Sejarah singkat kedatangan portugis pertama kali di Indonesia

Retrato-de-Afonso-de-Albuquerque
Retrato-de-Afonso-de-Albuquerque

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

Bangsa Portugis terkenal sebagai bangsa yang sangat berani berpetualang mengarungi lautan. Keberaniannya juga didukung oleh pengetahuan geografi dan astronomi yang baik serat kemajuan di bidang teknologi perkapalan dan persenjataan. Kapal mereka dapat bergerak cepat dan meriamnya memiliki jarak tembak yang baik.

Bangsa Portugis Mulai Menjelajah

Retrato de Afonso de Albuquerque
Retrato de Afonso de Albuquerque

Kemajuan-kemajuan itu memungkinkan mereka mampu mengarungi lautan guna memenuhi ambisinya mendapatkan wilayah baru untuk berpetualang mengumpulkan rempah-rempah dan menyebarkan agama. Rempah-rempah merupakan komoditas dagang yang sangat menguntungkan di Eropa.

Pada tahun 1511, Portugis yang dipimpin oleh d’Albuquerque berhasil menduduki pelabuhan Malaka. Dari Malaka, mereka melanjutkan pelayaran ke timur menuju Maluku, kepulauan penghasil rempah-rempah di Indonesia.

Bangsa Portugis Sampai di Indonesia

Pelayaran ini dipimpin oleh Antonio d’Abreau dan Francisco Serrao. Dalam pelayaran tersebut mereka singgah di Gresik kemudian menuju ke Pulau Banda. Pulau ini merupakan tempat pengumpulan rempah-rempah di Maluku.

Sejarah Portugis lainnya

Portugis kemudian bersahabat dengan Ternate di Maluku Utara. Pada tahun 1522, mereka mendirikan benteng Sao Paolo, tetapi kemudian meninggalkan Ternate pada tahun 1575. Hal itu terjadi karena rakyat Ternate tidak menyukai hak monopoli dan kegiatan Kristenisasi yang dijalankan Portugis.

Sejarah singkat kedatangan portugis pertama kali di Indonesia

Loading...