Strategi Pemasaran Lokal agar dapat bersaing

  • Whatsapp

Pemasaran lokal adalah elemen penting dari strategi pemasaran yang lebih besar untuk bisnis kecil, karena dapat membawa merek Anda ke hadapan khalayak lokal yang lebih luas yang kemungkinan besar akan menggurui bisnis Anda dalam waktu dekat. Namun, apa yang dapat Anda lakukan sebagai wirausahawan untuk meningkatkan jangkauan bisnis kecil dengan audiens lokal? Panduan ini mencakup tips cepat dan gratis yang dapat meningkatkan strategi pemasaran produk lokal Anda.

Apa itu pemasaran lokal?

Pemasaran lokal menargetkan audiens yang berbasis di kota atau wilayah yang sama dengan bisnis Anda. Ini ditujukan untuk orang-orang yang berada dalam radius tertentu dari lokasi fisik Anda, umumnya berdasarkan jarak mengemudi yang wajar yang mungkin secara realistis membeli produk atau layanan Anda kapan saja.

Bacaan Lainnya

Misalnya, jika Anda menjalankan restoran di Red Bank, New Jersey, mengarahkan lalu lintas situs web dari Sacramento, California, tidak akan banyak membantu Anda. Alih-alih, Anda perlu menerapkan taktik pemasaran lokal untuk memastikan bahwa mayoritas audiens Anda memang berada cukup dekat sehingga mereka dapat berkendara ke restoran atau pengiriman pesanan.

“Pendekatan terbesar orang harus benar-benar memahami mereka berusaha untuk menjual kepada siapa, apa manfaat yang orang dapatkan dari produk atau jasa.

Itu benar dalam semua pemasaran, tetapi terutama jika menyangkut strategi pemasaran lokal. Bagian dari informasi utama yang harus Anda sampaikan kepada audiens adalah di mana lokasi bisnis Anda.

Sasaran di balik strategi pemasaran lokal adalah membelanjakan anggaran pemasaran dan periklanan Anda dengan lebih efisien. Pemasaran digital adalah alat yang efektif untuk bisnis dari semua ukuran. Namun, jika Anda adalah bisnis lokal dan gagal mendapatkan daya tarik dengan audiens lokal, biaya pemasaran akan sia-sia. Tidak semua lalu lintas dibuat sama; strategi pemasaran lokal memastikan bahwa Anda menargetkan audiens yang mungkin mendukung bisnis Anda.

Pemasaran lokal menargetkan orang-orang dalam radius tertentu dari bisnis Anda. Ini dapat meningkatkan rasio konversi dengan mempersempit fokus upaya pemasaran digital Anda ke calon pelanggan terdekat.

Jenis bisnis apa yang mendapat manfaat dari pemasaran lokal?

Banyak bisnis dapat memperoleh keuntungan dari pemasaran lokal, tetapi ada beberapa jenis bisnis yang mutlak membutuhkan pemasaran lokal. Restoran adalah contoh yang baik karena mereka adalah lokasi fisik yang menawarkan layanan makan malam, atau pengantaran. Secara alami, restoran terkunci pada lokasi fisiknya.

Contoh bagus lainnya dari bisnis yang membutuhkan pemasaran lokal adalah toko ritel. Meskipun operasi ritel kecil sering kali memiliki toko e-niaga, pemasaran lokal dapat meningkatkan lalu lintas pejalan kaki toko dan kesadaran merek lokal. Ini sangat penting terutama untuk toko ritel butik kecil yang bersaing dengan rantai besar.

Serupa dengan itu, layanan profesional seperti kantor pengacara dan akuntan harus menggunakan strategi pemasaran lokal. Meskipun mungkin lebih tepat untuk membuat jaringan regional untuk layanan ini, penting bagi penasihat profesional untuk terhubung dengan audiens yang sebagian besar lokal. Ada beberapa pengecualian penting untuk aturan ini, seperti perusahaan pemasaran digital, yang seringkali beroperasi sepenuhnya secara digital. Namun, tidak ada yang bisa mengalahkan konsultasi langsung.

Meskipun ada banyak bisnis yang membutuhkan strategi pemasaran lokal, jenis bisnis lain juga harus mempertimbangkan penerapan pemasaran lokal. Hanya karena strategi lokal bukan prioritas, bukan berarti Anda tidak dapat memperoleh manfaat dari menjangkau khalayak yang lebih luas di kota atau wilayah tempat bisnis Anda berada.

Semua bisnis bisa mendapatkan keuntungan dari pemasaran lokal, tetapi beberapa – seperti restoran atau toko ritel yang bergantung pada lalu lintas pejalan kaki – memerlukan strategi pemasaran lokal.

Strategi Pemasaran Lokal agar dapat bersaing

11 strategi pemasaran lokal yang dapat segera anda lakukan

Pemasaran lokal dimulai dengan beberapa langkah yang mudah diterapkan yang dapat Anda mulai lakukan hari ini. Berikut adalah beberapa ide cepat dan sederhana untuk meningkatkan pemasaran lokal bisnis Anda.

1. Optimalkan situs web Anda (dan lokalkan).

Pengoptimalan situs web adalah kunci untuk mengarahkan lalu lintas, tetapi apakah situs web Anda dioptimalkan untuk pengguna lokal? Anda tidak hanya harus mengikuti praktik terbaik pengoptimalan mesin telusur (SEO), seperti menggunakan riset kata kunci untuk menginformasikan konten situs web Anda, Anda juga harus menjamin bahwa situs web Anda menawarkan pengalaman seluler terbaik.

Baca juga: Cara riset kata kunci google dengan mudah

Saat ini Lebih dari separuh lalu lintas yang masuk ke situs web berasal dari perangkat seluler. Jika Anda memiliki situs web yang bagus dan efisien, dengan teks besar yang mudah dibaca di layar ponsel dan tombol besar untuk diklik dengan mudah, Anda akan lebih mudah menarik audiens bisnis lokal.

Selain itu, yang menjadi kunci utama untuk strategi pemasaran digital apa pun situs web Anda juga harus dilokalkan. Itu berarti menentukan kata kunci dan frase kunci berdasarkan SEO lokal. Coba tanyakan pada diri Anda, “Apa yang dicari pasar lokal di Google?” Aturan praktis yang baik adalah sering-sering menyebut komunitas Anda atau komunitas terdekat. Jika Anda menargetkan audiens regional, pertimbangkan untuk menambahkan bahasa ke situs Anda seperti “melayani wilayah tiga negara bagian”, misalnya.

Anda dapat meningkatkan wawasan SEO lokal Anda lebih jauh dengan memanfaatkan alat penelitian kata kunci gratis seperti Google Analytics, Google Trends, dan Google Search Console untuk menginformasikan dengan tepat istilah lokal apa yang harus Anda masukkan. Semakin Anda mengoptimalkan situs web Anda untuk pencarian lokal, semakin banyak pelanggan lokal yang cenderung membuka halaman web Anda.

2. Perbarui tag judul dan deskripsi meta

Pertimbangan SEO lain yang perlu diingat adalah apakah tag judul dan metadata situs web Anda mutakhir? Ada beberapa bagian metadata yang berbeda, namun mayoritas masyarakat hanya perlu tentang meta description dan title tag.

Tag judul mengacu pada 60 karakter yang dilihat pengguna di pencarian pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Menjaga agar tag judul tetap relevan dengan merek dan lokasi Anda, tetapi kurang dari 60 karakter juga sudah optimal.

Deskripsi meta cenderung tidak menjadi faktor dalam peringkat pencarian, tetapi dapat meningkatkan rasio klik-tayang dengan memberi isyarat kepada pengguna jenis informasi apa yang mungkin mereka temukan di halaman web.

Data menunjukkan bahwa deskripsi meta yang berkualitas dapat membantu rasio klik-tayang. Di sisi lain, untuk bisnis seperti restoran yang ingin dihubungi orang, memiliki nomor telepon dalam deskripsi meta itu sangat bagus. Deskripsi meta harus selalu 160 karakter atau kurang.

Tag judul dan deskripsi meta dapat diedit di alat administrator dari platform hosting web yang Anda gunakan. Bagi banyak pemilik usaha kecil, WordPress menawarkan fungsi SEO yang mudah digunakan. Anda bisa membaca panduan kami: Cara membuat website dengan WordPress

3. Siapkan halaman arahan lokal untuk semua lokasi bisnis Anda

Jika bisnis Anda memiliki beberapa lokasi, maka Anda harus membuat laman individual untuk setiap lokasi di situs web Anda untuk memajukan upaya pelokalan.

Banyak perusahaan memiliki beberapa lokasi berbeda, tetapi mereka tidak menyertakan halaman dengan informasi tentang lokasi berbeda di situs web mereka. Halaman ini harus menyertakan setiap lokasi, petunjuk tentang cara menuju ke sana, dan jam buka toko.

Halaman ini harus menyertakan konten spesifik tentang bisnis Anda. Misalnya, agen real estat yang berbasis di Nashville, Tennessee, tidak boleh hanya mencantumkan di situs webnya bahwa mereka adalah “agen real estat”. Alih-alih, memasukkan frasa kunci “agen real estat terkemuka di Nashville” memberi sinyal ke mesin telusur tempat agen tersebut berada dan membantu menyajikan hasil kepada pemirsa lokal. Ini juga mempertimbangkan bagaimana orang mencari agen real estate; mereka mencari agen real estat “terbaik” atau “terkemuka”.

4. Klaim listingan Google Bisnisku milik Anda.

Salah satu strategi pemasaran lokal termudah dan paling efektif yang dapat Anda terapkan dengan segera adalah mengklaim listingan Google Bisnisku milik Anda. Google Bisnisku memberi pengguna mesin telusur informasi seperti lokasi Anda, jam buka toko, petunjuk arah, informasi kontak, dan lainnya langsung di SERP.

Klaim panel pengetahuan Google Bisnisku Anda dan pastikan panel tersebut diperbarui. Terutama selama COVID-19, pastikan mencerminkan jam buka toko saat ini dan secara akurat menjelaskan batasan apa pun, seperti hanya untuk dibawa pulang atau dikirim.

Anda juga harus mengklaim daftar lokal di situs pihak ketiga lainnya, seperti Yelp. Semakin banyak tempat pengguna dapat menemukan bisnis Anda (bersama dengan informasi lokasi), semakin baik kesuksesan pemasaran lokal Anda.

5. Optimalkan halaman media sosial

Pemasaran media sosial sangat penting dalam hal pemasaran online lokal. Sama seperti situs web Anda, halaman media sosial Anda harus dioptimalkan dan dilokalkan. Ini berarti memberikan informasi terbaru, seperti lokasi bisnis, informasi kontak, dan jam buka toko. Ini juga berarti mempertahankan akun media sosial yang aktif. Anda dapat mengatur ulang postingan media sosial menggunakan alat seperti Hootsuite.

Dari perspektif bisnis kecil, media sosial sebagian besar berputar di sekitar komunikasi tentang kesepakatan, pembukaan kembali atau promosi Banyak dari mereka hanya manajemen reputasi.

6. Dorong ulasan pengguna yang positif dan libatkan secara online

Dorong pelanggan Anda yang puas untuk memberikan ulasan positif secara online, baik di Google Review, Facebook, Yelp, atau di tempat lain. Anda juga dapat mendorong mereka untuk memberikan ulasan positif dengan diskon atau promosi, seperti undian atau giveaway.

Luangkan waktu untuk menanggapi ulasan yang diberikan pelanggan Anda secara online. Selalu tulus dan hindari menyalin/menempel tanggapan umum.

Untuk sebagian besar, tanggapi orang dengan tulus, kerendahan hati dan kejujuran baik itu ulasan negatif atau positif. Tetapkan satu jam per minggu hanya untuk membaca, menanggapi, dan memastikan itu bukan hanya respons cookie-cutter umum. Pengguna akan berhenti jika mereka merasa tidak didengarkan.

7. Mengadakan atau mensponsori acara komunitas lokal

Pemasaran digital semuanya baik dan bagus, tetapi membangun jembatan dunia nyata antara audiens dan merek Anda sangat berharga. Pertimbangkan untuk mensponsori atau mengadakan acara lokal jika memungkinkan untuk meningkatkan visibilitas merek di komunitas lokal Anda. Ini juga cara yang bagus untuk mendapatkan liputan pers lokal, yang meningkatkan peluang Anda ditemukan online oleh audiens lokal.

8. Memanfaatkan pemasaran email lokal

Strategi pemasaran email memiliki beberapa biaya terendah di antara banyak strategi pemasaran yang tersedia untuk Anda. Sebagian besar biaya dikaitkan dengan mendapatkan alamat email yang berharga. Sayangnya, tidak ada satu pun alamat email yang akan memberi tahu Anda di mana lokasi pengguna.

Ada teknik pengumpulan email yang bisa Anda gunakan untuk memfilter pengguna berdasarkan lokasi. Teknik termudah adalah memiliki form pendaftaran di toko Anda, atau di stan atau acara yang Anda sponsori sehingga konsumen yang tertarik melihatnya dan mendaftar untuk menerima pembaruan dan promosi dari Anda.

9. Coba kampanye surat langsung

Surat langsung adalah metode yang jauh lebih murah untuk menjangkau pelanggan daripada yang terlihat. Apa yang Anda bayar dalam perangko dapat dipulihkan dengan tidak membayar milis dan penargetan profesional. Anda sering dapat menargetkan demografi utama dengan melihat lingkungan yang sesuai dengan demografi audiens target Anda.

10. Bermitra dengan bisnis lokal lainnya

Bermitra dengan bisnis lain dapat menjadi alat yang ampuh. Aliansi ini dapat melipatgandakan jangkauan total kedua perusahaan. Ini bekerja paling baik ketika Anda menemukan bisnis dengan nilai dan tujuan yang serupa (dan yang tidak bersaing secara langsung dengan perusahaan Anda).

Anda dan mitra bisnis, misalnya, dapat menjadi sponsor bersama acara. Anda dapat bekerja sama dengan konten SEO Anda untuk memastikan hubungan yang saling menguntungkan. Anda juga dapat menautkan satu sama lain; dan ketika strategi ini diikuti, setiap upaya yang Anda lakukan untuk menjangkau akan berlipat ganda dengan upaya mitra bisnis Anda.

11. Lokalkan iklan berbayar

Grup iklan dapat memfilter iklan berdasarkan lokasi dan IP. Iklan dapat ditargetkan untuk pengguna lokal, dan fitur ini digunakan oleh Google, Facebook, dan pengiklan digital lainnya.

Di luar iklan digital, iklan berbayar yang dilokalkan masih berguna. Koran lokal, iklan radio, buku kupon, bioskop, dan sponsor lokal adalah beberapa cara terbaik untuk mempromosikan merek Anda ke konsumen lokal.

Mengoptimalkan kehadiran situs web dan media sosial Anda dengan informasi lokasi, dan memastikan daftar Google dan Yelp Anda mutakhir, adalah beberapa teknik untuk memudahkan penduduk setempat menemukan bisnis Anda.

Berpikir secara global, beriklan secara lokal

Dalam hal mengoptimalkan properti digital Anda untuk audiens lokal, ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan sedikit atau tanpa biaya untuk bisnis Anda.

Menyiapkan situs web yang dioptimalkan dan dilokalkan, memberikan perlakuan yang sama pada halaman media sosial Anda, dan mengklaim listingan Google Bisnisku adalah tempat terbaik untuk memulai. Dari sana, luangkan waktu untuk melibatkan audiens lokal Anda baik secara online maupun di dunia nyata. Tanggapi ulasan dan atur acara berbasis komunitas untuk meningkatkan visibilitas Anda dan menciptakan ikatan yang lebih kuat antara merek dan audiens Anda.

Apakah Anda menjalankan bisnis yang benar-benar bergantung pada keterlibatan lokal, atau Anda hanya ingin meningkatkan pemasaran lokal, taktik ini mudah, terjangkau, dan efektif.

Lihat apa yang dapat dilakukan bisnis di komunitas Anda dengan menerapkan strategi pemasaran lokal ini sekarang.

Banyak strategi pemasaran lokal yang dapat diterapkan secara gratis dan dapat diselesaikan dengan mudah. Mulailah dengan memperbarui situs web dan cantuman online Anda dengan lokasi bisnis Anda.

BISNIS

Pos terkait