Tempat Wisata Terkenal Di Jambi

Diposting pada
Jambi merupakan sebuah provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera.Jambi tak hanya mengenai peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Di sini, ada banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jambi merupakan 1 dari 3 provinsi di Indonesia yang ibukotanya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo.
Jambi merupakan tempat berasalnya Bangsa Melayu yakni dari Kerajaan Malayu di Batang Hari Jambi. Bahasa Melayu Jambi sama seperti Melayu Palembang dan Melayu Bengkulu, yakni berdialok ‘o’. Sejarah. Tempat-tempat wisata itu sangat layak untuk menjadi tujuan wisata anda.

Candi Muaro Jambi

Kompleks candi ini merupakan sebagai candi beraliran Buddhisme peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Tempat wisata ini merupakan kompleks candi terluas di Indonesia. UNESCO menetapkan candi Muaro Jambi sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi pada tahun 2009.
Foto Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi
Ditemukan oleh S. C Crooke, 1 orang letnan Inggris, pada tahun 1820, Candi Muaro Jambi kemudian dipugar oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1975. Saat ini, terhitung ada 61 buah candi yang sebagian besar masih tertutup tanah.

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Selain candi, ditemukan juga perkakas tempat tinggal tangga yang membuktikan bahwa kawasan ini dulu dimanfaatkan sebagai tempat tinggal para biksu. Ada juga keramik Cina dari dinasti Song yang menandakan adanya hubungan internasional antara Kerajaan Sriwijaya dengan bangsa Cina dahulu. Tempat wisata budaya ini berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, atau sekitar 26 km dari pusat kota Jambi.
Foto Taman Mini dan Taman Rimba Jambi
Taman Mini dan Taman Rimba Jambi
Kompleks taman ini dibagi menjadi 2 bagian, Taman Mini dan Taman Rimba. Taman Mini merupakan tempat wisata di Jambi yang menghadirkan miniatur budaya di provinsi ini. Konsepnya sama dengan Taman Mini yang terdapat di Jakarta, yakni menampilkan replika bangunan khas daerah. Hanya saja bedanya, jika di Jakarta yang ditampilkan merupakan budaya semua daerah di Indonesia, di sini yang ditampilkan hanya budaya setiap kabupaten di Jambi.

Kolam Renang Tepian Rajo

Kolam renang ini terletak di Jalan Kapt. Sujono, Kec. Kota Baru, sekitar 6 km dari pusat kota Jambi. Kolam dengan ukuran 20×50 meter persegi ini sudah berstandar internasional. Kolam Renang Tepian Rajo dibagi menjadi kolam dewasa dan kolam anak.
Foto Kolam Renang Tepian Rajo Jambi
Kolam Renang Tepian Rajo Jambi
Kolam ini juga dimanfaatkan sebagai lokasi berenang beberapa sekolahan di sekitarnya. Tidak hanya renang, kolam ini juga sering digunakan sebagai tempat latihan dan pertandingan polo air.

Danau Kerinci

Danau Kerinci merupakan danau terbesar kedua di Sumatra setelah Danau Toba. Luas danau ini kurang lebih 5.000 meter persegi, dengan kedalaman 110 meter dan ketinggian 783 meter di atas permukaan laut. Danau Kerinci terletak di Gunung Kerinci, jika anda ingin mengunjungi Kerinci maka sekali perjalanan 2 paket liburan kamu dapatkan sekalian yaitu, pendakian di Gunung Kerinci dan bersantai di Danau Kerinci.
Foto Danau Kerinci Jambi
Danau Kerinci Jambi
Ternyata selain memiliki pesona alam yang indah, Danau Kerinci juga memiliki cerita rakyat yang sering kali dikaitkan dengan proses terbentuknya Danau Kerinci. Legenda yang sering dikaitkan dengan Danau Kerinci adalah Legenda Naga Raksasa Kerinci. Anda boleh percaya atau tidak tetapi inilah fenomena yang berkembang dan diyakini oleh masyarakat Jambi khususnya penduduk Kerinci.
Selain dikaitkan dengan Legenda Naga Raksasa Kerinci, Danau Kerinci juga memiliki kisah lain yakni sebutan lain yang sering disebutkan oleh masyarakat sekitar, yakni Danau Kaco. Danau Kaco bermakna danau kaca, maksudnya kejernihan air di Danau Kerinci bagaikan kaca yang bisa menembus sehingga memungkinkan kamu untuk melihat dasar laut dari atas permukaan.

Danau Gunung 7

Danau Gunung 7 memiliki nama yang sangat jelas menggambarkan unsur topografi yang dimiliki. Nama danau ini bukan karangan atau sensasi yang sengaja dibuat supaya menarik wisatawan untuk mengunjungi danau ini. Tetapi karena pada kenyataanya Danau Gunung 7 ini merupakan danau yang dikelilingi 7 gunung yakni.
Foto Danau Gunung 7 Jambi
Danau Gunung 7 Jambi
Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang dan Gunung 7 di Jambi. Tempat ini memiliki keunikan lain yakni salah satu danau tertingginya terletak disalah 1 gunung tertinggi di kawasan pegunungan itu. Hal ini menjadikan Danau Gunung 7 ini sebagai salah satu danau tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Air Terjun Sigerincing

Air Terjun Sigerincing terletak di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Mesurai, Merangin, Jambi. Ketinggian air terjun ini kurang lebih 62 meter, tetapi untuk dapat menikmati kesegaran air terjun secara sempurna anda harus menempuh jarak yang cukup jauh, sekitar 300 km dari pusat kota Jambi. Karena faktor jarak yang cukup jauh dari pusat kota Jambi, faktor promosi Air Terjun Sigerincing yang masih sangat minim menjadikan air terjun ini sangat sepi.
Foto Air Terjun Sigerincing Jambi
Air Terjun Sigerincing Jambi
Bahkan jika kamu mengunjungi danau ini kamu bisa merasakan sensasi memiliki air terjun pribadai. Tapi sisi positif dari sepinya air terjun ini merupakan tidak banyak sampah yang mengotori kawasan air terjun ini dan kamu bisa dengan leluasa mengabadikan setiap momen di air terjun ini tanpa harus malu karena menjadi pusat perhatian orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *