5 Software Akuntansi terbaik 2021

  • Whatsapp

Ketika memulai bisnis, software akuntansi adalah salah satu aplikasi bisnis pertama yang perlu Anda beli. Memilih yang tepat itu penting, karena pasti akan digunakan setiap hari untuk melacak keluar masuknya uang bisnis Anda. Dengan software akuntansi, Anda akan membuat faktur, mencatat pembayaran masuk dan keluar, mengidentifikasi dan menindaklanjuti piutang yang telah jatuh tempo, dan menjalankan laporan yang akan membantu menganalisis kesehatan keuangan dan berbagai aspek bisnis Anda.

Dengan ratusan program software akuntansi di pasaran, sulit untuk memutuskan mana yang akan dipilih. Dalam posting ini kami memberikan solusi 5 software akuntansi terbaik, program akuntansi yang terjangkau dan mudah digunakan yang dirancang untuk bisnis kecil. Keempat aplikasi tersebut berbasis cloud dan memiliki aplikasi seluler sehingga Anda dapat mengakses data kapan saja, dari mana saja.

Bacaan Lainnya

Sistem akuntansi pada software-software tersebut memiliki fitur penghemat waktu, seperti umpan bank otomatis, pengingat pembayaran otomatis, dan faktur online serta penerimaan pembayaran. Tidak itu saja, software dengan pelaporan keuangan yang komprehensif, dapat disesuaikan, dan real-time, karena sangat penting untuk memantau dan memahami keuangan bisnis Anda.

Berikut adalah pilihan dan penjelasan detail tentang Software Akuntansi terbaik 2021. Pelajari lebih lanjut tentang apa yang harus Anda cari dalam perangkat lunak akuntansi dengan membaca panduan.

1. QuickBooks Online aplikasi bisnis kecil terbaik

Harga: Mulai dari $ 10 per bulan

QuickBooks Online aplikasi bisnis kecil terbaik

Apa yang tidak bisa dilakukan QuickBooks? Aplikasi perangkat lunak akuntansi yang sangat populer digunakan oleh bisnis kecil di seluruh dunia. Akuntan dengan cepat memuji solusi perangkat lunak: Ini terjangkau, dapat digunakan dan efektif. Sulit untuk menemukan banyak kekurangan dengan QuickBooks, terutama mengingat kebutuhan bisnis kecil saat ini.

QuickBooks Online dari Intuit adalah salah satu solusi akuntansi bisnis kecil paling populer di pasar, dan merupakan software akuntansi bisnis. Mudah untuk digunakan dan dimuat dengan fitur, termasuk dapat menghemat waktu Anda. Perusahaan memperkirakan bahwa, rata-rata, pengguna dapat menghemat 40 jam setiap bulan untuk tugas-tugas akuntansi. Ini dapat digunakan oleh hampir semua jenis bisnis dan memiliki rencana untuk bisnis dari semua ukuran, dari wiraswasta dan usaha kecil dengan kebutuhan akuntansi dasar hingga bisnis mapan yang membutuhkan fitur-fitur canggih seperti waktu, pelacakan proyek dan inventaris.

Selain fitur-fiturnya yang canggih, QuickBooks digunakan di seluruh dunia. Ini berarti akuntan di seluruh Amerika Serikat sudah familiar dengan platform ini. Ketika mempelajari program atau membutuhkan bantuan akuntansi, Anda dapat menghubungi akuntan di seluruh negeri dan mereka pasti paham apa yang anda tanyakan. Jika ingin melakukan outsourcing beberapa tugas akuntansi atau membawa akuntan baru, sulit untuk membuat mereka menggunakan QuickBooks sebagai solusi perangkat lunak akuntansi utama bisnis Anda.

Yang membuat QuickBooks begitu istimewa adalah harganya. Software bisnis yang satu ini sangat terjangkau. Ada banyak paket, sehingga bisnis kecil dengan ukuran yang berbeda-beda dapat memanfaatkan perangkat lunak ini. Jarang sekali solusi bisnis dengan begitu banyak kemampuan dapat begitu terjangkau, tetapi QuickBooks memberikannya. Ini adalah layanan luar biasa yang dimanfaatkan oleh bisnis kecil di seluruh dunia.

2. Zoho Books software akuntansi terbaik untuk Bisnis Mikro

Harga: Mulai dari $ 9 per bulan

Zoho Books software akuntansi terbaik untuk Bisnis Mikro

Bisnis mikro membutuhkan software akuntansi yang sangat sederhana. Zoho Books menawarkan semua fitur dasar yang dibutuhkan bisnis mikro serta alat canggih seperti penagihan proyek dan pelacakan waktu. Ia juga memiliki integrasi, sehingga Anda dapat terus menggunakan perangkat lunak tersebut seiring pertumbuhan bisnis. Kami memilihnya sebagai aplikasi akuntansi terbaik untuk bisnis mikro karena kesederhanaan dan nilainya, karena dibandingkan dengan software akuntansi lain di kelasnya, Zoho Books memiliki harga terbaik dengan segala fiturnya.

Ketika menggunakan perangkat lunak akuntansi sederhana, Anda tidak ingin antarmuka pengguna yang usang atau fitur yang begitu mendasar sehingga Anda tidak dapat memperoleh wawasan bisnis yang penting dari data tersebut. Itulah yang membuat Zoho Books menjadi layanan elit. Meskipun platform ini mudah digunakan, namun tidak miskin fitur, dan antarmukanya modern dan ramping. Zoho Books melayani secara khusus untuk bisnis mikro seperti pekerja lepas dan wirausahawan baru. Perusahaan telah menciptakan produk terjangkau yang memenuhi kebutuhan bisnis terkecil. Bahkan bisnis rumahan pun bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan Zoho Books.

Zoho Books juga membantu mengotomatiskan proses tertentu, yang merupakan fitur penghemat waktu yang bagus. Faktur berulang dan pengingat pembayaran otomatis mudah disiapkan. Bisnis kecil selalu mencari cara untuk menjadi lebih efisien, dan Zoho Books membantu mewujudkannya.

Fitur tambahan termasuk faktur, pembayaran online dan aplikasi seluler. Di dunia yang semakin bergantung pada aktivitas bisnis berbasis seluler, beberapa pemilik bisnis kecil pasti menyukainya karena kemampuan menyelesaikan berbagai hal di aplikasi seluler. Freelancer dan bisnis kecil lainnya juga dapat memanfaatkan fitur-fitur ini, karena mereka dapat menghemat waktu dan menambah kenyamanan dalam kehidupan kerja sehari-hari.

3. FreshBooks Software Faktur Bisnis Kecil Terbaik

Harga: Mulai dari $ 15 per bulan

FreshBooks Software Faktur Bisnis Kecil Terbaik

Jika Anda perlu membuat dan mengirim faktur, menemukan aplikasi software akuntansi bisnis kecil yang sesuai dengan kebutuhan dapat menjadi sangat sulit. Anda akan menemukan beberapa solusi yang unggul dalam pembuatan faktur tetapi tidak menawarkan apa pun dalam hal solusi akuntansi. Solusi lain menampilkan layanan akuntansi yang solid, tetapi alat pembuatan faktur sangat tidak memuasakan. Tampaknya hampir mustahil untuk menemukan jalan tengah yang sempurna. Untung saja, FreshBooks membuat solusi yang tepat.

Meskipun semua produk software akuntansi memiliki alat faktur, namun FreshBooks sangat mudah digunakan, itulah sebabnya kami memilihnya sebagai program perangkat lunak faktur terbaik untuk bisnis kecil. Format WYSIWYG intuitif, dan hanya dengan beberapa klik, Anda dapat menambahkan waktu dan biaya yang dapat ditagih; sesuaikan tampilan faktur; dan mengatur faktur berulang, pengingat pembayaran otomatis, dan biaya keterlambatan. Perangkat lunak akuntansi ini dapat terhubung ke bank Anda, menghasilkan beberapa laporan, melacak waktu, dan membantu mengelola proyek.

Semua fitur yang diperlukan tersedia dalam aplikasi perangkat lunak akuntansi dan faktur. Meskipun tidak selengkap beberapa opsi lain di pasar, FreshBooks menawarkan nilai yang bagus sebagai solusi software akuntansi dengan kemampuan penagihan yang kuat.

Software ini bekerja paling baik untuk bisnis berbasis proyek dan freelancer. Bisnis apa pun yang menghasilkan faktur sering harus mempertimbangkan FreshBooks. Kemampuan untuk menggabungkan alat software akuntansi dan alat faktur jarang terjadi, tetapi FreshBooks melakukan pekerjaannya secara efektif. Untuk bisnis yang tidak mengirim faktur, solusi akuntansi lain akan lebih masuk akal, tetapi freelancer dan bisnis berbasis proyek secara otomatis akan tertarik pada fitur dan keterjangkauan FreshBooks.

Kami merekomendasikan FreshBooks untuk bisnis apa pun di mana faktur berperan dalam operasi hariannya. Harga, fitur, dan kegunaan FreshBooks menjadikannya salah satu solusi akuntansi terbaik di pasar.

FreshBooks sekarang menawarkan fitur pelacakan jarak tempuh baru untuk aplikasi iOS-nya. Dirilis awal bulan ini, alat ini memudahkan untuk memasukkan jarak tempuh dengan cepat. Yang diperlukan hanyalah satu gesekan untuk mencatat jarak tempuh Anda dan mengkategorikannya sebagai pengeluaran pribadi atau bisnis. Pengguna juga dapat melihat jarak tempuh berdasarkan periode tertentu, dan mengunduh serta berbagi laporan tentang jarak tempuh mereka. Untuk saat ini, fitur pelacakan jarak tempuh hanya tersedia untuk perangkat iOS.

4. Xero Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Berkembang

Harga: Mulai dari $ 9 per bulan

Xero Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Berkembang

Meskipun banyak bisnis dimulai dari skala kecil, namun dimungkinkan untuk berkembang. Anda menginginkan solusi perangkat lunak akuntansi yang dapat tumbuh bersama bisnis Anda? Xero adalah pilihan terbaik.

Tidak seperti program perangkat lunak akuntansi yang menetapkan harga berdasarkan jumlah pengguna yang didukung setiap paket, paket langganan Xero mendukung pengguna sebanyak yang ingin Anda tambahkan, sehingga seiring pertumbuhan bisnis, Anda dapat menambahkan karyawan baru ke akun tanpa biaya tambahan. Semua paket menyertakan sebagian besar fitur, bahkan perkiraan, pelacakan inventaris, dan faktur berulang. Perangkat lunak ini memiliki lebih dari 700 integrasi aplikasi, dan dilengkapi dengan email 24/7 dan dukungan obrolan langsung.

Kami percaya bahwa berbagai fitur Xero, dikombinasikan dengan dukungan pelanggannya, menjadikannya salah satu opsi yang lebih baik di pasar. Saat Anda menambahkan solusi berbasis cloud perusahaan, Anda mendapatkan aplikasi software akuntansi yang ideal untuk bisnis yang sedang berkembang.

Xero merilis beberapa pembaruan untuk perangkat lunak akuntingnya pada bulan Februari, termasuk pemberitahuan tentang dokumen duplikat di Hubdoc. Bertujuan untuk mengurangi kesalahan pembukuan dan menghemat waktu pemilik bisnis untuk memeriksa ulang unggahan, fitur baru ini memberi tahu pelanggan jika mereka mengunggah dokumen dua kali. Kemampuan untuk melihat umpan bank klien, item yang tidak direkonsiliasi dan nomor bisnis melalui kolom yang dapat disesuaikan juga di antara pembaruan terkini.

Xero telah mengumumkan pembaruan pada paket Awal yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis baru dan pedagang tunggal di tengah pandemi COVID-19. Ini menghapus batas rekonsiliasi bank dan menaikkan batas faktur menjadi 20 per bulan. Perusahaan sekarang mempromosikan paket Awal dengan diskon 50% ke akun baru untuk empat bulan pertama mereka.

5. Wave Financial software akuntansi gratis fenomenal

Harga: GRATIS

Wave Financial software akuntansi gratis fenomenal

Untuk sistem akuntansi gratis, Wave Financial menawarkan banyak fitur utama dan berkualitas. Sofware ini daat terhubung ke rekening bank Anda secara real time, dan menawarkan fitur penggajian dan faktur, serta jumlah koneksi akuntan yang tidak terbatas. Itulah sebabnya, di antara alasan lainnya, Wave merupakan pilihan sebagai solusi perangkat lunak akuntansi bisnis kecil gratis terbaik.

Bisnis kecil ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan Wave. Platform ini mudah digunakan, dan menawarkan banyak fitur yang disediakan oleh program perangkat lunak akuntansi berbayar terbaik. Juga tidak ada penurunan besar dalam hal kualitas.

Wave Financial mungkin tidak selengkap beberapa opsi perangkat lunak akuntansi, namun Wave Financial selangkah lebih maju dari opsi gratis lainnya di pasar.

FITUR UTAMA DAN MANFAAT SOFTWARE AKUNTANSI

Ada banyak aspek software akuntansi yang membantu menjadikannya alat yang berguna. Sebagai pemilik bisnis kecil, penting untuk mengetahui fitur mana yang harus dicari. Kebanyakan software akuntansi online menawarkan fitur piutang, hutang, perbankan dan pelaporan. Beberapa termasuk alat seperti manajemen inventaris, manajemen proyek, pelacakan waktu dan alat penggajian.

Berikut adalah beberapa fitur inti yang harus ada dalam software akuntansi:

1. Umpan Bank

Fitur ini menghubungkan perangkat lunak ke rekening bank bisnis dan kartu kredit Anda untuk menerima pembaruan harian dari transaksi. Ini akan menghemat waktu yang diperlukan untuk mengunggah transaksi secara manual ke dalam sistem. Ini juga memberikan gambaran umum harian, bukan bulanan, dari akun Anda. Fitur umpan bank waktu nyata dapat membantu rekonsiliasi, memungkinkan Anda menjadikannya tugas harian kecil daripada cobaan bulanan.

2. Dasbor

Saat Anda masuk ke akun Anda, Anda akan disambut oleh dasbor yang menunjukkan kepada Anda gambaran umum aktivitas akun Anda dan metrik utama seperti arus kas, laba rugi, saldo akun, pengeluaran, hutang dan piutang, dan penjualan. Beberapa memungkinkan Anda untuk menyesuaikan apa yang Anda lihat pertama kali dengan mengatur ulang informasi.

3. Faktur Online

Jika bisnis Anda mengirimkan faktur, dapat mengirimnya melalui email dan menerima pembayaran online membantu dibayar lebih cepat. Beberapa program software akuntansi terintegrasi dengan pemroses pembayaran pihak ketiga; yang lain meminta Anda untuk menggunakan layanan pemrosesan internal mereka. Nilai tambah ketika software akuntansi juga bisa berfungsi sebagai generator faktur.

4. Faktur Berulang

Dengan fitur ini, Anda dapat menjadwalkan sistem untuk secara otomatis membuat dan mengirim faktur untuk biaya berulang, seperti langganan. Anda dapat memilih seberapa sering faktur dikirim, baik harian, mingguan, bulanan atau tahunan, dan menunjukkan apakah ada tanggal akhir penagihan. Sangat sedikit dari aplikasi akuntansi yang menyertakan fungsionalitas faktur berulang.

5. Pengingat Pembayaran Otomatis

Fitur ini membantu mengingatkan pelanggan tentang pembayaran yang akan datang dan lewat jatuh tempo. Beberapa memiliki contoh teks email yang dapat Anda gunakan sebagaimana adanya atau sesuaikan. Kemudian anda dapat memilih kapan menginginkan pengingat dikirim. Beberapa program memberi opsi untuk mengirim email terima kasih kepada pelanggan setelah Anda menerima pembayaran mereka.

4. Rekonsiliasi Bank

Alat rekonsiliasi pintar mengidentifikasi kemungkinan kecocokan antara transaksi bank dan tagihan serta faktur yang telah Anda masukkan ke dalam software akuntansi, menghemat waktu yang diperlukan untuk menyaring rekening bank Anda untuk informasi ini. Anda kemudian dapat menyetujui atau menolak kecocokan yang disarankan. Aplikasi terbaik menyarankan kecocokan potensial saat Anda merekonsiliasi akun dan beberapa menyertakan alat rekonsiliasi di aplikasi seluler mereka.

5. Laporan keuangan

Setiap program akuntansi dapat menghasilkan laporan keuangan, tetapi beberapa lebih mendasar daripada yang lain, dan beberapa aplikasi mengharuskan Anda untuk berlangganan paket pricier untuk pelaporan lanjutan. Jika membutuhkan jenis laporan keuangan tertentu, Anda pasti ingin memastikannya disertakan dalam aplikasi perangkat lunak dan paket yang Anda pilih. Laporan terperinci dapat membantu menafsirkan data keuangan Anda dengan lebih baik untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

6. Aplikasi Seluler

Tidak semua program akuntansi dan faktur memiliki aplikasi seluler, tetapi yang terbaik memilikinya. Namun demikian, kemampuan aplikasi seluler cukup beragam. Beberapa hanya dapat menangkap tanda terima untuk pelacakan pengeluaran, beberapa memungkinkan membuat dan mengirim faktur, dan yang lainnya memiliki hampir semua fitur yang dimiliki perangkat lunak berbasis web. Sebaiknya periksa apakah perangkat lunak yang Anda pertimbangkan untuk dibeli menawarkan aplikasi seluler dan, jika demikian, fitur apa yang disertakan dalam aplikasi yang akan membantu mengelola bisnis saat Anda tidak berada di kantor.

7. Integrasi

Kemampuan untuk menghubungkan perangkat lunak akuntansi ke program bisnis lain yang Anda gunakan akan menghemat waktu yang berharga, karena Anda tidak perlu mentransfer data secara manual dari satu sistem ke sistem lainnya. Penggajian, pemrosesan pembayaran, sistem POS, dan perangkat lunak CRM hanyalah beberapa dari jenis integrasi populer yang tersedia dengan perangkat lunak akuntansi. Integrasi dengan sistem yang sudah Anda gunakan juga menghemat waktu pelatihan bagi karyawan yang akan menggunakan perangkat lunak.

8. Pelacakan untuk Jam yang Dapat Ditagih

Jika Anda seorang konsultan atau bisnis Anda menagih klien per jam, Anda membutuhkan software yang memungkinkan untuk melacak dan menagih waktu Anda atau yang terintegrasi dengan program pelacakan waktu yang sudah Anda gunakan. Ini adalah fitur penting bagi para freelancer.

9. Manajemen persediaan

Jika memiliki bisnis ritel atau distribusi, Anda membutuhkan aplikasi yang dapat membantu melacak inventaris dan membantu pesanan pembelian. Anda mungkin perlu berlangganan paket tingkat atas untuk mendapatkan fitur ini. Jika Anda membutuhkan fitur inventaris yang lebih canggih, cari perangkat lunak yang terintegrasi dengan sistem manajemen inventaris khusus.

10. Penagihan Berbasis Proyek

Perusahaan, freelancer, dan konsultan yang bekerja dengan klien dalam proyek atau pekerjaan harus mencari perangkat lunak akuntansi yang membantu mereka melacak tugas dan anggaran proyek mereka. Software harus memungkinkan Anda menagih pelanggan untuk waktu yang dilacak dan menagih mereka untuk biaya proyek.

11. Dukungan untuk Berbagai Bisnis

Beberapa program yang kami evaluasi memungkinkan Anda menambahkan lebih dari satu bisnis ke akun Anda, meskipun beberapa perusahaan mengenakan biaya tambahan untuk kemudahan ini. Selain itu, bergantung pada bisnis Anda, satu jenis alat akuntansi mungkin sangat penting, yang mungkin tidak terlalu penting untuk jenis bisnis lain. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis freelance kecil, penagihan berbasis proyek mungkin merupakan fitur terpenting dalam daftar. Jika Anda berencana melakukan beberapa pekerjaan pada perangkat seluler, aplikasi seluler berfitur lengkap mungkin ada di bagian atas daftar Anda untuk apa yang Anda anggap sebagai solusi akuntansi yang tepat.

HARGA SOFTWARE AKUNTANSI

Software akuntansi seharusnya membantu pemilik bisnis merampingkan penagihan dan akuntansi secara signifikan. Namun, tidak harus mengeluarkan banyak uang. Bergantung pada perangkat lunak dan fitur yang Anda cari, sebagian besar program menawarkan beberapa paket untuk mengakomodasi kebutuhan dan anggaran. Dengan banyak pilihan, Anda dapat memilih apa yang Anda inginkan dan berapa banyak harus membayar.

Biasanya ada dua jenis model penetapan harga untuk software akuntansi: lisensi terus menerus atau langganan berulang. Dengan model lisensi berkelanjutan, Anda melakukan pembayaran satu kali untuk akses tak terbatas. Model harga langganan mengharuskan pengguna membayar biaya bulanan atau tahunan untuk mengakses perangkat lunak.

Untuk harga langganan, perkirakan untuk membayar mulai dari $ 10 per bulan untuk paket awal dasar hingga $ 60 per bulan untuk paket layanan yang lebih canggih. Faktor lain seperti jumlah pengguna yang Anda miliki dan fitur yang ingin Anda akses akan memengaruhi biaya bulanan juga.

Terlepas dari model penetapan harga yang Anda pilih, hati-hati terhadap biaya tersembunyi, yang dapat mencakup biaya tambahan untuk opsi penyesuaian, layanan pemasangan atau pengaturan, integrasi, dan layanan pemeliharaan atau dukungan.

Jika bisnis Anda memiliki anggaran yang sangat ketat, ada program perangkat lunak yang gratis. Wave, misalnya, gratis tetapi masih menawarkan banyak fitur akuntansi dan faktur yang akan Anda temukan dalam program berbayar seperti pendapatan tak terbatas, pajak penjualan dan pelacakan pengeluaran, serta mitra dan akuntan tak terbatas.

Banyak program menawarkan uji coba dan demo gratis, yang harus Anda manfaatkan. Saat Anda memilih software akuntansi dan penagihan untuk bisnis, kami sangat menganjurkan untuk memanfaatkan uji coba gratis untuk menguji solusi dan melihat mana yang menawarkan fitur dan alat yang Anda butuhkan.

Menghabiskan waktu dengan perangkat lunak sebelumnya membantu Anda merasa lebih percaya diri dalam keputusan, dan ini mengurangi kemungkinan terjebak dengan program yang membingungkan untuk digunakan atau tidak memiliki fitur yang Anda butuhkan.

FAQ

Bagaimana cara kerja software akuntansi?

Software akan mencatat transaksi dan melacak metrik akuntansi yang berbeda. Anda dapat mengatur perangkat lunak untuk secara otomatis menerima informasi keuangan dari bank, atau Anda dapat menggunakan versi yang sangat dasar yang mungkin memerlukan input data secara manual. Namun, kami merekomendasikan agar pemilik bisnis kecil menggunakan software yang secara otomatis menerima informasi keuangan dari bank dan penyedia kartu kredit untuk melacak keuangan bisnis Anda. Lebih lanjut, sebagian besar solusi perangkat lunak menyimpan informasi di cloud, dan data Anda aman jika suatu saat komputer Anda rusak atau mengalami masalah teknis lainnya.

Sistem akuntansi bisnis kecil mana yang terbaik?

Berdasarkan penelitian pakar akuntan, QuickBooks Online adalah sistem akuntansi bisnis kecil terbaik secara keseluruhan. Namun, bergantung pada kebutuhan spesifik bisnis Anda, sistem lain mungkin lebih sesuai atau bernilai lebih baik. Misalnya, jika bisnis Anda menyediakan layanan dan bekerja dengan klien berdasarkan proyek, FreshBooks mungkin menjadi pilihan terbaik karena fitur manajemen proyeknya. Lihat pilihan terbaik di atas untuk rekomendasi khusus kami untuk berbagai ukuran dan kebutuhan bisnis.

Apa yang Anda butuhkan dari software akuntansi?

Anda membutuhkan software akuntansi yang sanggup melacak uang masuk dan keluar dari bisnis Anda, dengan fitur hutang dan piutang. Namun, beberapa solusi perangkat lunak tidak menyertakan informasi hutang dan piutang dagang. Selain itu, perangkat lunak akuntansi harus terhubung ke rekening bank dan kartu kredit Anda dan secara otomatis akan mengunduh transaksi. Selain itu, jika bisnis Anda berbasis layanan, mungkin membutuhkan alat manajemen proyek. Jika bisnis Anda menjual produk, mungkin menginginkan solusi akuntansi yang memiliki fitur manajemen inventaris. Terakhir, cari solusi perangkat lunak yang menawarkan keuntungan lebih besar dengan menghubungkan ke aplikasi bisnis lain yang sudah Anda gunakan, seperti sistem tempat penjualan, pengelolaan hubungan pelanggan, atau aplikasi perangkat lunak pemasaran email.

Apakah Anda membutuhkan software pembukuan online daripada software akuntansi?

Untuk bisnis kecil, istilah “perangkat lunak pembukuan online” dapat dipertukarkan dengan “perangkat lunak akuntansi online” (namun, ada perbedaan antara pemegang buku dan akuntan). Semua program akuntansi online terbaik untuk bisnis kecil memiliki kemampuan pembukuan yang memungkinkan Anda mencatat transaksi debit dan kredit serta fitur akuntansi yang memungkinkan untuk menjalankan laporan dan menganalisis kinerja keuangan bisnis Anda. Carilah lebih dari sekedar solusi pembukuan; software akuntansi harus mencakup lebih banyak detail, dan memungkinkan Anda menghasilkan faktur dan laporan rinci.

Haruskah software akuntansi juga bertindak sebagai pembuat faktur?

Itu tergantung pada bisnis Anda. Jika Anda menghasilkan (atau berharap menghasilkan) banyak faktur untuk dikirim ke klien dan pelanggan, kami menyarankan Anda menemukan aplikasi akuntansi yang komprehensif dengan fitur penghasil faktur. Freelancer harus mempertimbangkan solusi dengan generator faktur sebagai bagian dari perangkat lunak.

Apa yang dilakukan layanan akuntansi online?

Layanan akuntansi online dapat melakukan berbagai tugas untuk pemilik bisnis yang sibuk. Beberapa fokus pada tugas pembukuan, seperti memasukkan dan mengkategorikan transaksi, akun rekonsiliasi, dan membuat laporan keuangan dan laporan yang dapat Anda bawa ke CPA Anda pada saat pajak. Yang lain menyediakan layanan penggajian dan persiapan pajak. Beberapa, seperti pengontrol virtual, CFO, dan CPA, menyediakan layanan akuntansi tingkat tinggi seperti audit internal serta perencanaan dan analisis keuangan.

Apa sajakah fitur software akuntansi?

Software akuntansi menawarkan banyak fitur kepada pemilik bisnis, beberapa di antaranya Anda perlukan dan yang lain hanya menyenangkan untuk dimiliki. Berikut daftar fitur teratas yang akan Anda temukan di perangkat lunak akuntansi:
1. Umpan bank: Ini menghubungkan rekening bank bisnis dan kartu kredit Anda ke perangkat lunak akuntansi.

2. Dasbor: Ini adalah titik pusat tempat mengakses akun dan melihat aktivitas akun anda.

3. Faktur online: Anda akan menggunakan fitur ini untuk mengirim faktur dan menerima pembayaran.

4. Faktur berulang: Dengan fitur penghemat waktu ini, Anda dapat mengatur perangkat lunak untuk mengirim faktur secara otomatis ke pelanggan langganan.

5. Pengingat pembayaran otomatis: Anda dapat mengatur software akuntansi untuk mengirim email secara otomatis kepada pelanggan, mengingatkan mereka bahwa pembayaran mereka telah jatuh tempo atau lewat jatuh tempo.

6. Alat rekonsiliasi bank: Fitur ini menyederhanakan proses rekonsiliasi dengan mencocokkan transaksi bank dengan faktur.

7. Pelaporan keuangan: Anda dapat menjalankan berbagai laporan yang membantu menganalisis keuangan bisnis.

8. Integrasi: Ini memungkinkan sistem akuntansi untuk berbagi data dengan aplikasi bisnis lain kepada Anda.

Apa tren software akuntansi saat ini?

Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin semakin mengotomatiskan lebih banyak proses dan mengurangi kesalahan akuntansi. Para pakar memperkirakan tren akan terus berlanjut di tahun 2021, dengan vendor menggunakan AI dan pembelajaran mesin untuk menganalisis data dan memberikan panduan tentang item seperti arus kas dan profitabilitas. Vendor perangkat lunak akuntansi juga diharapkan untuk terus mendukung pemilik usaha kecil melalui pandemi dengan diskon dan kesepakatan harga.

PAKAR KOMUNITAS

Saat mencari software akuntansi, penting untuk menemukan solusi yang tidak hanya menawarkan semua fitur dan alat yang Anda butuhkan, tetapi juga sesuai dengan anggaran Anda. Candace Galiffa, pendiri NewWay Accounting, mengatakan dia memilih QuickBooks Online karena keduanya mencentang kotak tersebut.

Tidak hanya karena harganya terjangkau, tetapi juga memiliki sejumlah fitur utama yang menonjol baginya, seperti kemampuannya untuk terhubung dengan bank dan platform fakturnya.

Layanan pelanggan QuickBooks juga merupakan nilai tambah bagi Galiffa. Perwakilan mereka menawarkan panduan dalam menggunakan perangkat lunak, yang membuat program akuntansi lebih mudah dinavigasi.

FreshBooks adalah perangkat lunak pilihan untuk Katie Thomas, CFO Diamond J. Accounting. Salah satu aspek dari perangkat lunak yang menurutnya sangat menarik adalah proses rekonsiliasi banknya. Ini adalah fungsi utama yang dia cari dalam perangkat lunak akuntansi, karena pemilik bisnis menerima pembaruan transaksi otomatis.

Namun, satu kekhawatiran Thomas dengan FreshBooks adalah kurangnya penyesuaian yang tersedia dengan fitur perangkat lunak. “Sebagai pemilik usaha kecil, Anda menginginkan sesuatu yang mudah digunakan, dapat diakses, dan dapat berkembang bersama Anda,” kata Thomas. “Hanya karena Anda adalah bisnis kecil namun tidak berarti harus berpikir kecil. Anda menginginkan sesuatu yang dapat beradaptasi dan sesuatu yang menawarkan pelacakan proyek.”

Thomas menyebut Xero sebagai program yang adil karena API terbuka dan integrasi perangkat lunak manajemen proyek. Bagi Thomas, fitur-fitur ini layak disebutkan karena membantu membuat operasi lebih teratur dan efisien.

Apa yang Diharapkan dari Software Akuntansi pada tahun 2021

Terlepas dari pandemi COVID-19, pasar software akuntansi terus tumbuh karena bisnis bermigrasi ke cloud. Lebih banyak hal yang sama diharapkan pada tahun 2021 karena bisnis dari semua ukuran mencari cara untuk mengurangi biaya dan kompleksitas. Menurut firma riset pasar Gartner, pengeluaran teknologi informasi di seluruh dunia diperkirakan mencapai $ 3,8 triliun pada tahun 2021, naik 4% dari tahun 2020. Software perusahaan diproyeksikan mengalami pertumbuhan 7,2%, dan itu termasuk aplikasi akuntansi cloud.

Bekerja di rumah adalah satu-satunya pilihan bagi banyak orang selama pandemi dan akan terus populer di kalangan pekerja dan pemberi kerja di seluruh dunia pada tahun 2021. Vendor perangkat lunak akuntansi merespons dengan mengotomatiskan lebih banyak aspek akuntansi.

Penyedia perangkat lunak akuntansi semakin mengandalkan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk mengurangi entri data manual. Tren tersebut diperkirakan akan meningkat pada tahun 2021. Kita hanya perlu melihat BlackLine , yang membuat software otomasi akuntansi, misalnya. Baru-baru ini menandatangani kesepakatan $ 150 juta untuk membeli perusahaan AI Rimilia, yang mengoperasikan platform SaaS yang menyederhanakan arus kas dan pengumpulan.

Satu hal yang akan terus membebani pemilik bisnis di tahun 2021 adalah pandemi COVID-19, yang sangat merugikan bisnis kecil tahun ini. Vendor perangkat lunak akuntansi telah menanggapi dengan memberikan penawaran dan diskon untuk membantu pemilik usaha kecil keluar. Jika ada guncangan lain pada ekonomi karena pandemi, kita dapat mengharapkan penyedia perangkat lunak akuntansi untuk naik lagi.

Pos terkait