Oppo A74 5G smartphone berbaterai handal

Diposting pada

Smartphone 5G terus berkembang biak di India meski belum ada gambaran jelas kapan layanan 5G benar-benar akan tersedia. Kami baru-baru ini menguji Oppo F19 Pro +, yang merupakan ponsel seri F pertama perusahaan yang menawarkan 5G, dan hari ini kami memiliki ponsel seri A 5G pertamanya, Oppo A74 5G.

Harga di bawah Rs. 20.000, Oppo A74 5G bersaing dengan penawaran 5G lainnya seperti Realme Narzo 30 Pro 5G, Samsung Galaxy M42, dan Realme 8 5G yang baru diluncurkan. Apa yang membuat A74 5G istimewa adalah bahwa ini adalah salah satu ponsel pertama di India yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 480 SoC. Saatnya untuk melihat bagaimana chip ini dibandingkan dengan penawaran MediaTek, dan apakah Oppo A74 5G benar-benar layak dibeli.

Design Oppo A74 5G

Desain Oppo A74 5G terbilang sederhana. Ini memiliki bodi plastik dengan punggung plastik dan batas yang terlihat tebal di sekitar layar. Namun, jalur warna Ungu Fantastis yang saya miliki terlihat cukup bagus, berkat dua warna yang terlihat di bawah cahaya pada sudut tertentu. Ponsel ini terasa agak berat dengan berat 188g dan tidak terlalu tipis pada 8,42mm, tetapi setelah beberapa hari digunakan, saya merasa dapat dikelola. Bagian belakang plastik adalah magnet sidik jari utama, dan sangat sulit untuk dijaga kebersihannya.

Tombol daya tersembunyi di sisi kanan memiliki sensor sidik jari kapasitif terintegrasi. Ini bekerja dengan baik setiap kali saya menggunakannya. Ada juga pengenalan wajah, yang juga cepat dan responsif. Oppo A74 5G memiliki jack headphone, port USB Type-C, dan satu speaker, semuanya ditempatkan di bagian bawah.

Oppo A74 5G menggunakan panel LCD full-HD + 6,5 inci. Ini memiliki kecepatan refresh 90Hz yang membuat navigasi dan menggulir daftar terasa lancar dan tajam. Potongan lubang-lubang untuk kamera selfie lebih besar dari biasanya dan agak mencolok pada awalnya di aplikasi, tetapi itu adalah sesuatu yang saya gunakan setelah beberapa saat.

Di kotak ritel Oppo A74 5G, Anda mendapatkan kabel USB, alat pelepas SIM, casing, dan adaptor daya 18W.

Oppo A74 5G smartphone berbaterai handal

Spesifikasi dan perangkat lunak Oppo A74 5G

Qualcomm Snapdragon 480 SoC adalah yang membedakan Oppo A74 5G dari pesaing. Pada awalnya, mudah untuk mengabaikan SoC ini sebagai bagian entry-level karena posisinya di seri 400 low-end Qualcomm, tetapi sebenarnya tidak. Itu dibangun di atas proses fabrikasi 8nm, yang berarti itu harus cukup hemat daya. Datang ke inti CPU, ada dua inti Kryo 460 Gold dan enam inti Kryo 460 Silver. Ini adalah inti yang sama yang digunakan di Qualcomm Snapdragon 678 SoC, tetapi memiliki clock yang sedikit lebih lambat.

GPU di Snapdragon 480 SoC adalah Adreno 619, yang juga digunakan di SoC Snapdragon 750G meski lagi-lagi berjalan sedikit lebih lambat. Semua ini menunjukkan bahwa itu harus lebih kuat daripada nomor modelnya yang mungkin membuat Anda percaya.

Oppo A74 5G tersedia dalam satu konfigurasi dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB. ColorOS 11.1 memungkinkan Anda menggunakan hingga 5GB penyimpanan internal sebagai RAM, meskipun saya tidak melihat banyak perbedaan dengan ini diaktifkan selama penggunaan saya. Ada dual-band Wi-Fi ac, Bluetooth 5.1, radio FM, dan rangkaian sensor biasa.

ColorOS kaya fitur dan akrab dengan banyak opsi untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa Oppo A74 5G. Itu masih penuh dengan banyak aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya dan banyak dari mereka cenderung menghasilkan pemberitahuan spam. Ini termasuk aplikasi stok juga seperti browser dan pemutar musik, yang tidak dapat dicopot pemasangannya.

Performa Oppo A74 5G dan baterainya yang handal

Performanya secara umum bagus dalam minggu saya menggunakan Oppo A74 5G. OS berjalan dengan baik tanpa jeda atau cegukan, dan interaksi terasa cepat berkat layar dengan kecepatan refresh yang tinggi. Kualitas panggilan dan volume speaker juga memuaskan. Layar menjadi cukup cerah dan konten ditampilkan dengan baik, dengan ketajaman dan warna yang bagus. Video juga terlihat bagus, meskipun lubang kamera sedikit mengganggu saat menonton apa pun dalam layar penuh.

Qualcomm Snapdragon 480 memiliki tolok ukurnya sendiri. Oppo A74 5G mencetak 3.18.144 poin di AnTuTu, serta 518 dan 1.726 poin dalam tes tunggal dan multi-core Geekbench. Angka-angka ini kira-kira setara dengan MediaTek Dimensity 800U SoC, dan Snapdragon 480 bahkan bertukar pukulan dengan SoC Snapdragon 732G milik Qualcomm, yang ditemukan di Redmi Note 10 Pro Max.

Oppo A74 5G juga menangani game dengan cukup baik, apakah itu judul sederhana seperti Orbia atau yang berat seperti Call of Duty: Mobile. Saya memang memperhatikan beberapa frame yang jatuh dalam beberapa game setelah sesi game yang lama, tetapi ini bukan masalah yang terus-menerus. Ponsel ini juga tidak terlalu panas, yang dapat dikaitkan dengan tabung grafit yang digunakan di dalam untuk menyebarkan panas.

Masa pakai baterai cukup solid menurut pengalaman saya berkat baterai 5.000mAh yang luas. Saya dengan mudah mendapatkan satu setengah hari penggunaan biasa, dan bahkan lebih ketika saya tidak banyak menggunakan kamera atau bermain banyak game. Mengisi daya baterai ini bukanlah yang tercepat, dan bahkan dengan pengisi daya 18W, hanya mengisi daya hingga sekitar 66 persen dalam satu jam. Diperlukan sekitar 40 menit lagi untuk menyelesaikan siklus pengisian daya.

Kamera Oppo A74 5G

Kamera pada Oppo A74 5G tidak ada yang mewah, dan anehnya, Oppo belum menyertakan kamera ultra lebar. Saya dengan senang hati akan menukar kamera makro dan monokrom dengan kamera ultra-lebar, tapi bukan itu yang Anda dapatkan. Realme 8 5G adalah smartphone terbaru lainnya dengan harga sekitar ini yang tidak memiliki kamera ultra lebar. Kita hanya bisa berharap tren ini tidak populer. Sensor utama adalah kamera 48 megapiksel dengan aperture f / 1.7, dan di bagian depan, Anda mendapatkan kamera selfie 8 megapiksel.

Untuk memecahkannya dengan lembut, kamera ponsel ini tidak sesuai dengan sasaran. Performanya pun cukup mengecewakan, terutama dalam kondisi minim cahaya. Di bawah cahaya yang baik, kamera utama menangkap close-up yang layak, tetapi lanskap tidak memiliki detail dan bahkan sedikit gerakan pada objek yang menyebabkan keburaman. Foto makro tampak baik-baik saja, asalkan ada cukup cahaya saat memotret.

Gambar yang diambil pada malam hari juga kurang detail dan warna juga tidak direproduksi dengan baik. Mode malam sebenarnya membuat perbedaan besar, tetapi hanya untuk eksposur, dan setelah diperiksa lebih dekat, detail tidak membaik sama sekali. Ini berlaku untuk bidikan close-up dan lanskap. Selfie juga cukup mengecewakan. Foto yang diambil di siang hari dapat berfungsi untuk media sosial, tetapi dalam cahaya redup, kualitas gambarnya buruk.

Perekaman video dibatasi hingga 1080p untuk kamera depan dan belakang. Kualitasnya sekali lagi tidak bagus bahkan dengan pencahayaan yang bagus, dan menurut saya stabilisasi tidak terlalu efektif. Kualitasnya semakin menurun dalam cahaya redup, dengan banyak jitter dan grain.

Kesimpulan

Oppo A74 5G berada di tempat yang sangat canggung mengingat harganya saat ini. The Realme Narzo 30 Pro 5G lebih baik di hampir setiap cara tunggal pada harga yang sama ini. Jika Anda tidak terlalu repot memiliki 5G saat ini, ada banyak pilihan hebat lainnya seperti Redmi Note 10 Pro dan Poco X3 Pro, untuk beberapa nama. Sebagai perbandingan, A74 5G tidak menawarkan nilai yang cukup untuk menjadikannya pesaing serius.

Tidak semuanya buruk. Oppo A74 5G memang memiliki tampilan yang bagus, skema warna yang menarik, kinerja aplikasi dan game yang layak, dan masa pakai baterai yang sangat baik. Sayangnya, faktor-faktor ini menurut saya tidak cukup untuk menonjol.