Panama negara yang kaya kebiasaan dan tradisi

  • Whatsapp

PANAMA – Selama 400 tahun, setelah penjelajah Spanyol Vasco Nunez de Balboa melintasi sebuah jalur tanah sempit dan menemukan Samudra Pasifik, Tanah genting Panama merupakan salah satu persimpangan jalan penting dunia, yang menghubungkan dua benua besar dan memisahkan dua samudra besar.

Pada tahun 1914, ketika kapal pertama memasuki Terusan Panama yang baru saja selesai, jalur tanah itu menjadi bertambah penting sebagai jalan terpendek antara Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.

Bacaan Lainnya

Meskipun sejarah Panama sebagian besar terbentuk oleh geografinya, negeri itu mempunyai latar belakang yang kaya akan kebiasaan dan tradisi, yang sama sekali terpisah dari posisinya sebagai jalan perdagangan penting. Lama sebelum Amerika Serikat mulai membangun Terusan itu, negeri itu telah membangun sifat khas yang membentuk kesatuan nasionalnya.

Sifat khas itulah yang sekarang hidup berdampingan dengan perubahan yang didatangkan oleh konstruksi ilmu bangunan yang sangat hebat yang berjalan memotong tanah genting. Budaya Panama adalah campuran dua tradisi: tradisi pedesaan, yang berorientasi pada Spanyol semasa penjajahan, dan tradisi modern, yaitu berbagai pengaruh teknologi masa kini.

Peta Panama

Kunjungi artikel Peta Panama atau di google map

Penduduk Panama

Panama adalah negeri orang muda, lebih dari 40% penduduknya berumur kurang dari 15 tahun. Kurang dari 1/2 jumlah penduduknya berdiam di kawasan pedesaan. Orang di kota itu canggih dan modern. Meskipun mereka datang dari berbagai latarbelakang, mereka hidup senang bersama-sama. Kebanyakan penduduk Panama adalah mestizo, atau berdarah campuran (biasanya Spanyol dan Indian). Sisanya adalah orang kulit hitam, kulit putih, Indian, atau Asia.

Walaupun bahasa Spanyol merupakan bahasa resmi, bahasa Inggris digunakan secara luas, karena bertahun-tahun Amerika Serikat mengelola Zone Terusan. Memang, karena lalu lintas internasional Zone itu, kota-kota di negara ini, dalam jumlah bahasa yang digunakan, mirip dengan New York, London, atau Jenewa.

Kontras dengan penduduk kota, penduduk Panama di komunitas pedesaan kecil masih hidup serupa benar seperti nenek moyang mereka. Penerimaan gagasan baru, khususnya di antara penduduk Indian, lambat. Suku utama Indian adalah Guaymi, yang berdiam dekat perbatasan Kosta Rika; Suku Cuna, yang sebagian besar tinggal di Kepulauan San Blas dan dekat berbagai sumber sungai yang mengalir ke Samudra Pasifik; serta suku Choco, yang tinggal di kawasan Darién.

Sekitar sepertiga pekerja Panama hidup dari pertanian. Selebihnya berdagang, bekerja di pabrik, industri jasa, perusahaan umum, pengangkutan, bangunan, dan kesehatan. Zone Terusan merupakan sumber dari sekurang-kurangnya 30% pendapatan nasional. Negara ini mengimpor sebagian besar kebutuhannya, yaitu produk manufaktur, peralatan mesin, bahan pengangkutan, produk sulingan minyak bumi, dan bahan makanan. Ekspor utama negeri itu adalah pisang, cokelat, kopi, udang, dan produk yang berasal dari sulingan minyak bumi.

Tradisi dan Budaya Panama

Kebanyakan orang Panama memeluk agama Katolik Roma, tetapi Gereja dan Negara terpisah, serta kebebasan agama dijamin oleh Konstitusi. Rasa keagamaan bangsa ini tercerminkan pada seringnya mereka merayakan hari libur agama.

Bangsa Panama menyukai pesta-pora dan selama perayaan itu orang dapat melihat mereka memakai pakaian tradisionalnya dan tarian rakyatnya yang mencerminkan aspek kehidupan yang amat beraneka warna di tanah genting itu. Tarian nasional negeri ini adalah tamborito, yaitu seorang pria dan seorang wanita-dikelilingi oleh satu lingkaran penari lain-pura-pura saling merayu selagi mereka menari. Bergiliran, pasangan lain berganti menari di dalam lingkaran.

Tarian itu dipertunjukkan dengan iringan caja dan pujador, yaitu genderang yang semula digunakan oleh para budak yang dibawa dari Afrika dan Hindia Barat selama zaman penjajahan. Selama me nari, penari wanita memakai pollera, pakaian putih panjang dan penuh dihiasi dengan sulaman atau montuna rok panjang dengan pola berbunga-bunga cerah yang dipakai dengan blus putih bersulam tanpa penutup bahu.

Kostum pria, montuno, yaitu kemeja katun putih panjang, dengan rumbai-rumbai atau hiasan sulaman, dan celana setinggi lutut. Tamborito khususnya populer selama Karnaval, yaitu masa pesta pora 4 hari yang mendahului Rabu Abuhari pertama Lent.

Suasana kosmopolitan kota-kota besar Panama tercerminkan pada variasi hidangan internasional yang dinikmati oleh rakyatnya. Namun, makanan di kawasan pedesaan serupa dengan apa yang dimakan oleh rakyat diseluruh Amerika Tengah. Dua hidangan setempat yang populer adalah SanCocho, sop yang dimasak dengan daging dan sayuran, serta tazajo, potongan daging lembu jantan yang dipukul-pukul dan dibakar serta dibubuhi saus tomat.

Minuman yang paling populer adalah chicha, minuman keras terbuat dari dasar jagung; bir yang diperas dari buah guanabana (buah soursop-pohon Amerika tropis); dan minuman yang disebut anggur palem (Iegen).

Di negeri ini, anak berumur antara 7 dan 15 tahun harus bersekolah. Terdapat dua universitas, kedua-duanya di kota negara, yaitu Universitas Panama, didirikan pada tahun 1935, dan Universitas Katolik Roma Santa Maria la Antigua, didirikan pada tahun 1965.

Sumbangan Panama pada kesenian belum banyak. Penyelidikan bidang arkeologi menghasilkan beberapa karya menarik dari era pra-Kolombia barang gerabah, seni batu, dan seni emas. Masa penjajahan menonjol dilihat dari beberapa bangunan gereja dan arsitektur pemerintah, tetapi banyak contoh terbaiknya dihancurkan ketika bajak laut Inggris Henry Morgan merampok kota Panama Lama.

Para penulis di tanah genting baru mulai memberikan sumbangan berarti kepada kesusastraan dunia pada awal abad ke-20. Di antara yang paling menarik dari kelompok ini adalah penyair Ricardo Miro. Penulis masa kini Panama yang paling terkenal adalah Demetrio Korsi, penyair, dan Rogelio Sinan, penyair dan novelis. Karya Korsi kadang-kadang berisi kritik terhadap pengaruh Amerika Serikat pada kebudayaan negeri ini. Karya Sinan bernada kosmopolitan yang mencerminkan perjalanan pengarang yang sangat luas.

Geografi Panama

Negara yang wilayahnya berbentuk seperti huruf S terbaring, merupakan satuan politik Amerika Tengah di sebelah paling selatan dan menghubungkan tanah genting Amerika Tengah dengan benua Amerika Selatan. Negeri ini dibatasi disebelah utara oleh Laut Karibia, di sebelah selatan oleh Samudra Pasifik, di sebelah timur oleh Kolombia, dan di sebelah barat oleh Kosta Rika. Panama mempunyai dua buah garis pantai tak rata yang ideal sebagai pelabuhan untuk lalu lintas laut.

Ciri pemandangan Panama yang paling menarik adalah tanah tinggi, yang meliputi lebih kurang dari 56% seluruh wilayahnya. Pegunungan utama, yang memanjang ke arah timur dari Kosta Rika, dalah Kordilera Tengah dengan puncak Chiriqui, atau Baru, gunung berapi tak aktif, yang merupakan puncak tertinggi.

Pegunungan sebelah barat kawasan Terusan adalah Serranfa de Tabasara, dengan ketinggian sekitar 900 m. Sebelah timur Terusan terdapat Cordillera de San Blas, yang menjadi Serranfa del Darién ketika pegunungan itu bertambah tinggi dan mendekati Kolombia. Di sebelah tenggara terdapat semacam lengkung gunung patah yang terbentuk oleh gunung Maje dan gunung Serrania de Sapo serta Tanah tinggi Aspave. Sisa tanah genting itu terdiri atas lembah dan bukit tinggi.

Kebanyakan sungai di Panama pendek. Yang paling terkenal adalah Sungai Chagres, yang dibendung Untuk membangun Danau Gatun, yang merupakan bagian dari sistem Terusan Panama. Panama mempunyai hutan yang termasuk paling luas di dunia, terbentang dari hutan pantai Karibia dengan hutan tropis yang lebat hingga

hutan semi-desidu di sepanjang pantai Pasifik. Tinggi pegunungan Panarha relatif rendah dan iklim tropis mengakibatkan tanam-tanaman tumbuh lebat di gunung. Di sana terdapat lebih kurang 2.000 jenis tanaman tropis dan penuh dengan binatang tropis serta binatang buruan.

Tanah genting itu dikelilingi oleh banyak pulau. Di antara kelompok pulau utama di sebelah Laut Karibia terdapat Kepulauan Bocas del Toro, sebelah utara Laguna Chiriqui, dan San Blas, atau Mulatas, terdapat kepulauan lepas pantai San Blas. Di sebelah Samudra Pasifik terdapat Kepulauan Mutiara, Pulau Taboga di Teluk Panama, dan pulau terbesar adalah Coibayang digunakan sebagai koloni hukuman.

Iklim Panama

Iklim Panama tropis dan, jika tidak bertiup angin terputus-putus dari utara, cuaca akan terus-menerus menggelisahkan. Ada dua musim, musim penghujan dari bulan Mei hingga Desember dan musim kemarau dari bulan Januari hingga April. Suhu rata-rata 27°C dan sangat lembap. Bulan terpanas adalah Mei dan bulan tersejuk adalah November. Rata-rata curah hujan tahunan kurang lebih 330 cm.

Negeri itu dibagi menjadi sembilan propinsi dan satu intendansi, atau reservat. Propinsi-propinsi itu dari barat sampai ke timur adalah Bocas del Toro, Chiriqui Veraguas, Los Santos, Herrera, Cocle, Colon, Panama, dan Darién. San Blas, sebuah daerah penampungan Indian, terdapat di bagian timurlaut negeri itu.

Transportasi

Sistem transportasi utama di Panama adalah Kawasan Terusan, Jalan Raya (Trans-Tanah Genting) Boyd-Roosevelt, Jalan Kereta Api, dan Jalan Raya Antar-Amerika, bagian sistem diusulkan pada organisasi Negara-Negara Amerika untuk menyelesaikan kesenjangan terakhir sistem jalan raya itu, antara rimba Darién di Panama dan Kolombia.

Baik Jalan Raya Boyd-Roosevelt maupun Jalan Kereta Api menghubungkan kedua kota terpenting, Kota Panama dan Colon. Keduanya merupakan dua tempat di Jalan Raya Antar-Amerika.

Kota besar di Panama

Kota Panama, di sebelah Pasifik tanah genting, adalah ibu kota republik. Kota itu juga merupakan pusat penting industri dan budaya. Kota aslinya, sekarang disebut Panama Lama, didirikan oleh Pedrarias Davila pada 15 Agustus 1519. Kota itu menjadi ibu kota Spanyol tanah genting dan berhasil menjadi pusat kekayaan dan perdagangan hingga kota itu hampir sepenuhnya dihancurkan oleh Henry Morgan pada awal tahun 1671.

Kini tinggal sedikit, selain reruntuhan, di antaranya yang paling mengagumkan adalah menara persegi empat-tingkat katedral Panama Lama, dan Jembatan Raya, jembatan lengkung batu yang dahulu merupakan jalan utama ke kota.

Kota baru didirikan pada tahun 1673, beberapa kilometer sebelah barat tempat lama ke arah pantai dan kota itu dibentengi secara kuat oleh bangsa Spanyol. Sejak waktu itu kemakmuran kota tersebut naik turun sesuai dengan arus perdagangan yang melintasi tanah genting. Terusan Panama telah memberikan kepada kota tersebut status ekonomi yang secara tetap menanjak.

Di antara berbagai tempat menarik dalam kota itu terdapat Avenida Central, jalan utama Kota, Teater Nasional, Istana Presiden, Plaza Kebebasan, dan Gereja San 1056, yang berisi altar emas dan dahulu dicat hitam oleh seorang rahib yang berdiam di Panama Lama. (Maksudnya untuk menyembunyikan nilai altar itu dari bajak laut Morgan).

Universitas Panama berada di pinggir kota El Cangrejo. Tempat penting lainnya adalah Colegio La Salle, tempat Simon Bolivar mengusulkan suatu Perserikatan Negara-Negara Amerika Selatan pada Kongres Pertama Bolivar pada tahun 1826.

Colon, pintu masuk Atlantik ke Terusan, merupakan pelabuhan utama dan kota terpenting di tanah genting sebelah Atlantik. Di kawasan ini hujan turun selama 9 bulan setiap tahun, tetapi selama musim kemarau, dari bulan Januari hingga Maret, iklimnya nyaman. Dekat dengan Colon terdapat Benteng San Lorenzo, yang berpemandangan Sungai Chagres dari atas. Benteng itu didirikan pada tahun 1597 dan dihancurkan oleh Henry Morgan pada tahun 1671. Danau Catlin juga terletak dekat Colon.

David, bagian tanah genting yang jauh di sebelah barat, berjarak sekitar 493 km dari Kota Panama dan dihubungkan dengan ibu kota oleh Jalan Raya Inter-Amerika. Kota itu merupakan pusat pertanian utama dan mempunyai hubungan kereta api dengan Pedregal dan Puerto Armuelles di sebelah Pasifik, kedua-duanya digunakan sebagai pelabuhan.

Pemerintahan

Panama adalah sebuah republik. Pemerintah yang sekarang didasarkan atas konstitusi yang diperbaiki pada tahun 1983. Presiden yang bertugas sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, dipilih secara langsung oleh rakyat untuk masa jabatan 5 tahun. Dua wakil presiden dipilih pada waktu yang sama.

Dewan menteri diangkat oleh presiden. Kekuasaan legislatif berada di tangan Majelis Legislatif, yang terdiri atas 67 anggota yang juga dipilih untuk masa jabatan 5 tahun. Anggota angkatan perang tidak diizinkan ikut dalam pemilihan. Tata hukum dikepalai oleh Mahkamah Agung, yang tersusun atas sembilan hakim yang diangkat selama masa jabatan 10 tahun.

Sejarah Panama

Sejarah Panama modern dimulai pada tahun 1501 dengan penemuan pantai Karibia oleh Rodrigo de Bastidas. Ia diikuti oleh Columbus, yang mendirikan Santa Marfa de Belén pada tahun 1503. Menjelang tahun 1510, bangsa Spanyol berdiam secara tetap di tanah genting.

Dengan dilanjutkannya penemuan Samudra Pasifik oleh Balboa pada 25 September 1513 dan dengan didirikannya Panama Lama oleh Pedrarias Davila pada tahun 1519, maka tanah genting menjadi wilayah yang strategis penting bagi bangsa Spanyol, yang menggunakannya sebagai pusat pengapalan bagi pengiriman harta benda dari Peru ke tanah air mereka.

Masa itu merupakan saat mulai timbulnya koloni penjajahan sebagai Nombre de Dios, San Felipe de Porto Belo (kemudian disebut Portobelo), dan Santa Maria la Antigua del Darién. Masa itu juga menunjukkan bahwa pelaut Inggris Sir Francis Drake dan Henry Morgan menunggu pantai Karibia. Penjarahan penting terakhir terjadi pada tahun 1739, ketika Admiral Edward Vernon dari Inggris membinasakan Portobelo.

Antara tahun 1717 hingga 1819, Panama merupakan bagian koloni Granada Baru Spanyol. Ketika koloni-koloni Amerika Latin memperoleh kemerdekaan, negeri ini menjadi bagian Kolombia.

Antara tahun 1879 dan 1904, Prancis mencoba tetapi tidak berhasil membangun terusan berdasarkan paras laut melintasi tanah genting. Setelah Senat Kolombia menolak mengesahkan perjanjian tahun 1903, yang akan mengizinkan Amerika Serikat membangun sebuah terusan, maka Panama menyatakan diri bebas dari Kolombia pada bulan November 1903, dan diakui oleh Amerika Serikat.

Kemudian republik baru mengesahkan perjanjian Hay-Bunau-Varilla, yang memberikan haknya atas terusan sekarang ini kepada Amerika Serikat. Pada tahun 1904 Panama merencanakan konstitusi pertamanya. Presiden pertama adalah Manuel Amador Guerrero.

Sejarah Panama pada abad ke-20 penuh dengan perselisihan politik intern dan, pada tiga kesempatan yang berbeda, Amerika Serikat mencampuri urusan intern. Campur tangan itu berhenti setelah tahun 1936, ketika Presiden Franklin D. Roosevelt memulai ”Kebijakan Bertetangga Baik” (Good Neighbor Policy)-nya terhadap Amerika Latin.

Namun, setelah Perang Dunia II bangsa Panama semakin menentang kehadiran Amerika Serikat di Zone Terusan dan menuntut perundingan kembali perjanjian 1903. Akhirnya, pada tahun 1977, Jenderal Omar Torrijos Herrera, Kepala Pemerintah, dan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter menandatangani perjanjian untuk menentukan syarat gabungan administrasi Terusan dan Amerika Serikat mulai tahun 1979 dan pengembangan paripurna Terusan kepada negeri ini pada 31 Desember 1999.

Perusahaan bisnis di Panama

CompanyIndustrySectorNotes
AeroperlasConsumer servicesAirlinesAirline, defunct 2012
Air Panamá InternacionalConsumer servicesAirlinesAirline, defunct 1990
Air PanamaConsumer servicesAirlinesRegional airline
Air Services CargoIndustrialsDelivery servicesCargo airline, defunct 2003
Alas ChiricanasConsumer servicesAirlinesCommuter airline, defunct 1995
Balboa Bank and TrustFinancialsBankingBanks
Banco Latinoamericano de Comercio ExteriorFinancialsBankingBanks
Copa AirlinesConsumer servicesAirlinesAirline, part of Copa Holdings
Copa HoldingsConsumer servicesAirlinesHolding company for Copa Airlines
DHL Aero ExpresoIndustrialsDelivery servicesCargo airline, part of DHL Express (Germany)
Grupo BanistmoFinancialsBanksMerged in 2007 with HSBC Bank (Panama)
HotfileTechnologyInternetFile hosting, defunct 2013
HSBC Bank (Panama)FinancialsBanksPart of HSBC (UK)
Mossack FonsecaIndustrialsBusiness support servicesLaw firm
National Bank of PanamaFinancialsBanksState bank
NordVPNTechnologyInternet/OnlineVPN
PanaviaIndustrialsDelivery servicesCargo airline, defunct 2006
Primer Banco del IstmoFinancialsBanksDefunct 2009

Universitas terbaik di Panama

  1. University of Panama
  2. ABAB University
  3. University of Swahili
  4. Technological University
  5. Universidad Católica Santa María La Antigua
  6. West Coast University
  7. Polytechnic University of Central America
  8. Florida State University
  9. ISAL institute

Universitas di Kota Panama

  1. Universidad Americana
  2. Universidad del Isthmo
  3. Universidad Hosanna
  4. Quality Leadership University
  5. Universidad Midrasha Jorev
  6. Interamerican University
  7. Universidad Hispanoamericana
  8. Universidad Latinoamericana de Comercio Exterior
  9. Universidad Euroamericana
  10. Universidad Internacional de Ciencia y Tecnología
  11. Commonwealth University

RAFAEL E. MOSCOTE, Universitas Panama
Editor: Sejarah Negara Com

Panama negara yang kaya kebiasaan dan tradisi

Pos terkait