Ternyata menikah menjadi Penguat Ibadah

  • Whatsapp

Ternyata menikah menjadi Penguat Ibadah – Apa kabar lagi sahabat? Baiklah, langsung saja, ternyata menikah itu dapat menguatkan ibadah lho. Yap, kita masih membahas mengenai tujuan mulia dari sebuah pernikahan yah. Dan ini ada kaitannya dengan ibadah kita.

Seperti disebutkan dalam artikel sebelumnya, bahwa menikah itu dicontohkan oleh para Rasul. Karena, itu juga sekaligus merupakan bagian dari ajaran-ajaran yang dibawa oleh para utusan Allah SWT. Secara tidak langsung, dapat dikatakan bahwa pernikahan merupakan sunah Rasul sekaligus merupakan salah satu perintah Allah SWT.

Sempurna Separuh Agamanya dengan Menikah

Sahabat tentu ingat dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang satu ini:

“Apabila seorang hamba telah menikah maka telah sempurna separuh agamanya, maka takutlah kepada Allah SWT untuk separuh sisanya.” (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman).

Dengan terpenuhinya separuh agama kita, maka ibadah kita akan menguat. Karena kekuatan telah Allah SWT tambahkan dengan kehadiran pasangan disamping kita. Akan ada yang mengingatkan ketika ibadah kita kendor. Akan ada teman berbagi untuk saling suport dalam menambah amalan-amalan soleh ketika sudah berumah tangga.

Baca juga: Menikah Menjaga Kehormatan Diri

menikah menjadi Penguat Ibadah

Menikah Menjadikan Kepala Keluarga Kuat Ibadahnya

Ini yang seharusnya terjadi, khususnya bagi anda seorang laki-laki. Anda akan menjadi kepala keluarga kelak. Dan dengan menikah, ibadah anda akan menguat. Tentu dengan berbagai motivasi yang melatarbelakanginya. Bisa karena malu oleh istri dan anak. Ingin membuka pintu rejeki. Atau yang paling mendasar adalah mengharapkan Ridho Allah SWT supaya mampu membawa gerbong pernikahan menuju jalan yang di Ridhoinya.

Berbeda sekali bila anda masih lajang, ibadah biasanya cenderung leha-leha dan bermalasan. Kecuali yang memang mengazamnkan dirinya untuk selalu taat kepada Allah SWT.

Namun, dari pengalaman saya pribadi sangat jauh sekali perbedaanya, antara masih membujang dengan setelah memiliki istri. Jauh lebih semangat beribadah setelah menikah. Karena, semua berkaitan dengan kekuatan yang dibutuhkan untuk mengelola dan memimpin biduk rumah tangga. Itu semua hanya akan didapat dari pertolongan Allah SWT. Bantuan Allah SWT akan datang ketika kita makin dekat dengan-Nya lewat ibadah dan amalan soleh kita.

Semoga semangat ibadah ini senantiasa dapat kita jaga. Bagaimana sahabat semua? Jelas sekali yah, ternyata pernikahan itu dapat menguatkan ibadah kita dihadapan Allah SWT.

Salam sukses untuk anda semua.

Barokallah.

Pos terkait