Dominika negara di bagian timur Karibia

Pulau Dominika yang terletak di bagian timur Karibia ini merupakan satu-satunya sisa permukiman orang Indian Karib di Benua Amerika. Orang Indian Karib semula menghuni sebagian besar pulau yang ada di Hindia Barat dan dengan gigihnya menentang kolonisasi orang Eropa di daerah itu.

Penduduk Dominika

Sebagian besar penduduk Dominika yang berjumlah 85.000 jiwa itu adalah keturunan orang kulit hitam atau berdarah campuran Afrika-Eropa. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi negara, tetapi suatu dialek Prancis juga banyak digunakan. Kebanyakan penduduk beragama Katolik Roma.

Kegiatan ekonominya sebagian besar adalah pertanian. Pisang, jeruk, kelapa, dan rempah-rempah merupakan tanaman perdagangan, tetapi kebanyakan penduduknya hidup dari lahan pertanian kecil dan menanam tanaman pangan untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Ikan merupakan bagian penting dalam menu makanan di pulau itu.

Sari buah limau, kopra, vanili, sandang, anggur, dan kerajinan anyaman jerami merupakan produk utama. Batu apung ditambang dan digunakan dalam pembuatan abu gosok dan bahan bangunan. Pihak pemerintah sedang menggalakkan peternakan unggas dan pariwisata.

Kunjungi di google map

Geografi Dominika

Dominika termasuk salah satu pulau Kepulauan Windward di Antilen Kecil. Wilayahnya 751 km2. Hutan tropis yang lebat mencakup sebagian besar pedalaman yang bergunung dari pulau vulkanis itu. Sejumlah besar sungai yang dangkal berfungsi sebagai sumber air minum dan listrik tenaga air.

Iklimnya nyaman antara bulan Desember dan Maret, tetapi menjadi sangat panas pada bulan Juli. Curah hujannya cukup tinggi, terutama di pegunungan. Roseau, ibu kotanya, terletak di pesisir baratdaya.

Sejarah dan Pemerintahan

Dominika ditemukan oleh Christopher Columbus pada tahun 1493. Orang Prancis bermukim di sepanjang pesisirnya pada pertengahan abad ke-18. Pulau itu direbut oleh Inggris pada tahun 1759, tetapi direbut kembali oleh Prancis pada tahun 1778, lalu dikembalikan ke tangan Inggris pada tahun 1783.

Pulau itu menjadi koloni Inggris di Kepulauan Leeward pada tahun 1871 dan dipindahtangankan kepada koloni Kepulauan Windward pada tahun 1940. Dominika merdeka penuh pada tahun 1967, setelah dijajah Inggris selama 100 tahun.

Pemerintah dipimpin oleh seorang perdana menteri, yang juga ketua partai yang memegang suara mayoritas dalam badan legislatif, yaitu Dewan Majelis.

Kepala negaranya adalah presiden yang dipilih oleh badan legislatif. Mary Eugenia Charles, yang memegang kekuasaan sejak tahun 1980, adalah perdana menteri wanita pertama di kawasan Karibia.

Diulas oleh THOMAS MATHEWS, Asosiasi Universitas dan Lembaga Penelitian Karibia.
Editor: Sejarah Negara Com