Zoom merencanakan penjualan saham senilai $ 1,5 miliar

  • Whatsapp
Zoom merencanakan penjualan saham senilai $ 1,5 miliar

Zoom mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka berencana untuk mengumpulkan $ 1,5 miliar dalam penjualan saham sekunder, menilai sahamnya 10 kali di atas tempat debutnya pada tahun 2019.

Perusahaan obrolan video, yang telah menjadi penerima manfaat utama dari ledakan pekerjaan jarak jauh selama pandemi Covid-19, mengasumsikan harga saham $ 337,71, berdasarkan penutupan hari Senin. Zoom go public kurang dari dua tahun lalu, menjual saham dengan harga $ 36 . Ia berharap bisa menjual sekitar 4,4 juta saham baru.

Zoom memanfaatkan lonjakan minat investor setelah nilai saham berlipat lima tahun lalu, ketika produk andalan perusahaan menjadi nama rumah tangga. Zoom memang sudah menguntungkan, tapi penjualan saham akan membebani neracanya. Pada Oktober, perusahaan memiliki $ 730,5 juta kas dan setara, naik dari $ 283,1 juta pada Januari.

Dengan kapitalisasi pasar mendekati $ 100 miliar, Zoom memiliki ekuitas untuk melakukan akuisisi yang signifikan.

Penjualan sekunder akan memberikan modal untuk menggabungkan uang tunai dan berpotensi membuat kesepakatan lebih menarik bagi target. Zoom mengatakan pihaknya berencana menggunakan uang itu untuk biaya operasional dan belanja modal, dan “mungkin juga menggunakan sebagian dari hasil bersih untuk akuisisi atau investasi strategis dalam bisnis, produk, layanan, atau teknologi pelengkap.”

Sementara valuasi Zoom berlipat ganda 10 kali lipat sejak IPO-nya, perusahaan itu secara signifikan meleset. Sejak memuncak pada $ 568,34 pada pertengahan Oktober, saham Zoom telah turun lebih dari 41%, mengambil pukulan terbesar mereka pada laporan bahwa vaksin Covid-19 sangat efektif dan akan segera diluncurkan ke pasar.

Pertumbuhan pendapatan Zoom telah mencapai 350% di masing-masing dua kuartal terakhir, dan perusahaan mengatakan dalam laporan pendapatan terbarunya pada November bahwa pertumbuhan fiskal kuartal keempat akan mendekati 330%. Pada pertengahan tahun, pertumbuhan diperkirakan akan melambat secara dramatis karena perusahaan harus menghadapi perbandingan yang jauh lebih ketat dan kemungkinan orang akan kembali ke kantor.

Saham Zoom naik 5,7% menjadi $ 356,81 pada penutupan hari Selasa.

Poin Utama

  • Zoom mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka akan menjual sekitar 4,4 juta saham dalam penawaran sekunder untuk mengumpulkan $ 1,5 miliar.
  • Perusahaan tersebut mengatakan sebagian dari hasil penjualan dapat digunakan untuk “akuisisi atau investasi strategis.”
  • Zoom mengasumsikan harga saham $ 337,71, berdasarkan harga penutupan hari Senin.

Pos terkait