Peta Jawa Lengkap keterangannya

Peta Jawa – Jawa adalah sebuah wilayah memanjang dari barat ke timur yang terbagi menjadi beberapa provinsi. Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.

Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 6 provinsi, yaitu: Provinsi Banten, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.

Bacaan Lainnya

Gambar Google map Jawa

Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya besar, namun kami buat kecil karena mungkin akan memberatkan untuk dibuka.

Untuk mendapatkan peta Jawa dengan ukuran maksimal silahkan klik DOWNLOAD atau klik petanya, kemudian anda simpan di komputer atau ponsel dan zoom dengan maksimal, maka akan tampak peta yang jelas dan akurat.

Dari peta Pulau Jawa di bawah ini anda bisa melihat peta jalur mudik lebaran, di mana letak kota-kota yang anda tuju mulai dari ujung Jawa Barat sampai ujung Jawa Timur. Dari Peta Jawa di bawah ini anda juga bisa melihat di mana letak gunung, pegunungan, hutan, maupun sungai yang menghampar.

Agar lebih detail berikut gambar peta pulau Jawa (Silahkan klik gambar untuk mendapatkan ukuran maksimal) atau klik download yang disediakan:

Kumpulan Peta Jawa

Untuk mendapatkan peta ukuran besar atau versi HD silahkan klik download di bawah ini:

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya
Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Regional

Peta Jalan Pulau Jawa
Peta Jalan Pulau Jawa
Peta Buta Pulau Jawa
Peta Buta Pulau Jawa

Batas Wilayah

Pulau Jawa adalah pulau di Indonesia dengan luasnya menempati urutan ke-13 di dunia. Jumlah penduduknya kurang lebih 160 juta jiwa, dan merupakan pulau berpenduduk terbanyak dan terpadat di dunia. Meskipun hanya menempati urutan terluas ke-5.

Pulau Jawa merupakan pulau yang relatif muda dan sebagian besar wilayahnya terbentuk dari aktivitas vulkanik. Gunung api berderet dan membentang dari timur sampai barat pada pulau ini, dan dataran endapan aluvial sungai berada di bagian utara.

Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut:

  • sebelah barat: Selat Sunda
  • sebelah timur: Selat Bali
  • sebelah utara: Laut Jawa
  • sebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia

Letak Geografis

Pulau Jawa terletak bagian tengah dan selatan Republik Indonesia, berbentuk memanjang dari barat ke timur. Sebelah barat berbatasan dengan selat sunda, sebelah selatan dengan Samudera Indonesia, sebelah timur dengan selat Bali dan sebelah utara dengan laut Jawa.

Lebih detail mengenai Pulau Jawa silahkan perhatikan tabel di bawah ini:

LokasiAsia Tenggara
Koordinat7°30′10″LS,111°15′47″BT
KepulauanKepulauan Sunda Besar
Luas138.793,6 km² (53.588,5 mil²)
Titik tertinggi3.676 meter (12.060 kaki)
Puncak tertinggiSemeru
Pemerintahan 
NegaraIndonesia
ProvinsiBanten
 Daerah Khusus Ibukota Jakarta
 Jawa Barat
 Jawa Tengah
 Jawa Timur
 Daerah Istimewa Yogyakarta
Kota terbesarJakarta dan Surabaya
Demografi 
Populasi160.293.748 (per 2015)
Kepadatan1.317 jiwa/km
Kelompok etnisSuku Jawa (termasuk Cirebon, Osing, Tengger)
 Suku Madura (termasuk Kangean)
 Etnis campuran Jawa-Madura (Pendalungan)
 Suku Sunda (termasuk Baduy dan Banten)
 Suku Betawi
 Minoritas Tionghoa, Arab, dan India (dari berbagai asal-usul suku bangsa)

Dari peta di atas mungkin ada yang kurang jelas, maka silahkan lihat pada google map.

Peta Interaktif provinsi

Peta interaktif hanya akan diakses dengan sempurna menggunakan PC/Laptop. Untuk melihat peta seluruh provinsi dan letaknya, silahkan menuju: Peta interaktif Indonesia

Pembagian Wilayah

Sampai saat admin menuliskan ini Pulau Jawa di bagi menjadi lima provinsi yang tersebar di seluruh wilayah, yang meliputi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan Jawa Timur.

Bagi anda yang suka Traveling, setiap provinsi di Pulau Jawa memiliki tempat wisata menarik. Untuk menjelajah silahkan lihat peta masing-masing provinsi di bawah ini:

1. Peta Banten

Peta Banten lengkap 4 Provinsi dan 4 Kota
Peta Banten lengkap 4 Provinsi dan 4 Kota

Banten adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Jawa bagian paling barat. Sebelum menjadi provinsi mandiri, Banten merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat. Setelah adanya Pemekaran Provinsi tahun 2000, dengan keputusan UU Nomor 23 Tahun 2000, wilayah ini menjadi provinsi mandiri dengan Pusat pemerintahannya di Kota Serang.

2. Peta Jawa Barat

Peta Jawa Barat

3. Peta Jakarta

Peta Wilayah Provinsi DKI Jakarta
Peta Wilayah Provinsi DKI Jakarta

4. Peta Jawa Tengah

Peta Jawa Tengah HD

5. Peta Yogyakarta

Peta Yogyakarta
Peta Yogyakarta

6. Peta Jawa Timur

Peta Jawa Timur HD
Peta Jawa Timur HD

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Pulau Jawa dengan keterangannya. Semoga menambah pengetahuan kita semua. Baca juga peta lainnya:

Pos terkait