5G

Diposting pada 0 views
« Back to Glossary Index
DEFINISI
5G adalah standar komunikasi ponsel generasi kelima. Ini adalah penerus 4G dan berjanji untuk menjadi lebih cepat dari generasi sebelumnya sambil membuka kasus penggunaan baru untuk data seluler.

Jaringan 4G, LTE berkinerja terbaik, dapat memberikan kecepatan unduh puncak 300Mbit / dtk. Sebagai perbandingan, perkiraan 5G berkisar dari 1Gb / s – 10Gb / s.

Untuk konteksnya, itu akan memungkinkan film HD 1080p diunduh ke ponsel cerdas Anda dalam 10-40 detik.
5G mendapat manfaat dari latensi yang jauh lebih rendah, menghasilkan penundaan yang sangat sedikit. Latensi rendah ini sangat penting untuk aplikasi seperti mobil tanpa pengemudi. Jaringan 4G tipikal memiliki latensi 45ms dibandingkan dengan 1ms teoretis 5G.

Jaringan 5G juga akan memiliki kapasitas yang lebih besar dan akan lebih baik dalam mengatasi permintaan yang tinggi.

5G menggunakan frekuensi radio baru yang lebih tinggi karena tidak terlalu berantakan dan dapat membawa informasi lebih cepat.

Namun, frekuensi yang lebih tinggi tidak berjalan sejauh itu. 5G diaktifkan dengan memiliki sejumlah besar antena input dan output (MIMO) yang lebih kecil yang saling berdekatan.

Operator dapat mengkonfigurasi jaringan fisik tunggal di beberapa ‘irisan’ jaringan virtual. ‘Irisan’ ini dapat dialokasikan sesuai dan oleh karena itu mengelola jaringan dengan lebih baik dan mengirimkan sumber daya yang sesuai bergantung pada aplikasi.

Jika Anda telah memeriksa primer 5G kami , Anda sudah tahu bahwa 5G bukan hanya satu jenis jaringan. “Sub-6” adalah yang Anda sebut 5G apa pun yang menggunakan pita yang berada di bawah 6GHz. Sebaliknya, “mmWave” atau ‘Wide Band’ menggunakan band dalam rentang 26-28GHz.

5G pita yang lebih rendah memungkinkan cakupan yang lebih luas per menara, sedangkan pita 5G yang lebih tinggi hadir dengan cakupan yang lebih kecil tetapi kecepatan yang lebih cepat.

Itulah mengapa untuk menyelimuti kota sepenuhnya, operator membutuhkan urutan besarnya lebih banyak menara untuk mmWave daripada jika menggunakan sesuatu antara 3-6GHz. 5G mmWave juga memiliki redaman sinyal yang jauh lebih tinggi (dropping) saat melewati rintangan seperti dinding dan jendela.

Sementara kecepatan jaringan yang dapat dicapai pada mmWave 5G mungkin adalah anak poster teknologi, sebagian besar operator di seluruh dunia telah memilih untuk mulai mengembangkan jaringan mereka dalam kisaran sub-6GHz. Dan ketika kami mengatakan ‘paling banyak,’ yang kami maksud adalah semua orang kecuali Verizon.

Ponsel yang mendukung mmWave juga perlu memasang lebih banyak antena radio agar desain internalnya lebih menantang. Dengan keadaan saat ini, membuat ponsel yang kompatibel dengan mmWave berarti Anda membuatnya hanya untuk Verizon.
« Back to Glossary Index