CPU

Diposting pada 1 views
« Back to Glossary Index

CPU (Central Processing Unit) – atau dikenal sebagai prosesor – adalah rangkaian elektronik yang dapat menjalankan program komputer. Baik miniaturisasi dan standardisasi CPU telah meningkatkan kehadirannya jauh melampaui aplikasi terbatas mesin komputasi khusus. Mikroprosesor modern muncul dalam segala hal mulai dari mobil hingga ponsel.

Kecepatan jam adalah salah satu karakteristik utama CPU bila menyangkut kinerja. Laju jam adalah laju fundamental dalam siklus per detik (diukur dalam hertz, kilohertz, megahertz atau gigahertz) untuk frekuensi jam di sirkuit sinkron apa pun. Siklus clock tunggal (biasanya lebih pendek dari nanodetik di mikroprosesor non-tertanam modern) beralih antara nol logis dan status logis satu.

Dengan CPU tertentu, mengganti kristal dengan kristal lain yang berosilasi dengan frekuensi dua kali lipat umumnya akan membuat CPU berjalan dengan kinerja dua kali lipat. Ini juga akan membuat CPU menghasilkan sekitar dua kali jumlah limbah panas.

Insinyur bekerja keras untuk mendorong batas-batas arsitektur saat ini dan terus mencari cara baru untuk merancang CPU yang berdetak sedikit lebih cepat atau menggunakan sedikit lebih sedikit energi per jam. Ini menghasilkan CPU lebih dingin baru yang dapat berjalan pada kecepatan jam yang lebih tinggi.

Ilmuwan juga terus mencari desain baru yang memungkinkan CPU berjalan pada kecepatan yang sama atau lebih rendah dari CPU lama, tetapi mendapatkan lebih banyak instruksi yang diselesaikan per siklus jam.

Kecepatan clock prosesor hanya berguna untuk memberikan perbandingan antara chip komputer dalam keluarga dan generasi prosesor yang sama.

Tarif jam bisa sangat menyesatkan karena jumlah pekerjaan yang dapat dilakukan chip komputer yang berbeda dalam satu siklus bervariasi. Kecepatan jam tidak boleh digunakan saat membandingkan komputer yang berbeda atau keluarga prosesor yang berbeda. Sebaliknya, beberapa jenis tolok ukur perangkat lunak harus digunakan.

Ponsel cerdas dilengkapi dengan chipset tersemat yang lebih canggih yang dapat melakukan banyak tugas berbeda tergantung pada pemrogramannya.

Kinerja CPU yang merupakan inti dari chipset sangat penting untuk pengalaman pengguna sehari-hari dan kinerja komputasi smartphone secara umum. Orang cenderung menggunakan laju jam CPU utama untuk membandingkan kinerja produk akhir yang bersaing. Namun seperti yang telah kami tunjukkan, clock rate sebuah prosesor hanya berguna untuk memberikan perbandingan kinerja antara chip komputer dalam keluarga dan generasi prosesor yang sama. Untuk semua tujuan lain, sebaiknya gunakan tolok ukur perangkat lunak untuk menentukan kinerja komparatif.

« Back to Glossary Index