Peta Jambi lengkap dengan nama kabupaten dan kota

Peta Jambi – Jambi merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra bagian tengah tetapi berada di bagian timur. Secara jelasnya anda bisa melihat pada peta Jambi yang kami lampirkan di bawah ini lengkap dengan kabupaten dan kota yang ada. Ibu kota Jambi juga bernama Jambi. Menurut sejarahnya dari sinilah Bangsa Melayu berasal, yaitu dari Kerajaan Malayu, Batang Hari.

Seperti provinsi-provinsi di Indonesia lainnya, Jambi juga memiliki seni tradisi, salah satu yang terkenal adalah sebuah tarian adat yang bernama Tari Rentak Besapih. Tarian tersebut menggambarkan keharmonisan, keserasian, dan keseragaman dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

Bacaan Lainnya

Peta Jambi

Secara lengkap, peta Jambi dapat anda lihat di bawah ini. Namun, jika anda kurang jelas, silahkan klik gambarnya untuk mendapatkan ukuran yang maksimal dan silahkan simpan di komputer atau ponsel anda.

Peta Provinsi Jambi
Peta Provinsi Jambi
Peta Atlas Jambi
Peta Atlas Jambi

Provinsi yang berbatasan dengan Jambi

Peta Regional

Letak Geografi dan Batas Wilayah

Provinsi Jambi terletak antara 0,45 derajat LU, 2,45 derajat LS dan 101,10 derajat – 104,55 derajat BBT. Luas wilayahnya sekitar 53.435 km persegi, dan menurut catatan sensus Indonesia tahun 2010 jumlah penduduknya telah mencapai 3.088.618 jiwa.   Jika dilihat dari peta, Jambi tidak memiliki wilayah yang luas. Adapun batas-batas provinsi Jambi adalah sebagai berikut :

  • Di sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Riau
  • Di sebelah Timur berbatasan dengan Selat Berhala
  • Di sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan
  • Di sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Bengkulu

Peta Interaktif provinsi

Peta interaktif hanya akan diakses dengan sempurna menggunakan PC/Laptop. Untuk melihat peta seluruh provinsi dan letaknya, silahkan menuju: Peta interaktif Indonesia

Peta Sumatra Lainnya

Pulau Sumatra memiliki kekayaan sumber daya alam yang tak ternilai harganya, Oleh karena itu, Jambi merupakan daerah yang subur makmur. Sampai saat ini, wilayah Jambi dibagi dalam 9 kabupaten dan 2 kota. Di bawah ini kami lampirkan pula nama-nama kabupaten dan kota.

Kabupaten dan kota di Jambi: Batanghari, Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Sarolangun, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Tebo, Kota Jambi, Kota Sungai Penuh

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Provinsi Jambi, silahkan kunjungi situs resminya di: www.jambiprov.go.id

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Jambi lengkap dengan nama kabupaten dan kota, semoga bermanfaat dan menjadikan catatan sejarah jikalau suatu saat nanti terjadi pemekaran atau penambahan jumlah kabupaten atau kota.

Pos terkait