu peristiwa atau kejadian yang panjang sebelum terjadi beberapa saat di masa yang akan datang dan peristiwa tersebut terus berlangsung sampai sekarang. Rumusnya: (S + will + have + been + V-Ing)

4. Past Future

  • Past future tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan atau menceritakan perbuatan atau peristiwa yang sudah pernah terjadi di masa lalu atau masa yang lampau. Rumusnya: (S + would + V1).
  • Past future continuous tense adalah tenses yang menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang sedang terjadi di masa lampau. Rumusnya: (S + would + be + V-Ing).
  • Past future perfect Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang sudah dan akan terjadi. Rumusnya: (S + would + have + V3).
  • Past future perfect continuous tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan atau menceritakan suatu peristiwa atau kejadian yang tengah terjadi di masa lampau, lalu, dan terus terjadi. Rumusnya: (S + would + have + V1 + ing).

Baca juga: Kumpulan Kata Kata Semangat bahasa Indonesia dan maknanya

Cara belajar 16 tenses tersebut bisa dengan membacanya berulang-ulang sambil masing-masing tenses diberi contoh berupa kalimat. Perlu diketahui bahwa penjelasan artikel di atas mengenai 16 tenses, baru sebatas penjelasan untuk memahami tenses.

Agar lebih cepat memahaminya bisa juga dengan mengaplikasikannya atau mecoba secara langsung membuat kalimat dari 16 tenses tersebut, cara tersebut akan lebih efektif dibandingkan dengan menghapalnya. Selain mempraktekkannya 16 tenses bisa dilakukan dengan menulisnya, agar dapat meningkatkan kemampuan tenses.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengahapal dan memahami tenses di dalam bahasa Inggris. Karena pentingnya belajar bahasa Inggris, maka pelajaran tenses dan juga grammer sangat dibutuhkan, sehingga tidak heran jika sekarang ini banyak tempat kursus bahasa Inggris yang berdiri.

Akan tetapi, untuk mengikuti pelajaran bahasa Inggris di tempat kursus tersebut tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk itu, dari penjelasan di atas, belajar 16 tenses tersebut dapat dilakukan dengan sendiri, tanpa harus kursus. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat belajar.

Pos terkait