Sejarah Bhutan Tahun 1989

Sejarah Negara Bhutan Tahun 1989 – Sejarah awal negara Bhutan masih gelap. Sekitar tahun 1630, Dukpa Lama yang lari dari Tibet mengangkat diri menjadi raja (Dharma Raja) pertama, dan untuk membantunya dalam pemerintahan ia mengangkat seorang pembantu raja (Dev Raja) dan empat gubernur provinsi (ponlop).

Dalam abad ke-19, Dharma Raja dan Dev Raja menjadi tidak lebih dari sekedar pion dalam perebutan kekuasaan antara ponlop Tongsa dan ponlop Paro. Dengan persetujuan Inggris, ponlop Tongsa mendirikan kerajaan keluarganya (1970).

Tuntutan RRC atas Bhutan dan pemberantasan agama Budha di Tibet membuat negeri ini mencari jaminan dari negara India untuk pertahanannya.

Yang perlu diketahui

Yang perlu diketahui tentang Negara Bhutan

  • Nama: Bruk-Yul
  • Ibu Kota: Thimpu
  • Luas: 47.000 km2
  • Penduduk: 1.538.000 (1989), dengan kepadatan penduduk 33/km2
  • Bahasa: Dzongka (resmi), Bumthangka, Sarchapkkha, Nepal
  • Agama: Budha (resmi), Hindu, Islam
  • Pemerintahan: Kerajaan, Kepala Negara: Raja, Kepala Pemerintahan: Raja 
  • Satuan mata uang: Ngultrum (NU)

Bhutan merupakan negara kecil yang terkurung daratan, terletak di Pegunungan Himalaya Timur, dengan batas-batasnta sebaga berikut: Sebelah utara berbatasan dengan RRC, dan sebelah timur, selatan, barat berbatasan dengan India.

Bendera

Bendera Negara Bhutan bisa dikatakan sederhana, hanya terdiri dari dua warna utama yaitu kuning dan merah dan di tengahnya terdapat gambar naga putih berkaki empat masing-masing mencengkeram benda bulat. Selengkapnya tampak seperti di bawah ini:

Bendera Bhutan
Bendera Bhutan

Lambang

Seperti negara-negara di dunia lainnya, Bhutan juga memiliki sebuah lambang atau ikon, atau ada juga yang menyebutnya emblem. Adapun lambang tersebut tampak seperti gambar di bawah ini:

Lambang Bhutan
Lambang Bhutan

Peta Negara

Agar lebih jelas kali ini sejarah negara melampirkan 2 Peta Negara Bhutan lengkap dengan nama kota dan batas wilayah, seperti yang tampak di bawah ini.

Peta Negara Bhutan
Peta Negara Bhutan

Artikel Terkait