Sri Prakash Lohia

  • Whatsapp

Sri Prakash Lohia adalah pendiri dan ketua Indorama Corporation, sebuah perusahaan petrokimia dan tekstil. Ia lahir di Kolkata, India, 11 Agustus 1952; umur 68 tahun.

Sri Prakash dibesarkan di India, tetapi sebagian besar hidup dan profesinya dihabiskan di Indonesia sejak tahun 1974. Tahun 2013, Forbes menobatkannya sebagai orang terkaya ke-6 di Indonesia dengan kekayaan bersih US$3 miliar.

Bacaan Lainnya

Sri Prakash Lohia lahir dari pasangan Mohan Lal Lohia dan Kanchan Devi Lohia, dengan tiga saudara Om, Ajey (Ajay Prakash), dan Aloke (Alok atau Anil Prakash), dan satu saudari Aruna.

Tahun 1971 Lohia lulus dari University of Delhi dengan gelar Bachelor of Commerce.

Tahun 1973, Lohia pindah ke Indonesia bersama ayahnya, Mohan Lal Lohia, dan merintis Indorama Synthetics, sebuah pemintalan benang tahun 1976. Tahun 1991, Indorama Synthetics mulai mengembangkan sayapnya dengan merambah industri serat poliester. Dan Resin poliester botol (PET) mulai diproduksi tahun 1995.

Tidak berhenti di situ, tahun 2006, Sri Prakash Lohia mengakuisisi pabrik olefin terintegrasi di Nigeria dan saat ini merupakan perusahaan petrokimia terbesar di Afrika Barat sekaligus produsen olefin terbesar kedua di benua Afrika.

Indorama Corporation adalah perusahaan holding utama milik Lohia yang berkantor pusat di Singapura.

Tahun 2012, Lohia dianugerahi Pravasi Bharatiya Samman Award (Overseas Indian Award) oleh Presiden India.

Setahun berikutnya, 2013, Lohia adalah miliarder terkaya ke-395 di dunia dengan kekayaan bersih sebesar $3,4 miliar (versi majalah Forbes).

  • Sri Prakash Lohia menghasilkan banyak kekayaan dengan memproduksi PET dan petrokimia lainnya.
  • Pada 1970-an dia dan ayahnya pindah dari India ke Indonesia, di mana mereka mendirikan Indorama sebagai pembuat benang pintal.
  • Sekarang menjadi pembangkit tenaga listrik petrokimia, membuat produk industri termasuk pupuk polyolefins, bahan baku tekstil dan sarung tangan medis.
  • Lohia tetap menjadi ketua tetapi tinggal di London. Putranya Amit adalah wakil ketua.
  • Adik laki-lakinya Aloke Lohia, juga seorang miliarder, tinggal di Thailand, di mana ia menjalankan pembuat polimer PET Indorama Ventures Public Co.
NamaSri Prakash Lohia
Lahir11 Agustus 1952 (umur 68), Kolkata, India
Tempat tinggalLondon, Britania Raya
Warga negaraIndonesia
PendidikanBachelor of Commerce
AlmamaterUniversity of Delhi, 1971
PekerjaanPengusaha
OrganisasiIndorama Corporation
Dikenal atasPendiri dan ketua Indorama Corporation
Kekayaan bersih5,2 miliar USD (2020)
Suami/istriSeema Lohia
Anak2 (Amit Lohia, Shruti Hora)
Situs webwww.indorama.com

Pos terkait