Kartu Prakerja, Bagaimana cara mendapatkannya?

  • Whatsapp
Kartu Prakerja Bagaimana cara mendapatkannya

Tanjung NewsKartu Prakerja merupakan program unggulan yang dikeluarkan Presiden Jokowi di masa Pandemi Covid-19 yang ditujukan bagi para atau bahkan para buruh yang terkena PHK alias pemutusan hubungan kerja.

Sejak program ini diluncurkan, gelombang 1 hingga gelombang 4, pemerintah telah mencatat setidaknya ada 1.480.000 peserta yang telah menerima manfaat dari Kartu Prakerja.

Bacaan Lainnya

Program kartu pra kerja Jokowi ini memang dirancang sebagai bantuan pelatihan untuk memberikan bekal bagi para pekerja yang tengah bersiap mencari pekerjaan baru, meskipun pada prakteknya tidak sedemikian bakunya.

Baca juga: e-FORM BRI: Cek nama Anda, BLT UMKM

Kartu Prakerja Bagaimana cara mendapatkannya

Apa itu Kartu Prakerja?

Dilansir dari prakerja.go.id, Program Kartu Prakerja adalah adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Program prakerja dirancang sebagai sebuah produk yang dikemas untuk memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Dengan melalui digital marketplace diharapkan memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi.

Dengan cara ini diharapkan produk menemui jalan terus untuk diperbaiki, tumbuh. Program ini merupakan wujud kerjasama antara pemerintah dan swasta dalam rangka melayani masyarakat berdasarkan semangat gotong royong untuk Indonesia maju.

Untuk siapa Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja tidak fokus kepada masyarakat yang mencari pekerjaan, tetapi juga ditujukan bagi mereka yang tadinya bekerja lalu terkena PHK dan para pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti mereka yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk para pelaku usaha mikro dan kecil.

Lebih jelasnya, semua warga negara Indonesia yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar. Namun, dalam rangka untuk merespon dampak COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.

Persyaratan Kartu Pra Kerja

Memang disebutkan di atas bahwa semua warga negara Indonesia yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar untuk mendapatkan Kartu Prakerja, tapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti di bawah ini:

  1. Bukan sebagai Pejabat Negara
  2. Bukan sebagai Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  3. Bukan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN)
  4. Bukan sebagai Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  5. Bukan sebagai Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  6. Bukan sebagai Kepala Desa dan perangkat desa; dan
  7. Bukan sebagai Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Bagaimana cara mendapatkan kartu Pra Kerja

Untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja sebenarnya tidak sulit, langkah yang perlu anda lakukan adalah anda hanya butuh koneksi internet, kemudian mendaftar dengan cara mengakses laman resminya di www.prakerja.go.id ketika pendaftaran telah dibuka.

Jika telah dibuka, segera akses situs tersebut, buatlah akun dan ikuti tes hingga selesai. Sepertinya memang mudah, namun tidak demikian faktanya. Karena mungkin banyaknya pengakses, website tersebut terkadang terjadi error. Kasus yang paling sering terjadi adalah user tidak bisa log in.

Cara Registrasi Kartu Pra Kerja

Jika anda telah memenuhi dari yang disyaratkan maka langkah selanjutnya silahkan lakukan registrasi Kartu Prakerja.

Membuat akun

Di bawah ini adalah langkah-langkah membuat akun Kartu Prakerja di prakerja.go.id yang benar, valid, dan cepat:

  1. Silahkan buka web resmi: prakerja.go.id
  2. Tulis/input alamat email atau nomor ponsel
  3. Klik Daftar
  4. Pilih metode verifikasi
  5. Periksa ponsel dan masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan lewat email atau SMS.
  6. Pendaftaran berhasil
  7. Pemohon telah berhasil membuat akun

Pendaftaran dan Tes Prakerja

Jika anda telah berhasil membuat akun, yang harus dilakukan selanjutnya adalah mendaftarkan diri agar masuk ke dalam program- program Kartu Prakerja. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Buka kembali prakerja.go.id
  2. Silahkan Login (masuk) dengan email maupun password anda
  3. Klik Daftar Kartu Pekerja
  4. Isilah formulir pendaftaran
  5. Klik Selanjutnya
  6. Silahkan ikuti tes kemampuan dasar. TIPS: Baca dengan seksama dan hati-hati untuk menjawab semua pertanyaan.
  7. Klik Selesai
  8. Terakhir, jika telah menyelesaikan pendaftaran, mengisi formulir dan menjawab tes dasar, anda akan menerima notifikasi (pemberitahuan) berikutnya di dalam akun.

Tes akan segera dilakukan saat proses pendaftaran, jadi sebaiknya siapkan koneksi internet yang stabil untuk menjawab semua pertanyaan tes.

Bagi yang telah lolos tes maka akan di terima pada program Kartu Prakerja. Seleksi dijalankan pada periode dan kuotanya tersendiri yang ditujukan bagi 5,6 juta peserta pada tahun 2020. Bagi peserta yang lolos seleksi namun kuota telah penuh, peserta dapat melakukan kembali pendaftaran ulang pada periode berikutnya.

Namun, anda tidak perlu lagi memasukkan semua data, karena data yang telah diinput sebelumnya telah terekam didatabase website prakerja. Apabila anda tidak mendapatkan program yang diinginkan pada pendaftaran periode pertama, anda tetap diperbolehkan mengulang kembali.

Apa saja keuntungan kartu pra kerja?

Apabila anda diterima pada program Kartu Prakerja, apa saja keuntungan yang anda dapatkan? Berikut keuntungan yang akan anda dapatkan.

  1. Efektivitas kerja
  2. Lebih produktif
  3. Standarisasi prosedur
  4. Minim pengawasan
  5. Lebih terampil
  6. Moral yang baik
  7. Menggunakan keterampilan secara sistematis

Video Cara mendapatkan Kartu Prakerja

Bagaimana cara mendaftar Kartu Prakerja?

Pos terkait