Saint Lucia negara pulau kecil di Laut Karibia

Saint Lucia disingkat St. Lucia adalah negara pulau yang kecil di Laut Karibia, termasuk salah mu pulau di Kepulauan Windward di Antilen Kecil. Pulau ini dianggap sebagai salah satu pulau yang paling murni dan indah di Hindia Barat, tumbuhannya yang lebat menghijau, pegunungannya yang megah, pantainya yang berpasir putih, dan iklimnya yang nyaman menjadikannya kawasan Wisata yang (M kenal. St. Lucia merdeka dari Inggris pada tahun 1979.

Sebagian dan penduduknya memboikot rangkaian upacara kemerdekaan itu dan mengajukan protes karena mereka tidak pernah diberi peluang memberikan suara guna menentukan apakah mereka memang mau merdeka.

Geografi Saint Lucia

Saint Lucia adalah sebuah pulau vulkanis seluas 616 km2 Pegunungan yang berhutan lebat itu menjulang tinggi dari permukaan laut, Pulau itu beriklim tropis yang nyaman dengan suhu rata-rata 26°C. Curah hujannya melimpah. Castries adalah ibu kota dan pelabuhan utama.

Kunjungi di google map

Penduduk dan Ekonomi

Sebagian besar penduduk Saint Lucia yang berjumlah Kurang lebih 130.000 jiwa itu adalah keturunan orang kulit hitam Afrika. Bahasa resmi negara adalah bahasa Inggris, tetapi banyak pula penduduk yang menggunakan dialek Prancis.

Tanah vulkanis yang subur itu sesuai untuk usaha tani. Pisang merupakan tanaman perdagangan utama Kelapa, cokelat, dan berbagai tanaman pangan juga ditanam di sana. Kayu yang diambil dari pepohonan di lereng gunungnya digunakan untuk membuat perabot rumah tangga. Penangkapan ikan dan kerajinan tangan merupakan industri tradisional. Pabriknya menghasilkan barang plastik dan sandang,

Sejarah Saint Lucia

Saint Lucia mula-mula dihuni oleh orang Indian Karib dan diperkirakan telah dikunjungi oleh Christopher Columbus pada tahun 1502. Para pemukim Prancis menandatangani sebuah perjanjian dengan orang Indian Karib pada tahun 1660.

Baik Inggris maupun Prancis mengklaim St. Lucia sebelum akhirnya diserahkan ke tangan Inggris pada tahun 1803. Pulau itu merupakan bagian koloni Inggris di Kepulauan Windward dan berpemerintahan sendiri pada tahun 1967.

Pada tahun 1979 negara itu merdeka penuh. Ratu Inggris, yang diwakili oleh gubernur jenderal, adalah kepala negaranya, sedangkan perdana menteri bertindak sebagai kepala pemerintahan. Badan legislatifnya adalah Dewan Majelis.

Setelah merdeka pemerintah melancarkan suatu program pembangunan yang ambisius yang mencakupi pembangunan sebuah kilang minyak dan pelabuhan bebas untuk industri. Pada tahun 1981 Organisasi Negara-Negara Karibia Timur yang baru dibentuk itu mendirikan markas besarnya di Castries.

Diulas oleh THOMAS MATHEWS Asosiasi Universitas dan Lembaga Penelitian Karibia.
Editor: Sejarah Negara Com