Wisata sejarah Goa Selo Mangleng Kediri

Diposting pada
Goa Selo Mangleng merupakan sebuah Goa Wisata sejarah yang terletak di Kabupaten Kediri. Selo Mangleng berasal dari kata Selo yang berarti batu dan Mangleng berarti menggantung. Jadi, Selomangleng bisa diartikan sebagai batu yang menggantung.
Goa ini dahulu pernah digunakan Dewi Kili Suci sebagai tempat pertapaan. Siapakah Dewi Kili Suci? Dewi Kili Suci adalah Putri Mahkota Raja Airlangga yang menolak tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya dan lebih memilih menjauhkan diri dari kehidupan dunia dengan cara melakukan tapa brata di Goa Selo Mangleng.
Sebelum pengunjung masuk ke dalam goa, Goa Selo Mangleng tampak dari bawah seperti gambar yang saya ambil di bawah ini.
Foto Goa Selo Mangleng tampak dari bawah
Goa Selo Mangleng tampak dari bawah
Memang dari kejauhan goa selo Mangleng hanya tampak seperti bukit kecil yang terdapat 2 lubang agak besar. Namun, jika kita mendekatinya maka anda akan bisa melihat lubang lain di dalam goa itu sendiri.
Setelah anda masuk ke dalam goa terdapat 2 ruang utama yang sepertinya dahulu digunakan untuk bersemedi Sang Dewi Kili Suci. Ruangan goa tersebut terdapat ukiran-ukiran yang terpahat di dinding batu. Di sebelah kanan goa terdapat 1 ruangan kecil terletak lebih ke atas, sedangkan di bagian kiri terdapat sebuah ruangan yang lebih besar dengan pintu yang berukir pula.
Foto Pintu ruangan Gua Selo Mangleng
Pintu ruangan Gua Selo Mangleng
Di bagian kiri kanan pintu terdapat pahatan ukiran kembar berbentuk bulat, yang karena saya tanpa pemandu saya tidak mengerti apa maksud dan arti semua ukiran yang ada di goa tersebut.
Foto Pahatan kembar bulat Pintu ruangan Gua Selo Mangleng
Pahatan kembar bulat Pintu ruangan Gua Selo Mangleng
Di seputar wisata sejarah Goa Selo Mangleng terdapat tempat-tempat lain sebagai pendukung agar pengunjung lebih betah di tempat ini, antara lain sebagai berikut :

Pura Penataran Agung Kilisuci

Pura ini terdapat di bagian kanan jalan masuk, jika anda dari pintu masuk lokasi wisata dan menoleh ke kanan anda akan melihat sebuah pintu gerbang menuju Pura Penataran.
Foto Pura Penataran Agung Kilisuci
Pura Penataran Agung Kilisuci
Pintu gerbang utama Pura Penataran tampak dari depan seperti gambar di bawah ini. Bangunannya mirip dengan pahatan Bali.
Foto Pintu gerbang utama Pura Penataran
Pintu gerbang utama Pura Penataran
Di dalam pura terdapat halaman yang cukup luas dengan beberapa pepohonan dan pada pinggir halaman terdapat beberapa patung dan ukiran layaknya gaya pahatan Bali.
Foto halaman Pura Penataran
Halaman Pura Penataran
Pada pendapa Pura Penataran terdapat sebuah pendapa dengan patung besar di tengah-tengahnya. Karena waktu itu pura tidak dibuka, saya tidak bisa melihat dari dekat patung tersebut.
Foto Pendapa Pura Penataran
Pendapa Pura Penataran

Museum Airlangga Kodya Kediri

Saat pengunjung masuk ke area wisata Goa Selo Mangleng pertama yang akan dilihat adalah Museum Airlangga. Museum ini cukup besar, yang tampaknya berisi berbagai prasasti, patung dan bebatuan Kuno.
Foto Museum Airlangga Kodya Kediri
Museum Airlangga Kodya Kediri
Di depan museum kiri dan kanan terdapat 2 patung yang sudah sedikit rusak, terlihat dari muka patung tersebut pahatannya sudah tidak jelas.
Foto Patung di depan Museum Airlangga Kodya Kediri
Patung di depan Museum Airlangga Kodya Kediri
Saat saya ke sana, ternyata pengunjung tidak diperbolehkan memasuki ruangan museum. Wisatawan hanya diperbolehkan melihat ruangan dari kaca luar gedung saja. Kebetulan waktu itu karyawan museum sedang menata dan memindahkan bebatuan kuno dalam museum.
Foto Ruangan Museum Airlangga Kodya Kediri
Ruangan Museum Airlangga Kodya Kediri

Taman Wisata Air Goa Selo Mangleng

Untuk mengakhiri kelelahan setelah mengitari area wisata Goa Selomangleng, anda dapat beristirahat di taman wisata air goa Selomangleng. Di sini tersedia kolam renang yang cukup luas.

Foto Taman Wisata Air Goa Selo Mangleng
Taman Wisata Air Goa Selo Mangleng
Pada hari libur di area ini juga disediakan panggung hiburan. Namun sayang, panggung hiburan tersebut tampaknya kurang terawat, terlihat dari bangunannya yang terlihat kotor.
Foto Panggung hiburan Taman Wisata Air Goa Selo Mangleng
Panggung hiburan Taman Wisata Air Goa Selo Mangleng

Baca juga: Wisata Sejarah Pamuksan Sri Aji Joyoboyo Kediri


Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Kediri, silahkan kunjungi: Peta Kediri

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai taman wisata bersejarah Goa Selomangleng yang merupakan peninggalan zaman kuno yang perlu dilestarikan. Jika anda seorang yang suka dengan peninggalan sejarah, rasanya tempat ini patut untuk dikunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *