5 strategi memulai bisnis bagi pengusaha pemula

strategi memulai bisnis

5 strategi memulai bisnis bagi pengusaha pemula – Saat tenaga kerja mengalami perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya, banyak orang banting stir untuk menjadi pengusaha mandiri. Meskipun internet telah mempermudah memulai bisnis, Anda masih harus merencanakan strategi terperinci untuk membantu mencapai tujuan yang anda inginkan. Berikut langkah-langkah yang dapat anda gunakan untuk membantu membuat rencana bisnis yang solid.

Lebih jauh tentang apa itu bisnis, bisa anda baca di artikel: Bisnis: Kepemilikan, klasifikasi, dan kegiatan

1. Lakukan Riset Pasar

Langkah pertama dalam membangun bisnis adalah mengidentifikasi ceruk yang menarik bagi Anda dan menciptakan produk yang termasuk dalam ceruk tersebut.

Anda perlu meneliti pasar untuk membuat sebuah produk setelah Anda menentukan jenis bisnis apa yang akan Anda buat. Saat Anda melihat pasar, Anda harus melihat berapa banyak pesaing yang sudah menjual produk yang serupa.

Dalam mengevaluasi pesaing, Anda juga harus melihat seberapa baik produk mereka laku. Jika perusahaan yang mirip dengan bisnis yang ingin Anda buat sedang berjuang untuk mendapatkan keuntungan, Anda harus menganalisa sebenarnya masalah apa yang memengaruhi bisnis tersebut.

Ada kemungkinan masalah pemasaran atau mungkin konsumen tidak membutuhkan jenis produk tersebut.

Baca juga: 6 Tips sederhana visual marketing untuk bisnis anda

2. Perkirakan Biaya Operasional

Sekalipun Anda sedang memulai bisnis online, Anda tetap harus menyiapkan biaya operasional. Ini termasuk kebutuhan Anda akan perangkat keras komputer, biaya konektivitas internet, dan perlengkapan administrasi.

Proses ini harus melibatkan pemikirkan bagaimana pajak penjualan akan dibayar dan bagaimana Anda akan membayar pajak atas penghasilan pada akhir tahun.

Selain itu, Anda harus menanggung biaya yang terkait dengan pemasaran bisnis dan produk Anda. Kecuali Anda menjual layanan atau produk digital, seperti ebook, Anda tidak perlu memperhitungkan biaya pengiriman.

Pengeluaran operasional lainnya mungkin termasuk mendapatkan perlindungan asuransi, menggabungkan bisnis Anda, dan membayar layanan pihak ketiga.

strategi memulai bisnis

3. Danai Bisnis Anda

Setelah memperkirakan biaya operasi, Anda akan dihadapkan pada tantangan untuk meningkatkan modal untuk bisnis. Jika Anda berencana memulai bisnis online, pengeluaran akan jauh lebih rendah karena tidak perlu membayar sewa, membeli mesin, atau menyewa personel.

Namun, bisnis online pun memiliki pengeluaran minim yang harus dipenuhi. Jika Anda juga bekerja penuh waktu, Anda mungkin dapat menggunakan pendapatan itu untuk membantu mendanai bisnis tersebut.

Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan pinjaman sejawat, pinjaman bisnis kecil tradisional, atau crowdfunding sebagai cara untuk meningkatkan modal bisnis Anda. Opsi yang Anda pilih akan bergantung pada situasi keuangan dan jumlah modal yang perlu dikumpulkan.

Baca juga: Belajar Bisnis dari Orang Kaya dan Sukses

4. Buat website merupakan strategi memulai bisnis

Bahkan toko fisik tradisional membutuhkan situs web di pasar saat ini, dan sebagian besar situs komersial menawarkan solusi e-niaga. Bagi banyak orang, situs web perusahaan berfungsi sebagai portal menuju bisnis, memberi mereka interaksi pertama mereka dengan perusahaan atau merek tersebut.

Artinya, situs web Anda harus terlihat rapi dan profesional sambil menyediakan antarmuka pengguna yang mudah dinavigasi. Situs web harus menampilkan blog tempat Anda dapat membuat konten unik yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan dan visibilitas online.

Semua akun media sosial bisnis Anda harus ditautkan ke blog di situs web miliki Anda untuk memastikan pengikut dapat menemukan situs tersebut. Anda juga dapat membuat akun di situs penggemar untuk pembuat konten, di mana pengikut Anda dapat berlangganan untuk mendapatkan akses ke konten premium Anda. Ini disarankan bagi pengusaha yang membuat konten yang dapat diunduh secara digital.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda menggunakan buletin sebagai layanan untuk membantu mendatangkan lebih banyak pelanggan! Anda dapat menggunakan buletin email setiap minggu untuk memberi tahu pelanggan tentang penawaran, produk baru, dan banyak lagi.

Jika anda ingin belajar membuat website sendiri silahkan baca tutorial blogging. Namun, jika anda kesulitan untuk membuat website bisnis, silahkan hubungi kami untuk berdiskusi lebih lanjut.

5. Mulailah Memasarkan Bisnis Anda

Memasarkan bisnis bisa menggairahkan dan membuat frustrasi, jadi Anda harus melalui serangkaian uji coba dan percobaan sebelum Anda menemukan apa yang berhasil untuk bisnis Anda.

Di dunia digital saat ini, konsumen ingin menjalin hubungan dengan merek dan mereka melakukannya dengan mengikuti di media sosial. Untuk alasan ini, penting untuk menumbuhkan pengikut yang kuat di satu atau lebih situs media sosial.

Ada banyak jenis pemasaran digital yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis, termasuk pemasaran media sosial, pemasaran perangkat seluler, dan pemasaran SMS. Beberapa wirausahawan mengalami kesuksesan dan pertumbuhan secara ketat melalui peluang pemasaran gratis yang tersedia melalui situs web media sosial.

Setelah Anda membuat rencana bisnis yang dapat ditindaklanjuti dan meluncurkan bisnis baru, Anda tetap harus mendedikasikan berjam-jam untuk kesuksesan bisnis.

Baca juga: Membeli Software Bisnis rumahan akan membantu usaha Anda

Banyak pengusaha gagal saat pertama kali muncul, tetapi ketekunan mereka akan membantu untuk mencapai kesuksesan. Selama Anda berdedikasi pada jalur ini, tidak ada alasan untuk tidak dapat membangun bisnis yang berkembang.

Baca panduan lengkap: Cara memulai Bisnis Rumahan

Baca artikel bisnis lainnya.

Pos terkait