Panduan Utama Menyiapkan Toko Instagram Menuju Sukses Besar

  • Whatsapp

Pemasaran Instagram sangat penting untuk bisnis e-niaga. Tidak menggunakan Instagram untuk mempromosikan produk Anda akan seperti seorang tukang kayu yang memutuskan gergaji kayu tidak begitu berguna.

Terutama ketika Anda mempertimbangkan bahwa lebih dari 500 juta pengguna Instagram menggunakan platform setiap hari dan 50% dari mereka mengikuti setidaknya satu bisnis. .

Bacaan Lainnya

Plus, Instagram sangat ingin bergerak lebih dalam ke e-niaga.

Baik itu pembaruan Toko Instagram yang konstan atau pengenalan tombol checkout, jelas bahwa toko e-niaga harus mengikuti atau berisiko tertinggal.

Tapi apa sebenarnya adalah sebuah Instagram Toko, bagaimana hal itu akan membantu Anda mengembangkan bisnis Anda, dan bagaimana Anda dapat menetapkan satu?

Baca terus untuk mengetahuinya.

Baca juga: Cara mendapatkan 10k followers instagram gratis tanpa trik

Apa itu Toko Instagram?

Toko Instagram memungkinkan Anda mengintegrasikan katalog produk dengan profil Instagram Anda. Pada gilirannya, ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk Anda langsung ke pengguna Instagram melalui posting, Cerita, di tab Jelajahi, dan di tab Toko khusus di profil Anda.

Mari kita lihat beberapa contoh cara kerja Toko Instagram.

Gambar di bawah menampilkan merek jam tangan MVMT dan menunjukkan tab Toko Instagram beraksi. Ini memungkinkan pengguna mengunjungi profil mereka untuk melihat semua produk mereka tanpa meninggalkan aplikasi Instagram.

Anda juga dapat menandai produk Toko Instagram di postingan Anda dengan cara yang sama seperti Anda menandai teman.

Ini menambahkan ikon tas belanja kecil ke gambar Anda.

Kemudian, ketika pengguna mengetuk foto, mereka dapat melihat harga produk yang ditampilkan dan mengetuk label produk untuk melihat halaman produk.

Anda dapat menandai hingga lima item per gambar atau dua puluh item per carousel.

Setiap kali Anda menandai gambar dengan produk Anda, konten itu akan muncul di umpan belanja eksklusif di profil bisnis Instagram Anda.

Anda bahkan dapat mempromosikan produk Anda di Instagram Stories

Gambar di bawah menunjukkan pengguna yang melihat Story, mengetuk stiker produk untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk, dan kemudian melakukan pembelian.

Stiker produk hanya tersedia untuk bisnis di negara tertentu. Jika Anda berbasis di salah satu pasar ini , Anda dapat menggunakan stiker dengan gambar, video, sorotan, dan bahkan swipe-up.

Halaman produk Instagram Shop menampilkan semua yang mungkin ingin diketahui pengguna sebelum membeli item, termasuk:

  • Nama produk
  • Gambar produk
  • Deskripsi produk
  • harga produk
  • Tautan untuk melihat produk di situs web Anda
  • Produk-produk terkait

3 Manfaat Utama untuk Mendirikan Toko Instagram

Seperti disebutkan, Instagram dengan cepat menjadi pembangkit tenaga listrik e-niaga.

Shari Lott, pendiri dan CEO merek pakaian anak-anak Spearmint Love, mengatakan, “Ketika kami meluncurkan fitur [Instagram Shop], kami mengalami peningkatan lalu lintas sebesar 25 persen dan peningkatan pendapatan sebesar 8 persen yang disebabkan oleh belanja di Instagram.”

Oke, jadi Toko Instagram berfungsi, tetapi apa sebenarnya yang memberi mereka kekuatan seperti itu? Berikut adalah tiga alasan utama:

1. Mengurangi Gesekan dan Memudahkan Konsumen Berbelanja

Ada banyak kebisingan online. Dengan begitu banyak bisnis yang bersaing untuk mendapatkan perhatian, akan sangat sulit untuk membuat pelanggan meninggalkan apa yang mereka lakukan di media sosial dan mengunjungi toko Anda.

Solusinya? Jangan mencoba membuat mereka datang kepada Anda, tetapi bawa toko Anda kepada mereka.

Toko Instagram menghilangkan gesekan dari proses pembelian dengan memudahkan pembeli menelusuri katalog Anda, memeriksa harga, atau mempelajari lebih lanjut tentang produk tertentu.

Plus, setelah mereka siap untuk membeli, mereka dapat mengunjungi halaman produk di situs web Anda hanya dengan satu ketukan.

Mereka bahkan dapat menyimpan produk untuk kembali lagi nanti dengan mengetuk ikon label di halaman produk, berikut adalah contoh dari merek kacamata hitam Shwood:

Shwoodshop

Fitur checkout baru Instagram semakin meningkatkan pengalaman berbelanja.

Pembeli dapat mengetuknya untuk memilih dari berbagai artikel, ukuran, dan warna, lalu melanjutkan ke pembayaran — tanpa meninggalkan Instagram.

Dan setelah mereka melakukan pemesanan pertama, informasi mereka (nama, email, informasi penagihan, dan alamat pengiriman) disimpan di database Facebook, memungkinkan Anda mengirimi mereka pemberitahuan tentang pemrosesan dan pengiriman.

2. Memungkinkan Anda Mempromosikan Produk Secara Langsung

Instagram selalu menjadi tempat yang fantastis untuk terhubung dengan audiens target Anda dan memperdalam hubungan pelanggan .

Namun, Instagram melumpuhkan bisnis dengan hanya mengizinkan mereka memiliki satu tautan yang sangat sedikit di profil mereka. Namun, hingga hari ini, Anda tidak dapat menambahkan tautan yang dapat diklik ke deskripsi posting Instagram.

Hal ini membuat sangat sulit untuk mempromosikan produk individu.

Misalnya, jika Anda menampilkan produk dalam sebuah pos, ajakan bertindak Anda harus mengarahkan pemirsa ke tautan di bio Anda – yang meningkatkan gesekan dan secara besar-besaran menurunkan tingkat konversi Anda .

Ini menjadi lebih buruk.

Ingat, Anda hanya mendapatkan satu tautan di bio Anda.

Tentu Anda dapat memperbarui setiap kali Anda membagikan posting baru, tetapi bagaimana dengan semua posting Anda sebelumnya yang tidak lagi memiliki tautan ke toko Anda?

Masuk ke Toko Instagram.

Toko Instagram memungkinkan Anda mengintegrasikan semua konten Instagram dengan toko Anda dengan mulus . Ini luar biasa – terutama ketika 65 persen posting merek berkinerja terbaik menampilkan produk dari beberapa jenis.

Sekarang, Anda dapat menenun promosi produk Anda ke dalam posting dan Cerita Anda dan menghindari gangguan mengganggu pengikut Anda untuk “Klik tautan di bio kami!”

Savannah Boysen, manajer pemasaran di Tyme, mengatakan , “Ini adalah cara yang bersih dan sederhana untuk menunjukkan produk Anda dalam pengaturan gaya hidup, tanpa mempengaruhi pengalaman pengguna.”

Ini juga mudah digunakan.

Seperti yang dijelaskan Instagram , “Setelah bisnis memiliki katalog produk yang terhubung ke akun mereka, menandai produk semudah menandai seseorang di sebuah pos.”

3. Pamerkan Produk Anda kepada Pengguna dengan Niat Membeli Tinggi

Saat Anda menandai produk di postingan, postingan itu akan disertakan di tab Jelajahi Belanja Instagram yang baru.

Dengan meningkatkan keterlibatan Instagram melalui praktik seperti mengoptimalkan tagar, Anda bisa membuat produk Anda muncul di tab Jelajahi Belanja.

Anda juga akan memaparkan produk Anda ke pasar target karena pos belanja ini dipersonalisasi dan berdasarkan minat pengguna dan keterlibatan sebelumnya .

Ini luar biasa karena pengguna yang melihat tab Jelajahi Belanja cenderung memiliki niat beli yang tinggi.

Dengan kata lain, mereka cenderung membeli.

Pikirkan seperti ini: Selain dari jendela pembelanja sesekali, adil untuk mengatakan bahwa kebanyakan orang pergi berbelanja, yah, berbelanja.

Hal yang sama berlaku untuk tab Jelajahi Belanja.

Para pengguna ini mungkin sedang menelusuri foto-foto beruang koala – tetapi sebenarnya tidak. Sebagai gantinya, mereka secara aktif memilih untuk menelusuri posting Instagram Shop. Ini adalah kesempatan untuk menarik perhatian mereka saat mereka dalam mode “membeli”. Poin brownies utama jika Anda bisa mendapatkan produk Anda di daftar keinginan mereka.

Intinya, Toko Instagram adalah cara ampuh untuk meningkatkan penjualan Anda . Jadi bagaimana Anda bisa memulai Toko Instagram?

Baca juga: 10 Tips Bisnis bagi pengusaha baru 2021 di Era Digital

Cara Memulai Toko Instagram untuk Toko Anda

Untuk memulai Toko Instagram, Anda memerlukan Toko Facebook terlebih dahulu . Ini karena Instagram sebenarnya menarik informasi produk Anda dari Facebook untuk membuat Toko Instagram Anda.

Ada beberapa bagian bergerak yang perlu Anda integrasikan dan Instagram memerlukan waktu untuk menyetujui akun Anda. Namun, seperti yang Anda ketahui sekarang – ini benar – benar sepadan dengan kerumitannya .

Jadi mari selami.

Ada dua cara utama untuk membuat Toko Facebook:

Toko Facebook Opsi 1: Buat Toko Facebook Mandiri

informasi ke halaman bisnis Facebook Anda .

Bergantung pada negara tempat bisnis Anda berada, Anda mungkin juga dapat mengelola pesanan dan menerima pembayaran di Facebook secara langsung.

Kami tidak menyarankan ini.

Pertama, manajer e-niaga Facebook tidak hebat dan Anda akan kekurangan banyak fitur luar biasa yang biasa di penyedia platform e-niaga khusus.

Kedua, kemungkinan Anda sudah memiliki situs web untuk toko Anda. Jadi, jika Anda membuat Toko Facebook mandiri, Anda harus mengelola dua toko terpisah dengan dua set pesanan. Ini berarti pelacakan inventaris bisa menjadi sangat rumit.

Sebagai gantinya, kami merekomendasikan opsi dua:

2. Facebook Shop Opsi 2: Sinkronkan Situs Web E-niaga Anda ke Halaman Facebook

Saat menggunakan solusi seperti Shopify, Anda cukup menyinkronkan seluruh katalog produk Anda dengan Facebook – ini berarti tidak perlu membuat daftar produk secara manual.

Plus, dengan cara ini, pelacakan inventaris otomatis dan Anda dapat mengelola semua pesanan Toko Facebook Anda dari dasbor Shopify Anda.

Itu membuat hal-hal sederhana dan jauh lebih sedikit memakan waktu. Dengan begitu, Anda dapat fokus pada hal-hal penting seperti meningkatkan penjualan .

Untuk alasan ini, panduan ini akan menunjukkan kepada Anda cara membuat Toko Instagram yang terintegrasi dengan mulus dengan situs web e-niaga Shopify Anda.

Kedengarannya bagus?

Singkatnya, untuk menyiapkan Toko Instagram, Anda perlu menghubungkan dan menyinkronkan tiga hal ini:

  • Toko Shopify
  • Halaman/Toko Facebook
  • Instagram Business Profile

Baca juga: 12 Tips Membangun Situs Web Bisnis yang Efektif

Langkah-langkah untuk Mengatur Toko Instagram

Langkah 1: Penuhi Persyaratan Kelayakan dan Letakkan Dasarnya

Sebelum Anda dapat memulai Toko Instagram, Anda harus memenuhi semua persyaratan Instagram.

Untuk memulai, Anda tidak dapat menggunakan Toko Instagram untuk menjual layanan, hanya barang fisik yang memenuhi syarat. Selain itu, bisnis Anda harus mematuhi kebijakan perdagangan Instagram .

Bisnis Anda juga harus berlokasi di negara yang memiliki akses ke fitur tersebut. Untuk melihat daftar negara dengan akses ke fitur Toko Instagram, serta negara yang secara bertahap diluncurkan, kunjungi halaman Toko Instagram di sini .

Sekarang, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki aplikasi Instagram versi terbaru untuk menggunakan fitur Instagram Shop.

Jika ya, Anda akan melihat ikon tas belanja kecil di pos yang dapat dibeli:

Jika Anda tidak melihat tag Toko Instagram saat menggunakan aplikasi, buka pengaturan perangkat Anda untuk memperbarui aplikasi.

Selanjutnya, untuk memulai Instagram Shop, Anda harus memiliki profil bisnis Instagram.

Untungnya, hanya perlu satu menit untuk mengubah profil Instagram Anda menjadi profil bisnis. Selain itu, Anda akan mendapatkan akses ke alat bisnis lainnya, seperti Tombol Tindakan, Wawasan Instagram, dan iklan Instagram.

Untuk melakukan ini, buka pengaturan Instagram:

pengaturan Instagram

Anda juga perlu menautkan profil bisnis Instagram Anda ke halaman bisnis Facebook Anda – untuk melakukan ini, Anda harus menjadi admin halaman Facebook.

Sekali lagi, Anda dapat melakukan ini di pengaturan Instagram:

link akun instagram

Langkah 2: Tambahkan Katalog Produk Anda ke Toko Facebook Anda

Ingat, Toko Instagram menarik informasi produk dari Toko Facebook.

Jadi, sekarang akun Instagram Anda ditautkan ke halaman Facebook Anda, Anda perlu membuat toko Facebook dan menyinkronkan katalog produk Anda ke sana.

Ini juga akan memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk Anda secara langsung di Facebook. Berikut contoh halaman produk Facebook Shop dari brand makeup KKW Beauty:

brand makeup KKW Beauty

Jika Anda belum melakukannya, Anda harus terlebih dahulu membuat toko Shopify dan menambahkan beberapa produk ke dalamnya.

Kemudian, untuk menghubungkan toko Shopify Anda dengan halaman Facebook Anda, klik ikon plus di sebelah “Saluran Penjualan” di bilah sisi kiri dalam dasbor Shopify.

Setelah akun Anda terhubung, Anda perlu menambahkan katalog produk Anda ke Facebook.

Untuk melakukan ini, buka manajer produk di dasbor Shopify, pilih produk Anda, klik “Jadikan Produk Tersedia” di menu tarik-turun, dan pilih Facebook.

Langkah 3: Siapkan Saluran Penjualan Instagram

Selanjutnya, Anda perlu mengatur Instagram sebagai saluran penjualan di dasbor Shopify dengan cara yang sama.

Sekali lagi, cukup klik ikon plus untuk menambahkan saluran penjualan, lalu tambahkan Instagram.

Langkah 4: Tunggu Akun Anda Disetujui

Oke, pada titik ini Anda harus memiliki:

  • Mengubah profil Instagram Anda menjadi profil bisnis.
  • Menautkan profil bisnis Instagram Anda ke halaman bisnis Facebook Anda.
  • Tautkan toko Shopify Anda dengan halaman Facebook Anda.
  • Membuat Toko Facebook dan menyinkronkan produk Anda dengannya.
  • Tautkan toko Shopify Anda dengan akun Instagram Anda.
  • Semua selesai? Luar biasa – semuanya menurun dari sini!

Sekarang setelah Anda memiliki toko Facebook yang ditautkan ke profil Instagram Anda, Instagram akan secara otomatis meninjau akun Anda sebelum mengizinkan Anda membuat Toko Instagram.

Duduklah.

Proses peninjauan dapat memakan waktu beberapa hari dan Instagram mencatat bahwa prosesnya dapat memakan waktu lebih lama.

Ketika akun Anda telah disetujui, Instagram akan menampilkan pemberitahuan kepada Anda.

Langkah 5: Konfirmasi Toko Facebook mana yang akan ditambahkan ke Instagram

Setelah Anda menerima pemberitahuan persetujuan, yang perlu Anda lakukan adalah mengonfirmasi Toko Facebook mana yang ingin Anda hubungkan ke profil Instagram Anda.

Untuk melakukan ini, ketuk “Memulai” pada notifikasi atau buka pengaturan bisnis Instagram dan ketuk “Belanja.”

Kemudian, cukup pilih Toko Facebook yang ingin Anda gunakan dengan profil Instagram Anda.

Sekarang, semua produk Anda disinkronkan di Instagram, Toko Facebook Anda, dan toko Shopify Anda .

Selamat, Anda sekarang memiliki Toko Instagram!

Langkah 6: Tandai Produk Anda di Posting dan Cerita Instagram Anda

Sekarang setelah Anda siap, Anda dapat mulai menandai produk Anda di postingan dan Instagram Stories.

Bahkan jika itu sedikit labirin sampai di sini, bagian ini tidak bisa lebih sederhana.

Saat Anda membuat postingan Instagram, Anda sekarang dapat menandai produk Anda dengan cara yang sama seperti biasanya Anda menandai orang.

Kemudian, postingan Anda akan menyertakan ikon tas belanja dan tag belanja untuk produk yang ditampilkan di postingan Anda.

Sebagai pengingat, Instagram memungkinkan Anda untuk menandai hingga lima produk per satu gambar atau hingga 20 produk per pos multi-gambar.

Perlu diperhatikan juga bahwa Anda perlu membuat setidaknya satu postingan Toko Instagram untuk mengaktifkan tab “Toko” di profil bisnis Anda:

postingan Toko Instagram

Cara Mempromosikan Toko Anda di Instagram

Toko Instagram tidak akan melakukan apa pun sendiri. Anda harus menempatkannya di depan audiens yang relevan untuk membuat orang mengetahui produk Anda. Berikut adalah beberapa tips:

1. Gunakan Hashtag untuk Mendapatkan Eksposur

Untuk postingan biasa, tagar Instagram adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan konten Anda untuk ditemukan.

Belum lagi, mereka dapat membantu Anda muncul di tab Cari & Jelajahi, yang memiliki bagian “Toko” eksklusif dan digunakan oleh lebih dari setengah Instagrammer setiap bulan.

Plus, jika sekelompok pembeli memutuskan untuk mengikuti tagar Anda, Anda mendapatkan saluran pemasaran gratis yang dapat Anda gunakan kapan saja untuk menjangkau audiens tersebut.

Eiger Adventure, misalnya, menarik minat orang dengan menggunakan tagar khusus di pos belanjanya.

2 . Manfaatkan Fitur Stiker Produk di Instagram Stories

Untuk menandai produk di Instagram Stories, cukup gunakan stiker “Produk”. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memilih dari 4 gaya stiker yang berbeda: stiker dengan nama produk berwarna abu-abu atau pelangi, teks tembus pandang, dan ikon tas belanja (gaya paling populer). Anda bahkan dapat mengedit warna dan teks stiker.

Terlebih lagi, Anda dapat menandai produk di pos baru dan yang sudah ada.

Jadi untuk mendapatkan hasil maksimal dari Toko Instagram Anda, ada baiknya meninjau kembali posting Anda sebelumnya dan menandai produk jika perlu.

Sayangnya, Anda tidak dapat mengedit Stories yang telah dipublikasikan. Jadi, jika Anda lupa menambahkan stiker produk, Anda harus menghapus Story dan menerbitkannya kembali.

3. Jalankan Iklan Belanja Instagram

Instagram juga telah memperkenalkan opsi untuk menjalankan pos belanja organik sebagai iklan.

Orang yang mengetuk iklan ini akan dibawa ke halaman deskripsi item di Instagram dan dapat melanjutkan untuk membeli dari toko ponsel Anda.

Untuk menyiapkan Iklan Belanja Instagram, buka Pengelola Iklan Facebook Anda dan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik “+Buat” dan pilih tujuan dari “jangkauan, kesadaran merek, klik tautan, keterlibatan pos, atau konversi”.
  • Pilih audiens yang ingin Anda targetkan. (berikut panduan mendetail untuk penargetan audiens)
  • Pilih “Edit penempatan” dan pilih “Umpan Instagram” sebagai satu-satunya tempat Anda ingin menjalankan iklan.
  • Selama penyesuaian set iklan, pilih “Gunakan Postingan yang Ada”.
  • Pilih konten Belanja yang ingin Anda jalankan sebagai iklan.
  • Lengkapi informasi untuk iklan Anda dan klik “Lanjutkan”.

Kiat: Pastikan pos yang Anda jalankan sebagai iklan menyertakan gambar berkualitas tinggi, tagar deskriptif, dan tag yang akurat. Itu akan membuat konsumen lebih mudah menerima bisnis Anda.

Kesimpulan

Meskipun Toko Instagram bisa sulit untuk diatur, upayanya sangat berharga.

Mengintegrasikan toko Anda dengan Facebook dan Instagram adalah cara yang ampuh untuk mengembangkan toko e-niaga Anda .

Ingat, untuk memulai Toko Instagram Anda perlu:

  • Ubah profil Instagram Anda menjadi profil bisnis.
  • Tautkan profil bisnis Instagram Anda ke Halaman Facebook Anda.
  • Tautkan toko Shopify Anda ke halaman Facebook Anda.
  • Buat Toko Facebook dengan menyinkronkan produk Anda dari toko Shopify Anda.
  • Tautkan toko Shopify Anda dengan akun Instagram Anda.
  • Tunggu hingga disetujui oleh Instagram lalu pilih Facebook Shop yang ingin Anda gunakan dengan akun Instagram Anda.
  • Mulai jualan di Instagram!

Bagaimana cara mengatur Toko Instagram?

Menyiapkan toko Instagram adalah proses lima langkah yang mudah:
1. Alihkan profil Instagram Anda ke profil bisnis
2. Tautkan profil bisnis Instagram Anda ke halaman bisnis Facebook Anda
3. Tautkan toko Shopify Anda ke halaman bisnis Facebook Anda
4. Buat toko Facebook dan sinkronkan produk Anda
5. Tautkan toko Shopify Anda ke akun Instagram Anda

Apakah Toko Instagram gratis?

Ya, Belanja Instagram sepenuhnya gratis untuk digunakan. Yang Anda butuhkan untuk memulai adalah halaman bisnis Facebook dan profil bisnis Instagram (keduanya gratis) dan hubungkan keduanya.

Setelah selesai, cukup unggah katalog produk bisnis Anda, aktifkan fitur Belanja, dan Anda siap untuk mulai berjualan di Instagram.

Apa itu toko Instagram?

Toko Instagram, juga dikenal sebagai Instagram Shopping, adalah fitur yang memungkinkan bisnis di Instagram untuk memasukkan katalog produk mereka ke dalam akun mereka.

Pos terkait