AS secara resmi memulai pembangunan di Terusan Panama

Diposting pada 10 views

Sejarah Hari Ini – Sebuah upacara pada 4 Mei 1905 menandai dimulainya secara resmi upaya kedua untuk membangun Terusan Panama. Upaya kedua untuk menjembatani Samudra Atlantik dan Pasifik ini akan berhasil, secara dramatis mengubah perdagangan dunia serta lanskap fisik dan geopolitik Amerika Tengah.

Selama beberapa dekade sebelum dicoba, para pedagang dan insinyur terpaku pada gagasan untuk membuat jalur melalui Amerika Tengah untuk kapal-kapal yang berlayar di lautan, menyelamatkan mereka ribuan mil laut dan perjalanan berbahaya di sekitar Cape Horn.

Sebuah perusahaan Prancis adalah yang pertama mencoba membangun kanal semacam itu, tetapi hasilnya sangat buruk: sekitar 20.000 pekerja tewas karena kecelakaan dan penyakit tropis, dan perusahaan tersebut runtuh tanpa mendekati penyelesaian kanal.

Pada tahun 1902, Kongres Amerika Serikat mengesahkan Spooner Act, yang mengizinkan akuisisi perusahaan Prancis yang sudah tidak beroperasi tersebut. Setelah gagal mencapai kesepakatan dengan Kolombia untuk menggali kanal, Amerika Serikat mendukung separatis di Tanah Genting Panama, yang mengarah pada lahirnya negara baru serta Zona Terusan Panama, sebidang tanah selebar 10 mil di sepanjang rute. dari kanal yang menjadi yurisdiksi Amerika Serikat.

Pada tanggal 4 Mei 1905, yang dijuluki “Hari Akuisisi”, proyek tersebut resmi. Amerika sebagian besar menghindari kesalahan yang telah menghancurkan proyek Prancis. Para insinyur menggunakan bendungan untuk membuat danau pedalaman, yang terhubung ke lautan dengan kunci, daripada membangun kanal di permukaan laut sepanjang jalan melintasi tanah genting.

Selain menciptakan Danau Gatún, yang saat itu menjadi danau buatan terbesar di dunia, proyek tersebut juga membutuhkan peledakan Galliard Cut, yang juga dikenal sebagai Culebra Cut, ngarai buatan yang dinamit dari batuan Continental Divide sehingga kanal bisa mengalir.

Pada bulan Oktober 1913, hampir 10 tahun setelah konstruksi dilanjutkan, telegraf dari Presiden Woodrow Wilson memicu peledakan tanggul dan banjir Culebra Cut, bergabung dengan perairan Atlantik dan Pasifik. Bulan Agustus berikutnya, Terusan Panama secara resmi dibuka, segera mengubah pola perdagangan dunia dengan cara yang hanya dapat dibandingkan dengan pembukaan Terusan Suez pada tahun 1869.

Kecelakaan, penyakit, dan kondisi yang sangat panas menewaskan 5.609 pekerja selama dekade yang dibutuhkan untuk menyelesaikan saluran tersebut. Amerika Serikat tetap menjadi penguasa de facto kanal dan Zona Terusan hingga 1979 ketika, di bawah Presiden Jimmy Carter, AS setuju untuk mengalihkan pengelolaan kanal ke Panama pada 31 Desember 1999.

Skema Terusan Panama, yang menggambarkan urutan kunci dan lorong
Skema Terusan Panama, yang menggambarkan urutan kunci dan lorong

Spesifikasi

Spesifikasi
Panjangnya82 km (51 mil)
Panjang kapal maksimal366 m (1.200 kaki 9 inci)
Balok kapal maksimal49 m (160 kaki 9 in) (awalnya 28,5 m atau 93 kaki 6 in)
Draf kapal maksimal15,2 m (50 kaki)
Kunci3 kunci ke atas, 3 ke bawah per transit; ketiga jalur
(3 jalur kunci)
StatusTerbuka, ekspansi dibuka 26 Juni 2016
Otoritas navigasiOtoritas Terusan Panama
Sejarah
Pemilik asliMasyarakat Terusan Internasional
Insinyur utamaJohn Findley Wallace (1904–1905), John Frank Stevens (1905–1907), George Washington Goethals (1907–1914)
Konstruksi dimulai1904
Tanggal selesai15 Agustus 1914
Tanggal diperpanjang26 Juni 2016
Geografi
Titik awalSamudera Atlantik
Titik akhirSamudera Pasifik
Terhubung keSamudera Pasifik dari Samudera Atlantik dan sebaliknya