Zoho Books software akuntansi terbaik untuk Bisnis Mikro

  • Whatsapp

Zoho Books – Pekerja lepas, wirausahawan, dan bisnis mikro membutuhkan perangkat lunak akuntansi seperti halnya perusahaan besar. Menemukan software akuntansi yang tepat untuk bisnis mikro membutuhkan fokus pada harga dan kegunaan. Dan Zoho Books ada sebagai solusi akuntansi elit untuk bisnis mikro.

Dalam pembahasan kali ini, kami mencari software akuntansi untuk bisnis yang sangat kecil (atau bisnis mikro), seperti freelancer, konsultan, pemilik tunggal, dan individu yang mengoperasikan e-commerce dan bisnis rumahan.

Meskipun harga selalu menjadi pertimbangan terutama untuk bisnis mikro, kita coba mencari software yang murah namun mumpuni. Zoho Books merupakan aplikasi yang dapat diskalakan dan dapat terus digunakan oleh bisnis mikro saat mereka tumbuh, dengan opsi untuk meningkatkan ke paket yang lebih tinggi dan mengintegrasikan dengan aplikasi bisnis lainnya. Software ini memiliki aplikasi seluler yang akan membantu wirausahawan sibuk namun selalu memantau akuntansi mereka saat dalam perjalanan.

Zoho Books sebagai perangkat lunak akuntansi terbaik untuk bisnis mikro di tahun 2021.

Baca juga: Cara memilih software akuntansi yang tepat dan terpercaya

Zoho Books software akuntansi terbaik untuk Bisnis Mikro

Zoho Books adalah pilihan sebagai software akuntansi terbaik untuk bisnis MIKRO. Harganya terjangkau dan menawarkan aplikasi akuntansi online sederhana yang memungkinkan pengguna membuat dan mengirim faktur, melacak pengeluaran, dan menghubungkan akun dengan lancar.

Harga Zoho Books

.

Bisnis mikro tidak membutuhkan software akuntansi yang rumit dan mahal; tetapi membutuhkan perangkat lunak yang terjangkau. Zoho Books adalah software akuntansi online sederhana yang menyelaraskan dengan akun Anda dan mencakup semua hal mendasar, memungkinkan untuk membuat dan mengirim faktur, melacak waktu dan pengeluaran, dan menghasilkan laporan.

Seperti platform perangkat lunak akuntansi lainnya, Zoho Books menawarkan tiga paket harga. Jika memilih untuk membayar tahunan daripada bulanan, Anda akan mendapatkan didiskon.

  1. Paket Basic: $ 9 per bulan atau $ 90 per tahun. Ini mendukung satu pengguna (dan seorang akuntan) dan memungkinkan untuk menambahkan 50 kontak ke sistem. Anda dapat merekonsiliasi transaksi, membuat faktur, melacak pengeluaran, dan mengelola proyek dan lembar waktu.
  2. Paket Standar: $ 19 per bulan atau $ 190 per tahun. Ini mendukung dua pengguna (dan seorang akuntan) dan memungkinkan untuk menambahkan 500 kontak ke sistem. Selain fitur paket Dasar, Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk melacak tagihan dan kredit vendor, menambahkan tag pelaporan ke transaksi, dan mencetak cek.
  3. Paket Professional: $ 29 per bulan atau $ 290 per tahun. Ini mendukung 10 pengguna, hingga 5.000 transaksi dan jumlah kontak yang tidak terbatas. Selain kemampuan paket Standar, Anda dapat menggunakan software ini untuk membuat pesanan penjualan dan pembelian serta untuk mengelola inventaris.
  4. Pengguna tambahan: $ 2 per bulan atau $ 20 per tahun. Anda dapat menambahkan pengguna tambahan ke akun apa pun paket yang digunakan.
  5. Kredit surat siput: masing-masing $ 2. Jika pelanggan lebih suka salinan cetak perkiraan atau faktur dan Anda tidak ingin mencetaknya dan mengirimkannya sendiri, Anda dapat membeli kredit surat siput dan meminta Zoho mengirimkannya. Surat yang dikirim ke pelanggan di AS dikenai biaya satu kredit dan membutuhkan waktu lima hari kerja untuk sampai. Surat yang dikirim ke pelanggan internasional dikenai biaya dua kredit dan membutuhkan waktu 10-15 hari untuk sampai.
  6. Biaya pemindaian otomatis: $ 5 per bulan atau $ 50 per tahun. Fitur add-on ini memindai dokumen yang Anda unggah, seperti tanda terima atau faktur vendor, dan menggunakan data tersebut untuk membuat transaksi baru. Ini mendukung hingga 50 pemindaian per bulan.

Baca juga: FreshBooks Software Faktur Bisnis Kecil Terbaik

Meskipun penyedia perangkat lunak akuntansi teratas lainnya menawarkan paket awal dengan harga yang sama, Anda perlu mempertimbangkan perangkat lunak mana yang memiliki fitur spesifik yang dibutuhkan bisnis Anda dalam paket terendah atau dengan harga terbaik. Misalnya, pertimbangkan tiga fitur ini untuk melihat bagaimana Zoho Books dibandingkan dengan perangkat lunak akuntansi top lainnya:

  1. Kontak: Paket Dasar $ 9 Zoho Books memungkinkan Anda menambahkan 50 kontak ke sistem. Dengan paket Lite $ 15 dari FreshBooks, Anda hanya dapat menagih hingga lima klien aktif. Paket Awal $ 9 Xero bahkan lebih ketat lagi, membatasi Anda hingga lima faktur dan lima tagihan per bulan, sementara paket Wiraswasta $ 10 dari QuickBooks Online tidak memiliki batasan pada fitur ini.
  2. Pelacakan jam yang dapat ditagih: Anda dapat melacak waktu dan menambahkan jam yang dapat ditagih ke faktur menggunakan paket Zoho Books Basic. Paket Lite FreshBooks dapat melakukan ini juga, meskipun biayanya $ 6 lebih banyak per bulan. Paket Esensial QuickBooks Online, dengan biaya $ 35 per bulan, menawarkan fungsi ini. Paket mapan Xero memiliki fitur ini, tetapi biayanya $ 60 per bulan.
  3. Pelacakan inventaris: Meskipun membutuhkan paket Zoho Books Professional untuk mendapatkan fitur manajemen inventarisnya, Anda memerlukan paket Plus QuickBooks Online untuk fungsi ini, yang biayanya $ 60 per bulan. Meskipun paket Awal Xero memiliki fitur ini dan dengan harga $ 9 akan menjadi kesepakatan terbaik, itu membatasi Anda hingga lima faktur per bulan, jadi mungkin perlu meningkatkan ke paket Tumbuh $ 30 Xero. FreshBooks tidak mendukung inventaris sama sekali.

Secara keseluruhan, Zoho Books menawarkan paket harga kompetitif yang akan memenuhi harapan sebagian besar freelancer atau bisnis mikro. Sementara beberapa freelancer mungkin memilih perangkat lunak akuntansi gratis, Zoho Books sepadan dengan biaya bulanannya.

Baca juga: Xero Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Berkembang

Fitur Zoho Books

Akuntansi dapat menjadi salah satu aspek yang paling memakan waktu dalam menjalankan bisnis. Maka tidak mengherankan jika pemilik usaha kecil mayoritas mengatakan bahwa hal terpenting yang mereka cari dalam software akuntansi adalah fitur yang menghemat waktu. Dan otomatisasi Zoho Books dan fitur pembayaran online memenuhi persyaratan ini.

1. Otomatisasi

Zoho Books menghemat waktu Anda dengan mengotomatiskan alur kerja Anda. Anda dapat mengatur perangkat lunak untuk secara otomatis melakukan tugas-tugas seperti mengirim faktur berulang dan pengingat pembayaran, melacak pengeluaran, dan memberi tahu Anda saat tagihan Anda jatuh tempo.

Anda dapat mengatur aturan bank untuk secara otomatis mengkategorikan transaksi ketika mereka diimpor setiap hari dari umpan bank Anda, dan perangkat lunak mengidentifikasi kemungkinan kecocokan ketika Anda merekonsiliasi akun Anda.

2. Faktur

Anda dapat mengonversi pesanan penjualan atau taksiran menjadi faktur dengan beberapa klik, mengedit faktur seperlunya, menyeret dan melepaskan baris untuk mengatur ulang. Anda dapat mengirimnya segera atau menjadwalkannya untuk dikirim di lain waktu.

Perangkat lunak ini menyimpan jejak audit, sehingga Anda dapat melihat transaksi mana yang ditautkan, pengguna yang membuat atau mengubahnya, serta tanggal dan waktu perubahan.

3. Pembayaran online

Anda dapat menghubungkan akun ke gateway pembayaran populer seperti Authorize.Net, Braintree, PayPal, Square, Stripe, WePay, Worldpay, dan 2Checkout, memungkinkan pelanggan untuk langsung membayar faktur secara online.

Ini adalah cara yang efisien bagi Anda untuk menerima dana dan melacak faktur yang telah dibayar dan yang belum dibayar. Plus, ini memberi pelanggan cara yang nyaman dan bebas repot untuk membayar produk dan layanan.

4. Aplikasi seluler

Seperti kebanyakan program akuntansi, Zoho Books memiliki aplikasi seluler. Apa yang membuat aplikasi Zoho Books berbeda adalah aplikasi ini tersedia di lebih banyak perangkat, berjalan di iPhone, iPad, iMessage, Apple Watch, ponsel Android, tablet dan jam tangan pintar, dan Windows Phone.

Anda dapat mengelola faktur dan taksiran, melacak pembayaran dan pengeluaran, mengunggah tanda terima, menjalankan laporan, dan melihat dasbor Anda untuk wawasan sekilas. Ini mendukung banyak pengguna, dan Anda dapat mengontrol data yang dapat mereka akses.

5. Alat pelacak waktu dan manajemen proyek

Fitur-fitur ini disertakan pada semua paket Zoho Books dan memungkinkan Anda membuat tugas dan melacak jam yang dapat ditagih. Anda dapat menagih berdasarkan jam proyek, jam tugas atau jam staf atau dengan biaya tetap. Anda juga dapat menganggarkan jam kerja per proyek, tugas, atau anggota staf.

6. Pintasan keyboard

Anda dapat memilih untuk mengetik pintasan cepat ke suatu fungsi daripada menggunakan menu.

Zoho Books Pro

Salah satu kelebihan Zoho Books adalah kemudahan penggunaannya. Saat kami menguji perangkat lunaknya, membuat akun sederhana. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan nama bisnis, informasi kontak, dan kata sandi. Selanjutnya memilih modul yang Anda inginkan dan dapat memilih untuk mengisi informasi pajak dan menghubungkan akun pemrosesan pembayaran.

Dasbor Zoho Books tampak elegant, anda apat dengan mudah menemukan jalan di sekitar sistem menggunakan menu bilah sisi, yang diatur menurut tugas dengan cara yang logis. Menu ini menciut menjadi ikon saat tidak digunakan, memberikankan lebih banyak ruang layar. Ini menawarkan pandangan sekilas tentang kinerja keuangan bisnis Anda melalui widget untuk piutang dan hutang dengan jumlah saat ini dan yang jatuh tempo, pengeluaran teratas, proyek dengan jam dan pengeluaran yang dapat ditagih, rekening bank dan kartu kredit, dan bagan arus kas.

Untuk mencoba Zoho Books sendiri, pertimbangkan untuk mendaftar uji coba gratis selama 14 hari, tidak perlu kartu kredit. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang software akuntansi ini dengan menonton webinar dan video tutorial perusahaan. Penggunaan uji coba gratis bermanfaat untuk lebih memahami cara kerja platform dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan bisnis Anda.

Zoho Books menawarkan antarmuka paling ramah pengguna di pasaran, jadi Anda mungkin tidak perlu 14 hari penuh untuk merasakan sistemnya. Dua minggu sudah lebih dari cukup untuk bermain-main dengan software untuk melihat apa yang Anda sukai dan tidak.

Zoho Books memiliki portal klien yang dapat digunakan pelanggan untuk menerima, menolak, dan mendiskusikan perkiraan; melihat dan membayar faktur; dan unduh laporan akun. Jika pekerjaan berbasis proyek, Anda dapat membagikan detail proyek seperti tugas dan jam masuk. Ini adalah fitur yang sangat membantu untuk bisnis yang bekerja sama dengan klien dalam proyek. Jika menginginkan umpan balik dari pelanggan, Anda dapat mengatur portal untuk memungkinkan mereka meninjau layanan Anda.

Kustomisasi faktur itu mudah. Enam belas templat tersedia, dan masing-masing memungkinkan Anda untuk memilih dari beberapa font dan memilih warna untuk beberapa elemen. Anda dapat menambahkan logo dan gambar latar belakang, memilih bidang mana yang akan disertakan, dan mengedit teks bidang. Template memungkinkan untuk memilih bahasa tampilan yang berbeda, yang berguna jika Anda memiliki pelanggan internasional. Templat juga tersedia untuk dokumen seperti perkiraan, nota kredit, dan tanda terima pembayaran. Jenis penyesuaian ini cenderung menguntungkan bisnis; Itu selalu bagus untuk tujuan pencitraan merek untuk merancang solusi agar terlihat seperti yang Anda suka.

Zoho memiliki rangkaian aplikasi bisnisnya sendiri yang dapat Anda sambungkan ke perangkat lunak akuntansi ini, meskipun ada biaya tambahan. Memiliki perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM), pemasaran email dan solusi pemasaran media sosial, editor spreadsheet, dan alat produktivitas lainnya.

Seperti pesaingnya, Zoho Books terintegrasi dengan aplikasi produktivitas pihak ketiga dan solusi bisnis, termasuk aplikasi Google, sistem titik penjualan (POS) Square, beberapa pemroses kartu kredit, dan layanan pajak Tax1099 dan Avalara. Ini juga memiliki integrasi Zapier, yang memungkinkan Anda terhubung ke lebih dari 1.000 aplikasi pihak ketiga.

Kekurangan Buku Zoho

Meskipun Zoho Books dikemas dengan fitur-fitur terbaik, namun tidak termasuk layanan penggajian. Ini mungkin bukan masalah besar untuk bisnis mikro, tetapi mungkin menjadi pertimbangan penting jika bisnis Anda berkembang dan berencana untuk mempekerjakan karyawan.

Saat ini, satu-satunya tugas penggajian yang dapat Anda lakukan di Zoho Books adalah menyiapkan dan mencetak 1099 untuk kontraktor independen menggunakan layanan pajak yang disebutkan di atas. Mungkin tidak semua bisnis kecil peduli dengan batasan tersebut, tetapi bisnis yang lebih besar dan berkembang mungkin menginginkan solusi yang mencakup lebih dari sekedar layanan akuntansi standar.

Dukungan Pelanggan

Zoho Books menawarkan email, obrolan langsung, dan dukungan telepon 24 jam lima hari seminggu di AS, Inggris, Australia, India, dan beberapa negara lainnya. Anda juga dapat menemukan bantuan online di basis pengetahuan dan forum pelanggan Zoho Books yang dapat ditelusuri.

Saat Anda menelepon Zoho, Anda akan disambut dengan opsi menu untuk menjangkau berbagai bagian perusahaan, penjualan, dukungan teknis, penagihan dan pembayaran, atau perusahaan.

Mereka ramah dan ingin menjawab semua pertanyaan tentang software akuntansi milik mereka. Tidak ada tekanan untuk mendaftar ke layanan tersebut, dan perwakilan tersebut menyebutkan uji coba 14 hari seandainya anda ingin mencoba Zoho Books sebelum membeli paket berbayar. Perwakilan Zoho Books tampaknya benar-benar peduli dalam membantu pengguna menemukan perangkat lunak akuntansi terbaik untuk situasi mereka saat ini.

Zoho Books software akuntansi terbaik untuk Bisnis Mikro | Sejarah Indonesia
Zoho Books software akuntansi terbaik untuk Bisnis Mikro

Zoho Books - Pekerja lepas, wirausahawan, dan bisnis mikro membutuhkan perangkat lunak akuntansi seperti halnya perusahaan besar. Menemukan software akuntansi yang tepat untuk bisnis mikro membutuhkan fokus pada harga dan kegunaan. Dan Zoho Books ada sebagai solusi akuntansi elit untuk bisnis mikro.

Harga: 29

Harga Mata Uang: $

Sistem operasi: Windows 7, Windows 8, Windows 10

Kategori Aplikasi: Accounting

Peringkat Editor:
5
  • Whatsapp

Pos terkait