Tentang Benua Asia

Peta Asia
Peta wilayah Asia

Asia ialah benua paling besar di bumi yang bersebelahan dengan Pegunungan Ural dan Kaukasus dan Samudra Arktika, Pasifik, dan Hindia. Benua ini meliputi 8,7% dari keseluruhan luas permukaan bumi dan terbagi dalam 30% dari luas datarannya.

Dengan sekitaran 4,3 miliar orang, ada 60% dari komunitas manusia dunia sekarang ini. Asia mempunyai tingkat perkembangan yang tinggi di zaman kekinian. Misalkan, sepanjang era ke-20, Komunitas Asia nyaris 4x lipat.

Benua Asia dan Eropa sebagai benua yang tersambung melalui darat dan ke-2 nya membuat satu benua raksasa yang dikatakan sebagai Eurasia. Batasan di antara Asia dan Eropa benar-benar kabur hingga beberapa negara seperti Turki kadang bisa dimasukkan pada Asia atau Eropa.

Beberapa rentang alam yang kerap digunakan untuk pisahkan ke-2 benua itu ialah Selat Dardanella, Laut Marmara, Selat Bosporus, Laut Hitam, Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural sampai Novaya Zemlya.

Selainnya bersebelahan langsung dengan Benua Eropa, Benua Asia mempunyai batasan langsung dengan Benua Afrika yang mempunyai tepian darat dan berjumpa disekitaran Terusan Suez.

Ingat ukuran dan keberagamannya, ide Asia-nama itu kembali lagi ke jaman klasik-yang sebetulnya kemungkinan lebih terkait dengan geografi manusia dibanding geografi fisik.

Asia benar-benar bermacam dan dalam masing-masing daerahnya ada kelompok-kelompok etnis, budaya, lingkungan, ekonomi, jalinan riwayat, dan mekanisme pemerintah.

Letak Astronomis

Secara astronomi benua Asia terletak antara 11 derajat 16′ LS – 77 derajat 41′ LU dan 260 derajat 4′ BT – 169 derajat 40′ BB.

Batas Wilayah Benua Asia

  • Batas-batas geografis benua Asia adalah sebagai berikut :
  • Utara : Laut Es Utara
  • Timur : Samudera Pasifik
  • Selatan : Samudera Hindia
  • Barat : Benua Eropa dan Benua Afrika

Luas benua Asia adalah 44.180.000 km persegi. Benua Asia merupakan benua terluas di dunia. Benua Asia dan Eropa sebenarnya terletak dalam satu hamparan daratan yang sama, disebut Eurasia.

Peta Wilayah

Peta Asia
Peta wilayah Asia

Bentang alam

Peta Bentang alam Benua Asia
Peta Bentang alam Benua Asia

Pegunungan Himalaya merupakan inti pegunungan di Asia, dengan puncaknya yang disebut Mount Everest dengan ketinggian 8.884 meter. Semakin ke timur dan tenggara pegunungan Himalaya semakin lebar dan landai. Ke arah timur laut yakni dari pegunungan Hindhu-Kush (Afganistan) dan pegunungan Karakorum (Kashmir Hindia) semakin melebar bersambung dengan Pegunungan Tien, Altai Besar sampai gugusan Siberia Selatan.

Ke arah barat, pegunungan melandai dan membentuk dataran tinggi Iran, Anatolia (Turki), semenanjung Arab sepanjang Laut Merah dan Teluk Aden. Pegunungan Tujuh Dara di Srilangka, dataran tinggi Dekan di India sampai deretan pegunungan yang terdapat di Indo Cina dan Indonesia.   Pegunungan muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediteran bertemu di Asia Tenggara (Kepulauan Maluku, Indonesia).

Dataran rendah di Asia antara lain sebagai berikut :

  1. Dataran rendah Siberia di antara sungai Obe, Yenisel dan sungai Lena
  2. Dataran rendah Cina Utara dan Manchuria dilalui sugai Huang Ho
  3. Dataran rendah Mesopotamia diantara sungai Eufrat dan Tigris
  4. Dataran rendah di sepanjang sungai Indocina dan semenanjung Malaka (Indonesia)

Daerah depresi membentuk danau-danau antara lain : Danau, Kaspia, Aral, dan Baikal. Laut Mati sebenarnya adalah danau yang dalamnya 400 meter di bawah permukaan laut, merupakan relief dataran terendah di dunia.

Iklim

Benua Asia memiliki variasi iklim yang beragam dan hampir semua jenis iklim terdapat di Asia, karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: wilayahnya yang luas, topografi beraneka ragam dan sangat kasar serta letak daratan Asia terhadap lautan.

Iklim Asia dikelompokkan sebagai berikut :

  1. Iklim darat kutub, terdapat di Asia Utara khususnya Siberia
  2. Iklim gurun sub tropis, terdapat di Asia Barat
  3. Iklim mediterania, terdapat di daerah sekitar Laut Tengah, seperti Suriah, Israel, dan bagian utara Iran.
  4. Iklim kering, terdapat di gurun-gurun Arab
  5. Iklim sub tropis, terdapat di Asia Timur
  6. Iklim laut tropis, terdapat di kawasan Asia Tenggara

Keadaan Penduduk

Diantara lima negara yang jumlah penduduknya terbesar di dunia, empat negara di antaranya berada di Asia, yaitu : RRC, India, Indonesia dan Jepang.

Penduduk Asia terdiri atas 3 (tiga) Ras (induk bangsa) utama, yaitu: Ras Mongoloid, Kaukasold dan Negroid.

  1. Ras Mongoloid menempati kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara, misalnya : Cina, Korea, Vietnam, Thailand dan lain-lain.
  2. Ras Kaukasoid menempati kawasan Asia Barat (Arab, Irak, Iran, Suriah, Turki, India bagian utara, Pakistan, Afganistan, dan lain-lain.
  3. Ras Negroid menempati kawasan India Selatan dan Srilangka (bangsa Dravida).

Selengkapnya bisa anda baca pada artikel: Ras Benua Asia

Karakteristik

  1. Benua Asia adalah benua terluas di dunia.
  2. Penyuplai minyak terbesar di dunia (Timur Tengah).
  3. Mempunyai gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest (8.848 m).
  4. Pertumbuhan penduduknya rata-rata di atas 2% pertahun.
  5. Tempat lahirnya agama-agama di dunia, yaitu : Islam, Budha, Hindu, Kristen, dan Kong Hu Cu.
  6. Mempunyai danau terluas di dunia, yaitu danau Kaspia (394.299 km persegi).
  7. Mempunyai laut terluas di dunia yaitu Laut Cina Selatan (2.274.614 km persegi).

Ingin mengetahui penampakan alam benua Asia? Silahkan lihat di: Peta Benua Asia lengkap

Dataran rendah yang luas di Asia

Benua Asia mempunyai semenanjung paling besar yakni Semenanjung Arab. Semenanjung besar yang lain ialah Semenanjung India dan Semenanjung Malaka. Daratan rendah Asia banyak menyebar di teritori Asia Timur.

Daratan rendah ini ada di sejauh lembang Sungai Ob, Sungai Yenisey, Sungai Hoang Ho dan Sungai Yangtse, Sungai Indus, Sungai Gangga, dan teritori Asia Tenggara, yaitu di Semenanjung Malaka dan Indonesia.

Demikian sekilas tentang benua Asia, semoga menjadikan tambahan pengetahuan anda.

Pos terkait