7 langkah awal menjadi penulis lepas bagi pemula

  • Whatsapp

Tanjung News – Menulis artikel di blog atau Website adalah cara yang mudah untuk menambah penghasilan dari rumah. Jika anda suka menjelajah internet, anda akan banyak menemui orang-orang yang sukses hanya menjadi penulis lepas dari rumah, dan ini merupakan salah satu bisnis yang jarang dilirik oleh kebanyakan orang.

Menulis di blog atau website berbeda dengan menulis offline, harus memenuhi berbagai persyaratan yang membuat sebagian orang mengurungkan langkahnya untuk berjalan menuju tangga kesuksesan dari tarian jemari tangannya.

Bacaan Lainnya

Tetapi jangan khawatir, banyak orang sukses menjadi penulis lepas meski sebelumnya tak punya bekal yang memadai. Jika anda benar-benar berangkat dari nol pastilah tulisan masih berlepotan, penggunaan kosa kata yang tidak menarik, penataan kalimat yang berantakan dan masih banyak lagi.

Tetapi, kesemuanya itu bukanlah alasan untuk berhenti dan memvonis diri tidak memiliki bakat menulis. Niat dan tekad yang kuat akan menuntun kita ke sana. Jika anda memang berniat menjadi penulis lepas, ikuti langkah-langkah berikut:

7 langkah awal menjadi penulis lepas bagi pemula

1. Buatlah ruang kantor anda sendiri

Langkah pertama untuk menjadi penulis lepas, hal pertama anda membutuhkan ruangan terpisah yang tenang dan nyaman. Jika Anda belum memilikinya, siapkanlah kantor di rumah anda sendiri dengan kursi yang nyaman, meja yang luas, dan pencahayaan yang cukup.

Membeli laptop atau PC dengan sistem yang memadai, dengan komputer yang handal akan membantu mempercepat pekerjaan anda. Bayangkan jika ketika anda sedang mengetik tiba-tiba komputer macet, bukankah itu sangat mengganggu? Angan-angan yang telah mengalir ke jari tiba-tiba berhenti dengan perasaan dongkol.

Beli program akuntansi cloud ringan seperti Quick books. Anda akan membutuhkannya setelah memiliki lebih dari beberapa klien.

2. Mulailah Dengan Platform Copywriting Freelance

Jika pertama kali anda mulai bekerja sebagai penulis lepas, pasti akan terkejut mengetahui betapa banyaknya pekerjaan menulis lepas yang tersedia untuk diambil.

Anda akan menemukan pekerjaan di puluhan situs web terkemuka, dari platform freelance tujuan umum seperti Upwork hingga portal khusus menulis seperti Textbroker. Atau jika kalau anda di Indonesia kita akan dengan mudah menemukannya, salah satu contohnya adalah IDN Times.

Ada kemungkinan sebagai penulis pemula penghasilan anda sangat kecil, atau bahkan tidak akan dimuat sama sekali. Karenanya, belajar konsisten dan banyak membaca adalah faktor penting untuk mengantarkan anda menjadi seorang penulis handal.

3. Bangunlah Portofolio

Menambahkan karya awal anda ke portofolio tulisan sangat penting. Semakin banyak karya yang anda hasilkan, semakin banyak variasi yang harus ditunjukkan kepada klien di masa mendatang.

Saat portofolio berkembang, gunakan situs web profesional atau platform pemasaran konten seperti Contently untuk mempresentasikan karya anda secara publik.

4. Menjadi Mesin Kueri

Setelah Anda mendapatkan kepercayaan pada platform copywriting freelance dan membangun portofolio sederhana, cari perusahaan yang secara aktif mengiklankan penulis, baik publikasi tradisional maupun perusahaan dengan kebutuhan konten yang jelas, seperti perusahaan PR.

Lakukan penelitian tentang membuat dan mempersonalisasikan surat permintaan, yang merupakan bentuk seni itu sendiri. Kemudian, mulailah mengirimkan pertanyaan ke blog, majalah, harian, dan organisasi haus konten lainnya yang sesuai dengan gaya penulisan dan basis pengetahuan Anda.

Jika Anda mencari karya byline, setiap kueri harus menyertakan nada yang jelas untuk satu artikel atau seri artikel. Untuk pertunjukan di belakang layar, seperti teks iklan ghostwriting atau siaran pers, ringkas dan komunikasikan proposisi nilai anda. Jangan cemas jika tidak ada tanggapan. Ini adalah permainan angka, dan lebih banyak kueri akan diabaikan.

5. Bersikaplah Konsisten dan Profesional

Bahkan jika anda hanya mencoba mendapatkan beberapa uang tambahan per minggu, dekati pekerjaan menulis lepas dengan konsistensi dan profesionalisme yang sama seperti yang anda terapkan pada posisi jalur karier.

Klien menghormati penulis rajin dan handal, dan secara teratur menghasilkan karya yang melebihi harapan. Jika Anda mempertahankan kesepakatan akhir, klien anda akan lebih banyak memberikan pekerjaan. Saat anda semakin sibuk, dapat dengan aman meninggalkan aplikasi yang tidak menghargai usaha anda.

6. Ketahui apa yang harus diisi

Menetapkan tarif menulis lepas sangat menantang. Nilai pekerjaan Anda bergantung pada banyak faktor, termasuk gaya dan kualitas tulisan Anda, kekuatan materi pelajaran dan kredensial profesional, keterampilan penelitian, kecepatan produksi, dan kemampuan anda untuk mengerjakan tepat waktu.

Sebagai aturan praktis, profesional berlisensi (seperti pengacara, CPA, dan dokter) dapat meminta bayaran lebih dengan keterampilan menulis di atas rata-rata.

Tetapi jangan berasumsi bahwa potensi penghasilan anda statis. Saat mendapatkan keterampilan dan keakraban dalam ceruk Anda atau dengan kebutuhan klien individu dan visibilitas profesional meningkat, anda akan menjadi lebih berharga bagi klien saat ini dan masa depan.

7. Lindungi diri Anda dengan kontrak

Anda tidak harus menjadi pengacara untuk menyusun kontrak freelance yang dapat diberlakukan. Anda hanya perlu mencari template kontrak freelance yang sah dan memodifikasinya untuk digunakan.

Tidak masalah menggunakan kontrak yang disediakan klien selama Anda memeriksanya secara menyeluruh, mengajukan pertanyaan yang kurang jelas, dan mencari nasihat pengacara jika meragukannya.

Kesimpulan

Menjadi penulis baik offline bukan sesuatu yang sulit, namun bukan pula menjadi sesuatu yang mudah. Semua tinggal niat dan tekad anda untuk menuju ke sana.

Kesabaran dan kemauan untuk terus belajar merupakan kunci utama untuk menjadi penulis lepas yang handal. Penulis lepas yang sukses akan melalui berbagi kendala dan permasalahan yang mampu dilewatinya dengan tenang dan sabar.

Baca juga:

Pos terkait