1. Optimisme 2. Kemampuan Berkorban 3. Kemampuan Mengelola 4. Keterampilan Interpersonal 5. Akal sehat 6. Organisasi 7. Pengalaman Bisnis

HOME

Anda harus optimis, karena pada titik tertentu, Anda harus mampu melampaui masa-masa sulit untuk menuju masa yang lebih baik.

1

Optimisme

Ini adalah hal paling vital yang harus dimiliki seorang pemimpin. Tanpa optimisme, lemahlah bisnis yang anda bawa. Anda harus optimis, karena pada titik tertentu, Anda harus mampu melampaui masa-masa sulit untuk menuju masa yang lebih baik.

2

Kemampuan Berkorban

Kebutuhan finansial adalah yang terakhir harus dipenuhi. Anda hanya dibayar setelah membayar karyawan, pengeluaran Anda dan vendor Anda. Jika ada untung pada saat itu, Anda dapat mengambil sejumlah gaji. Tetapi jika Anda ingin terus tumbuh, mungkin anda harus menginvestasikan kembali keuntungan dan mengambil sedikit atau tidak sama sekali.

3

Kemampuan Mengelola

Saya tidak mengatakan pengalaman manajemen karena orang cenderung berpikir itu berarti kemampuan untuk mengelola orang. Yang saya bicarakan di sini adalah kemampuan untuk mengatur segalanya. Hal-hal seperti piutang, hutang dagang, masalah vendor, periklanan, pelanggan, bankir dan pengacara Anda semuanya harus dikelola. Dan hal terpenting yang harus Anda kelola di awal adalah keluarga Anda.

4

Keterampilan Interpersonal

Menjalankan bisnis apa pun, bahkan bisnis Internet, membutuhkan keterampilan interpersonal. Jika Anda menjalankan bisnis apa pun, maka Anda harus bisa bergaul dengan lebih banyak orang daripada yang Anda sadari. Beberapa orang terjun ke bisnis karena mereka tidak bisa bergaul dengan bos mereka. Orang-orang yang sama ini terkejut ketika mereka mengetahui bahwa bergaul dengan bos mereka sebelumnya adalah hal yang mudah dibandingkan dengan bergaul dengan pelanggan yang marah (bahkan jika mereka salah, mereka akan berpikir bahwa mereka benar), menuntut karyawan dan vendor yang unik. Anda akan menjadi wasit, hakim, bos, kohort, dan teman.

5

Akal sehat

Bisnis yang sukses memandang orang luar seolah-olah mereka jarang memiliki masalah. Apa yang tidak mereka lihat adalah pemilik bisnis yang mengawasi denyut nadi bisnis dan industrinya. Ketika para pemimpin yang sukses mengantisipasi perubahan, mereka mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan bisnis jika itu terjadi. Persiapan dan kesediaan untuk berubah dapat membuat perbedaan antara sukses dan gagal. Dilakukan dengan baik, ini hampir tidak terlihat oleh siapa pun kecuali pemilik bisnis.

6

Organisasi

Ini adalah masalah nyata bagi sebagian orang. Jika Anda tidak dapat menangani banyak hal pada saat yang bersamaan, Anda tidak boleh terjun ke bisnis sendiri. Tidak pernah ada satu hal yang terjadi saat Anda memiliki bisnis. Ada masalah pelanggan, masalah vendor/pemasok dan ada masalah persaingan. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus bisa mengetahui dan memahami masalah mana yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Anda harus dapat memprioritaskan masalah dan tahu bahwa prioritas yang sama dapat berubah dalam sekejap.

7

Pengalaman Bisnis

Ini adalah salah satu alasan terbesar untuk kegagalan, menurut saya. Ada banyak orang yang hebat dalam pekerjaannya. Mungkin mereka tukang kayu terbaik, atau pelukis terbaik, atau penjual terbaik atau juru masak terbaik. Ada kecenderungan orang percaya bahwa hanya karena mereka dapat melakukan pekerjaan saat ini dengan baik (mungkin lebih baik dari orang lain yang mereka kenal), itu berarti mereka akan menjadi pemilik bisnis yang hebat.