Sejarah Negara

Website History

Menu

Ir Soekarno sang proklamator sejati

Februari 25, 2015 | Biografi

Soekarno atau Ir Soekarno merupakan sang proklamator Indonesia – Panggilan akrabnya adalah Bung Karno. Dari berbagai sumber sejarah dan biodata Soekarno yang di dapat penulis, Bung Karno lahir di Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901. Ia merupakan putra kedua dari Bapak Raden Sukemi Sosrodiharjo, seorang kepala sekolah, dan ibunya seorang putri dari Bali. Sejak kecil beliau sudah menampakkan jiwa kepemimpinan yang kuat. Ialah sang pembaca teks proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pada tahun 1927 Ir Soekarno bersama dengan Mr. Iskaq Cokrodisuryo, dr. Cipto Mangunkusumo, Mr. Budianto, dan Mr. Sunaryo mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI). PNI berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Bung Karno sering keluar masuk penjara, namun hatinya tetap teguh.

Bagaimana kiprah PNI dan organisasi-organisasi lainnya selengkapnya silahkan baca di artikel : Perjuangan secara nonkooperasi Indonesia

Ir. Soekarno pernah berkata “Seorang pemimpin tidak pernah berubah karena hukuman. Saya masuk penjara untuk memperjuangkan kemerdekaan, dan saya meninggalkan penjara dengan pikiran sama.” Sebagai tokoh pejuang, berbagai penderitaan yang dialaminya tidak pernah melumpuhkan daya juangnya yang selalu membara.

Pada masa pendudukan Jepang, Bung Karno bersama Bung Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K.H. Mas Mansyur mendirikan Pusat Tenaga Rakyat (Putera). Mereka dikenal sebagai Empat Serangkai. Setelah Indonesia merdeka, PPKI memilih Ir. Soekarno menjadi Presiden Republik Indonesia yang pertama. Selengkapnya tentang Putera bisa anda baca di artikel : Gerakan Tiga A dan Putera masa Jepang

Pada tanggal 21 Juni 1970, Soekarno meninggal dunia di Rumah Sakit Gatot Subroto, Jakarta. Jenazahnya dimakamkan di Blitar, Jawa Timur. Ir Soekarno adalah salah seorang pemimpin yang sangat besar jasanya kepada bangsa dan negara Republik Indonesia. Ia bersama teman-teman seperjuangannya telah membawa bangsa Indonesia ke pintu gerbang kemerdekaan.

Bagi generasi muda, agar lebih mengenal sosok beliau Sang Proklamator Sejati berikut kami sertakan beberapa foto Ir. Soekarno dalam berbagi pose.

Ir Soekarno sang proklamator sejati

Itulah sosok Ir Soekarno sang proklamator sejati sekaligus foto presiden Republik Indonesia yang pertama. Beliau merupakan tokoh kemerdekaan yang patut kita harga atas jasanya yang besar terhadap negeri ini.

Anda juga bisa melihat foto presiden RI lainnya pada artikel : Gambar presiden dan wakil presiden Indonesia

Semoga menjadikan semangat baru bagi generasi muda saat ini.

Related For Ir Soekarno sang proklamator sejati

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori