Cara memilih Software Dropship Otomatis

Diposting pada 115 views

Panduan ini akan menjelaskan cara menggunakan software otomatis dropship dan bagaimana dapat meningkatkan bisnis e-commerce dropshipping Anda. Dropshipping adalah model e-niaga di mana Anda tidak perlu memikirkan inventaris dan membeli barang yang dipesan pelanggan dari pemasok pihak ketiga, yang kemudian anda memenuhi pesanan atas nama Anda.

Software dropship mengotomatiskan beberapa tugas e-niaga, seperti pembaruan daftar produk, pemberitahuan pesanan pemasok, dan pelacakan pesanan. Fitur yang harus dicari dalam perangkat lunak dropshipping meliputi otomatisasi pemasok, pelacakan pesanan, dan manajemen sumber. Artikel ini ditujukan bagi pemilik bisnis e-niaga yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang dropshipping dan cara mengotomatiskannya melalui software.

Dropshipping dapat mengurangi overhead bulanan perusahaan e-niaga Anda. Software dropship otomatis akan mempersingkat proses dropshipping dan meminimalkan kesalahan manusia. Ini sama-sama berguna untuk dropshippers lama, perusahaan e-commerce yang baru mengenal dropshipping, dan wirausahawan yang baru mengenal keduanya.

Software Dropship Otomatis

Apa itu dropshipping?

Dropshipping adalah metode pemenuhan pesanan e-niaga di mana perusahaan Anda tidak memiliki inventaris produk yang dijualnya. Sebaliknya, ketika pelanggan membeli dari perusahaan dropshipping Anda, Anda akan membeli barang yang telah mereka beli dari pihak ketiga yang mengirimkan barang tersebut ke pelanggan atas nama Anda. Dengan cara ini, Anda tidak pernah menangani produk secara langsung selama transaksi tetapi tetap dapat menghasilkan uang dari penjualan e-commerce.

Perbedaan paling jelas antara dropshipping dan model e-commerce tradisional adalah, dengan model dropshipping, perusahaan Anda tidak memiliki inventaris apa pun. Anda tidak perlu mencari dan menyewa lokasi untuk menyimpan barang yang Anda jual, sehingga mengurangi biaya overhead dan logistik yang biasanya terkait dengan e-commerce. Sebagai gantinya, Anda hanya akan membeli produk yang dipesan sesuai kebutuhan dari produsen atau grosir, yang kemudian mengirimkan produk tersebut langsung ke pelanggan.

Dropshipping adalah model e-niaga di mana Anda tidak memiliki inventaris dan membeli barang pesanan dari produsen atau grosir pihak ketiga, yang kemudian mengirimkan produk ke pelanggan yang memesan.

Bagaimana cara memulai dropshipping?

Baik Anda sudah memiliki toko e-niaga atau memulai dari awal, berikut ini adalah cara memulai dropshipping:

1. Buat keputusan cerdas tentang apa yang akan dijual.

Baik Anda tertarik untuk menjual barang yang lebih umum atau barang khusus, Anda harus memastikan ada permintaan untuk barang tersebut. Lihatlah data tentang tren, kata kunci, dan volume pesanan untuk menentukan apakah penawaran Anda benar-benar akan menjual cukup banyak unit untuk menghasilkan pendapatan tetap untuk bisnis dropship.

2. Kenali pesaing Anda

E-niaga diharapkan mencakup seperlima dari semua ritel AS pada tahun 2024, jadi operasi dropshipping kemungkinan akan memiliki banyak persaingan. Cara terbaik agar Anda bisa menonjol dari pesaing adalah dengan meneliti dan melihat apakah penawaran mereka meninggalkan celah untuk Anda isi. Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi celah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali barang yang akan Anda jual.

3. Temukan pemasok dropshipping

Langkah ini mungkin yang paling penting dalam dropshipping. Tanpa pemasok yang dapat secara konsisten memenuhi pesanan Anda, pemasok yang tidak mungkin kehabisan stok dan meninggalkan operasi dropshipping Anda tanpa tulang punggungnya, Anda tidak dapat memenuhi kewajiban kepada pelanggan. Kabar baiknya adalah pemasok yang dapat dipercaya mudah ditemukan, terutama dengan perangkat lunak dropshipping.

Untuk memulai dropshipping, pilih item yang akan Anda jual, teliti pesaing, dan temukan pemasok yang dapat diandalkan.

Apa itu software dropshipping?

Platform perangkat lunak dropshipping menghubungkan perusahaan e-commerce Anda dengan pemasok dropshipping. Setelah koneksi ini dibuat, perusahaan anda dapat menggunakan software dropship untuk membuat daftar item yang akan dijual tanpa benar-benar membeli stok.

Ketika pelanggan memesan, perangkat lunak dropshipping mengotomatiskan proses mendapatkan detail pesanan ke pemasok Anda. Dengan demikian, perusahaan Anda banyak menghemat waktu dan meminimalkan kesalahan dalam menyampaikan pesanan pelanggan ke pemasok Anda.

Melalui perangkat lunak dropshipping, perusahaan Anda dapat:

  • Tambahkan item baru ke situs web Anda dengan cepat
  • Secara otomatis menempatkan pesanan pelanggan dengan pemasok Anda
  • Pastikan pengiriman tepat waktu dan pelacakan menyeluruh ke pelanggan
  • Integrasikan dengan perangkat lunak lain, termasuk platform e-niaga dan bagian belakang situs web Anda
  • Aktifkan penyesuaian harga produk secara manual atau otomatis
  • Beri tahu pelanggan saat item ditinggalkan di keranjang mereka, dikonfirmasi untuk dibeli, dikirim, atau dikirim
  • Tetapkan item sebagai tidak lagi untuk dijual saat stok pemasok Anda habis
  • Khususnya, fitur-fitur ini hampir seluruhnya otomatis. Misalnya, seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda tidak perlu mengirimkan informasi pelanggan Anda secara manual ke pemasok Anda; perangkat lunak dropship mengurangi pekerjaan ini menjadi satu klik cepat. Beberapa platform dropship menyertakan fitur otomatisasi tambahan, yang akan kami uraikan sebentar lagi.

Software Dropship mengotomatiskan tugas-tugas e-niaga seperti mencantumkan produk Anda di situs web, mengirim pesanan ke pemasok dan melacak pengiriman.

Bagaimana cara memilih software dropshipping?

Anda harus memilih merek dropshipping yang tepat untuk perusahaan Anda berdasarkan fitur yang ditawarkan platform. Ini adalah beberapa fitur umum yang harus dicari:

1. Abandoned cart notices

Beberapa platform dropshipping dapat mengirim email yang dipicu ke orang-orang yang menambahkan item ke gerobak mereka tetapi belum benar-benar membelinya. Email ini dapat mengubah gerobak yang ditinggalkan menjadi barang yang dibeli, meningkatkan pendapatan Anda. Karena email yang dipicu diotomatiskan menurut definisi, Anda tidak perlu mengambil langkah tambahan untuk menjangkau pelanggan ini.

2. Pesanan pemasok otomatis.

Alih-alih mengirimkan pesanan pelanggan Anda dan informasi pengiriman secara manual ke pemasok, Anda dapat menggunakan software dropship otomatis Anda untuk mengirimkan informasi ini dalam beberapa klik. Dengan cara ini, Anda dan pemasok sama-sama menghemat waktu dalam operasi dropshipping dan meminimalkan risiko kesalahan.

3. Manajemen layanan pelanggan

Bahkan perusahaan dropshipping yang secara konsisten mengirimkan barang tepat waktu akan mendengar dari pelanggan di beberapa titik. Itulah mengapa beberapa platform otomasi dropship menyertakan alat manajemen layanan pelanggan. Dengan alat ini, Anda dapat menyederhanakan percakapan dengan pelanggan tentang status pesanan mereka dan banyak lagi.

4. Manajemen pesanan

Fitur ini mengotomatiskan semua penempatan pesanan dengan pemasok Anda. Anda dapat menggunakannya untuk membuat pesanan pembelian dengan pemasok, dan untuk setiap pesanan yang dilakukan, software dropship otomatis akan memperbarui jumlah item yang tersedia di toko web Anda.

5. Penyesuaian harga

Beberapa platform otomatisasi dropship memungkinkan Anda menetapkan harga sebagai variabel di bagian belakang situs web Anda, bahkan jika harganya tampak stabil bagi pelanggan. Dengan fitur ini, Anda dapat menjual produk dengan harga yang menurut software dropship sesuai dengan kondisi dan tren pasar saat ini. Sebagai alternatif, Anda dapat mengatur harga secara manual.

6. Manajemen informasi produk

Fitur perangkat lunak dropship ini memungkinkan Anda untuk langsung mengedit informasi daftar produk. Ini juga memungkinkan untuk menyalin otomatis deskripsi pemasok Anda ke dalam daftar. Biasanya, Anda juga dapat menambahkan foto ke daftar Anda (atau menghapusnya jika perlu).

7. Manajemen sumber

Jika perusahaan dropshipping Anda membeli saham dari banyak pemasok, alat manajemen sumber dapat membantu. Dengan fitur otomatisasi dropship ini, Anda dapat membuat profil pemasok yang merinci setiap produk dan praktik pengiriman pemasok. Beberapa platform otomatisasi dropship dapat menampilkan informasi pengiriman ini di semua daftar produk yang relevan, memberi tahu pelanggan apa yang diharapkan dengan pengiriman dan pengiriman mereka.

8. Manajemen pemasok

Anda dapat menganggap manajemen pemasok sebagai fitur induk dari manajemen sumber. Ketika manajemen sumber berurusan dengan apa yang ditawarkan pemasok, manajemen pemasok berurusan dengan interaksi. Anda menggunakan rangkaian fitur ini untuk berkomunikasi dengan pemasok, memperbarui data yang relevan, dan mengikuti perkembangan stok pemasok. Dengan cara ini, barang Anda cenderung tidak terjual.

9. Integrasi pihak ketiga

Sama seperti perangkat lunak pengiriman yang akan berintegrasi dengan platform e-niaga jika Anda menyimpan inventaris di tempat alih-alih mengirim barang, software dropshipping Anda harus terintegrasi dengan platform e-niaga. Lebih penting lagi, itu harus terintegrasi dengan sebagian besar platform perangkat lunak yang lain. Integrasi penuh memfasilitasi peramalan anggaran yang lebih mudah dan akurat dan dengan demikian praktik bisnis yang lebih cerdas.

10. Pelaporan dan analitik

Otomatisasi dropshipping melibatkan pembuatan dan penggunaan data yang ekstensif. Dengan demikian, beberapa platform dropshipping menyertakan alat untuk melaporkan dan menganalisis data ini dalam format yang disajikan dengan rapi dan mudah dimengerti. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan operasi dropshipping dalam waktu dekat.

11. Pelacakan

Seperti semua hal pengiriman, mengetahui di mana paket pelanggan dan kapan mereka akan tiba di tujuan adalah hal penting untuk kesuksesan perusahaan Anda. Itulah sebabnya semua software dropshipping tepercaya menyertakan fitur pelacakan. Ini sering kali mencakup kemampuan untuk berbagi informasi pelacakan dan pembaruan dengan pelanggan, membuat proses pengiriman Anda sepenuhnya transparan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Cari fitur seperti otomatisasi pemasok, manajemen pesanan, dan pelacakan di perangkat lunak dropshipping Anda.

Software dropshipping terbaik

Sekarang Anda usdah tahu apa yang harus dicari pada software dropshipping, berikut adalah beberapa merek yang memiliki sebagian besar atau semua pilihan tersebut:

1. Dsco

Dsco adalah perusahaan pengiriman yang menyertakan software dropship di antara solusinya. Bisnis yang menggunakan platform Dsco akan memperbarui jumlah saham secara berkala yang tercermin di situs web e-commerce mereka. Saat pelanggan melakukan pemesanan, Dsco akan menangani semua pemenuhan pesanan menggunakan apa yang disebutnya optimized shipping logic (pengoptimalan pengiriman).

Ini adalah beberapa fitur menonjol daftar Dsco di situsnya:

  • Perutean pesanan dinamis
  • Dukungan ekstensif
  • Antarmuka modern dan mudah digunakan
  • Beberapa integrasi pihak ketiga
  • Orientasi cepat
  • Real-time API

Daripada mencantumkan harga di situs webnya, Dsco meminta pelanggan potensial untuk langsung menghubungi tim penjualannya untuk informasi harga.

2. Oberlo

Oberlo adalah software dropship dengan layanan yang lengkap, Anda dapat membangun toko online bersamanya, menguji produk dan harga, menambahkan produk baru, mengedit deskripsi item, dan mengembangkan hubungan dengan pemasok. Berikut adalah beberapa fitur yang dicantumkan Oberlo di situsnya:

  • Layanan pelanggan 24 jam
  • Ketersediaan dalam enam bahasa
  • Toko web khusus, foto produk, dan daftar item
  • Akses data yang luas
  • Jutaan item potensial untuk ditambahkan ke toko web Anda

Anda dapat mengakses alat ini di salah satu dari tiga tingkatan harga Oberlo:

  • Tingkat Explorer gratis dan mencakup aktivitas audio dan visual untuk mendidik pemilik perusahaan dropshipping baru.
  • Tingkat Grad berharga $ 7,90 sebulan dan termasuk kursus dropshipping, informasi tren yang diperbarui secara teratur, dan pelatihan dropship.
  • Tingkat Boss berharga $ 29,90 sebulan dan termasuk alat dropshipping paling canggih dari Oberlo.

3. Spocket

Spocket adalah platform perangkat lunak dropshipping yang memungkinkan pemilik bisnis e-niaga menjual produk yang bersumber di AS atau Uni Eropa. Ini mencakup manajemen pesanan, manajemen informasi produk, pemasok dan manajemen sumber, dan berbagai integrasi pihak ketiga.

Spocket menawarkan empat tingkatan harga, yang semuanya mencakup uji coba gratis selama 14 hari.

  • Gratis (Free): Spocket merekomendasikan paket gratis untuk pemilik bisnis e-commerce yang ingin melihat item yang akan diberikan Spocket kepada mereka kesempatan untuk dijual setelah mendaftar untuk akun berbayar.
  • Pemula (Starter): Tingkat ini berharga $ 24 sebulan dan memungkinkan Anda menjual hingga 25 produk unik. Dukungan email tersedia.
  • Pro: Tingkat ini berharga $ 49 sebulan dan memungkinkan Anda menjual hingga 250 produk unik dan 25 produk premium. Dukungan email dan obrolan tersedia, seperti halnya faktur bermerek.
  • Empire: Tier ini berharga $ 99 sebulan dan memungkinkan Anda menjual hingga 10.000 produk unik dan 10.000 produk premium. Dukungan dan fitur faktur bermereknya sama dengan tingkat Pro.

4. Yakkyofy

Yakkyofy adalah platform perangkat lunak dropshipping gratis yang memungkinkan perusahaan Anda menjual produk dengan apa yang disebut “B2B prices”. Setelah pelanggan memesan, hanya perlu beberapa klik untuk memenuhinya. Tujuannya adalah untuk membebaskan waktu dropshippers untuk fokus pada pemasaran daripada yang terkait dengan pemenuhan pesanan.

Ini adalah beberapa fitur yang terdaftar di Yakkyofy di situsnya:

  • Kutipan B2B untuk produk dropshipping, dengan harga untuk ratusan negara
  • Beberapa item dikirim dalam satu paket
  • Paket yang dipersonalisasi dan kartu yang disesuaikan
  • Pengiriman dalam tiga hingga 12 hari kerja
  • Pelacakan untuk semua item
  • Gudang virtual untuk mengawasi stok semua barang yang Anda jual

5. ZhenHub

Melalui ZhenHub, Anda dapat menemukan gudang dari jarak jauh, mengatur pesanan, mengelola inventaris, dan mengawasi pengiriman dan pelacakan. Anda juga dapat menyesuaikan semua pemberitahuan pelanggan dengan font khusus, salam, dan branding perusahaan Anda. Pelaporan ekstensif tersedia.

ZhenHub memiliki empat tingkatan harga dengan berbagai integrasi, lokasi, batas pengguna, dan pesanan online bulanan serta tunjangan pelacakan, sebagaimana dirinci dalam bagan harganya .

  • Gratis: $ 0 sebulan
  • Pemula: $ 29 sebulan
  • Standar: $ 69 sebulan
  • Profesional: $ 179 sebulan

Dsco, Oberlo, Spocket, Yakkyofy dan ZhenHub adalah beberapa platform perangkat lunak dropshipping terbaik untuk perusahaan e-commerce.