Sekutu mengakhiri pendudukan Jerman Barat

Sekutu mengakhiri pendudukan Jerman Barat

Sejarah Hari Ini – Republik Federal Jerman (Jerman Barat) menjadi negara berdaulat ketika Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris Raya mengakhiri pendudukan militernya yang dimulai pada tahun 1945. Dengan tindakan ini, Jerman Barat diberi hak untuk mempersenjatai kembali dan menjadi negara penuh, anggota tetap dari aliansi barat melawan Uni Soviet .

Pada tahun 1945, Amerika Serikat, Inggris Raya, dan Prancis telah mengambil alih pendudukan bagian barat Jerman (serta separuh barat Berlin, yang terletak di Jerman timur). Uni Soviet menduduki Jerman timur, serta bagian timur Berlin.

Ketika permusuhan Perang Dingin mulai mengeras antara kekuatan barat dan Rusia, menjadi semakin jelas bahwa Jerman tidak akan dipersatukan kembali. Pada akhir 1940-an, Amerika Serikat bertindak untuk meresmikan perpecahan dan menetapkan Jerman barat sebagai republik merdeka, dan pada Mei 1949, Republik Federal Jerman secara resmi diumumkan.

Pada tahun 1954, Jerman Barat bergabung dengan Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO) , aliansi pertahanan timbal balik antara Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. Yang tersisa hanyalah orang Amerika, Inggris, dan Prancis untuk mengakhiri hampir 10 tahun pendudukan mereka. Ini tercapai pada 5 Mei 1955, ketika negara-negara itu mengeluarkan proklamasi yang menyatakan diakhirinya pendudukan militer Jerman Barat.

Di bawah persyaratan kesepakatan yang dicapai sebelumnya, Jerman Barat sekarang akan diizinkan untuk membentuk kekuatan militer hingga setengah juta orang dan melanjutkan pembuatan senjata, meskipun dilarang memproduksi senjata kimia atau atom apa pun.

Berakhirnya pendudukan Sekutu di Jerman Barat berarti pengakuan penuh atas republik sebagai anggota aliansi barat melawan Uni Soviet. Sementara Rusia kurang senang dengan prospek dipersenjatai kembali Jerman Barat, mereka tetap senang bahwa reunifikasi Jerman secara resmi menjadi masalah mati.

Tak lama setelah proklamasi 5 Mei dikeluarkan, Uni Soviet secara resmi mengakui Republik Federal Jerman. Kedua Jerman tetap terpisah sampai tahun 1990, ketika mereka secara resmi bersatu kembali dan sekali lagi menjadi satu negara demokratis.

Pos terkait