Titik balik bersejarah hubungan Arab-Israel

Normalisasi hubungan diplomatik antara beberapa negara Arab dan Israel pada akhir 2020 digambarkan pada saat itu sebagai ‘bersejarah’. Empat ahli mempertimbangkan apakah hal itu akan mengarah pada perubahan jangka panjang.

Abraham Accords mewakili perubahan dalam kebijakan para lalim Arab

Avi Shlaim, Profesor Emeritus Hubungan Internasional di Universitas Oxford dan penulis The Iron Wall: Israel and the Arab World (Penguin, 2014)

Pada paruh kedua tahun 2020, empat negara Arab menandatangani apa yang disebut Perjanjian Abraham, menormalkan hubungan dengan Israel: Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko. Hanya Mesir dan Yordania yang sebelumnya telah menyelesaikan perjanjian damai dengan Israel. Apakah ini masa kritis, titik balik bersejarah dalam hubungan Arab-Israel?

Menurut saya, Abraham Accords tidak pantas dijuluki ‘bersejarah’ karena tidak menyentuh akar penyebab konflik Arab-Israel. Masalah Palestina adalah inti dari konflik ini dan telah menjadi isu sentral dalam politik Arab sejak 1945. Hingga baru-baru ini, terdapat konsensus luas di dunia Arab yang mendukung negara Palestina merdeka bersama Israel sebagai harga perdamaian dengan Negara Yahudi.

Konsensus ini menemukan ekspresi paling otoritatifnya dalam Inisiatif Perdamaian Arab, sebuah resolusi yang diadopsi dengan suara bulat pada konferensi puncak Liga Arab di Beirut pada tahun 2002. API menawarkan perdamaian dan normalisasi Israel dengan 22 anggota Liga Arab sebagai hadiah karena menarik diri dari semua. menduduki tanah Arab dan menyetujui negara Palestina merdeka di Tepi Barat dan Jalur Gaza dengan ibu kota di Yerusalem Timur. Israel menolak tawaran tersebut dan terus menolaknya.

Kesamaan dari keempat Abraham Accords adalah bahwa mereka mewakili perdamaian menurut istilah Israel; dengan kata lain, damai untuk perdamaian daripada tanah untuk perdamaian. Israel tidak harus membayar harga apapun untuk normalisasi.

Warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza tetap berada di bawah pendudukan militer paling brutal dan berkepanjangan di zaman modern. Tidak mengherankan, orang Palestina mengecam Perjanjian Abraham sebagai tusukan di belakang.

Presiden Trump membujuk para penguasa otoriter dari empat negara Arab untuk mengakui Israel dengan janji-janji persenjataan Amerika, penahanan Iran, penghapusan Sudan dari daftar negara-negara yang mensponsori terorisme dan pengakuan kedaulatan Maroko atas Sahara Barat.

Namun, Kesepakatan tersebut mendapat tentangan kuat dari rakyat di empat negara dan di seluruh dunia Arab. Mereka mewakili pergeseran pragmatis dalam kebijakan para lalim Arab daripada titik balik yang sebenarnya dalam hubungan Arab-Israel.

Agar Israel hidup dalam damai, ia harus mengakhiri pendudukannya di Palestina

Fawaz Gerges, Profesor Hubungan Internasional di London School of Economics dan penulis Making the Arab World (Princeton, 2018)

Tindakan dalam politik sering kali menghasilkan kebalikan dari konsekuensi yang diinginkan. Apa yang disebut ‘kesepakatan abad ini’ Donald Trump menandai titik balik bersejarah dalam hubungan Israel Palestina, meskipun tidak seperti yang dimaksudkan Trump dan Benjamin Netanyahu.

Keputusan Trump untuk secara sepihak dan ilegal memberikan sisa sejarah Palestina kepada Israel tidak hanya menghancurkan kerangka kerja untuk solusi dua negara tetapi juga telah membuat solusi satu negara atau negara dwi-nasional dengan kewarganegaraan dan persamaan hak bagi kedua komunitas. realitas.

Meskipun tujuan strategis Israel adalah untuk memusnahkan gagasan tentang negara Palestina yang merdeka, tindakan Trump dan Netanyahu pada akhirnya akan menghasilkan negara demokratis bi-nasional (Israel-Arab): balas dendam terakhir dalam sejarah.

Adapun normalisasi hubungan resmi Arab-Israel yang diungkapkan ke keriuhan media di hari-hari terakhir pemerintahan Trump – itu hanyalah kemitraan geostrategis antara penguasa Arab otoriter yang tidak aman dan Israel yang ekspansionis. Para otokrat Arab sekarang menganggap Iran dan oposisi populer di dalam negeri sebagai ancaman yang lebih besar daripada Israel dan karena itu siap untuk meninggalkan Palestina di altar aliansi strategis mereka dengan Tel Aviv.

Tetapi jauh dari titik balik, kemitraan top-down Israel-Arab ini mengabaikan pertanyaan mendasar tentang hak-hak Palestina dan posisi Israel di wilayah tersebut. Palestina masih bergema dalam imajinasi populer Arab, yang menganggap Israel sebagai ancaman eksistensial. Survei dan studi opini publik Arab dan Muslim terhadap Israel sangat kontras dengan narasi propaganda yang dijajakan oleh penguasa Arab dan politisi sayap kanan di Israel dan AS.

Agar Israel dapat sepenuhnya terintegrasi di Arab dan hidup dalam perdamaian permanen, ia harus mengakhiri pendudukannya atas tanah Palestina dan Arab serta mengakui hak-hak sah tetangganya. Momen bersejarah ini memberi Israel pilihan yang tepat untuk membantu pengembangan perdamaian sejati di wilayah tersebut dan menjadi tetangga yang baik, atau melanjutkan sebagai benteng kolonial, yang sayangnya berarti hidup dalam keadaan perang yang tiada henti.

Normalisasi tidak ada hubungannya dengan masalah nyata di Israel dan Palestina

Ilan Pappé, Profesor Sejarah di Universitas Exeter dan Direktur Pusat Studi Palestina Eropa

Abraham Accords bukanlah titik balik dalam sejarah konflik Arab-Israel. Bahkan sebelum pembentukan negara Israel, ada kesenjangan antara cara masyarakat Arab memandang solidaritas dengan perjuangan Palestina dan cara pemerintah mereka bertindak di lapangan. Ini terutama terbukti pada tahun 1948, ketika opini publik memaksa pemerintah Arab yang enggan untuk campur tangan secara militer di Palestina.

Untuk sementara, perbedaan antara opini publik dan aksi resmi tidak terlalu mendesak. Popularitas gerakan nasional Palestina di satu sisi dan keinginan Israel untuk membentuk aliansi non-Arab di Timur Tengah (dengan Iran dan Turki) di sisi lain menyebabkan kebijakan di Palestina yang didukung secara luas oleh opini publik lokal.

Namun melemahnya kehadiran Soviet di wilayah tersebut dan keberhasilan Mesir yang relatif dalam Perang Oktober 1973 mendorong Mesir keluar dari siklus konflik langsung dengan Israel, dengan mengorbankan Palestina. Ini adalah pendahulu dari proses yang berlanjut hingga hari ini dan yang telah membuat beberapa rezim Arab menormalisasi hubungan mereka dengan Israel, sambil mengabaikan komitmen yang berkelanjutan dan mendalam terhadap Palestina di antara masyarakat mereka.

Hegemoni Amerika setelah berakhirnya Perang Dingin berarti bahwa kelangsungan hidup beberapa rezim bergantung pada hubungan baik dengan AS. Banyak pemimpin Arab yakin bahwa jalan ke Washington melewati Yerusalem. Bahkan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dengan cara tertentu menerima logika ini ketika menyetujui Kesepakatan Oslo. Itu juga motif dari Abraham Accords.

Arab Spring telah menunjukkan bahwa demokratisasi di dunia Arab akan berarti, antara lain, menuntut kebijakan yang lebih berkomitmen terhadap Palestina. Ketidakpopuleran kebijakan normalisasi baru-baru ini dapat menyebabkan destabilisasi lebih lanjut di masa mendatang.

Lebih penting lagi, ini tidak ada hubungannya dengan masalah nyata di Israel dan Palestina. Israel menguasai seluruh sejarah Palestina dan separuh penduduknya adalah warga Palestina yang hidup di bawah matriks pemerintahan Israel yang menyangkal hak asasi dan hak sipil dasar mereka. Selama situasi ini berlanjut, tidak ada kesepakatan yang akan mencegah konflik dan pertumpahan darah lebih lanjut di tanah Abraham.

Diplomasi terbukti tidak mampu mencari tahu apa yang harus dilakukan tentang agama

James Rodgers, koresponden BBC di Gaza (2002-04) dan penulis Headlines from the Holy Land: Reporting the Israel-Palestina Conflict (Palgrave Macmillan, 2015)

Tidak, tapi ini momen yang penting. Setelah bertahun-tahun ketika Israel diperlakukan (secara publik, setidaknya) di seluruh dunia Arab sebagai musuh, Israel memiliki ‘Damai dengan Uni Emirat Arab, damai dengan Bahrain, damai dengan Sudan dan sekarang damai dengan Maroko’, sebagai perdana menterinya, Benjamin Netanyahu, mengatakannya ketika dia bertemu dengan penasihat Presiden Trump Jared Kushner di Yerusalem pada 21 Desember 2020. Sudah 26 tahun sejak Israel menandatangani perjanjian damai dengan Yordania dan lebih dari empat dekade sejak berdamai dengan Mesir.

Alasan mengapa ini bukan titik balik bersejarah yang berakar pada dua tanggal yang lebih jauh: 1948 dan 1967. Yang pertama melihat berdirinya Negara Israel, yang kedua adalah awal pendudukan militer Israel di Tepi Barat dan Gaza. Keduanya dikenang dalam sejarah Palestina saat orang-orang Palestina menderita ketidakadilan yang besar – kesalahan yang masih harus diperbaiki dan tidak dibahas dalam perjanjian.

Sementara teks Kesepakatan antara Israel dan Bahrain memang menyebutkan ‘melanjutkan upaya untuk mencapai resolusi konflik Israel-Palestina yang adil, komprehensif, dan abadi’, Palestina tidak melihat banyak manfaatnya bagi mereka. Untuk menjelaskan maksud mereka, mereka untuk sementara menarik duta besar mereka dari Bahrain dan UEA.

Abraham Accords dinamai demikian oleh sponsor Amerika mereka karena keinginan mereka untuk ‘memajukan budaya perdamaian di antara tiga agama Ibrahim’. Di sini, kesepakatan menyentuh elemen kunci dari konflik Israel-Palestina tanpa menawarkan solusi.

Dalam sebuah wawancara untuk buku saya Headlines from the Holy Land tahun 2015, mantan duta besar AS untuk Israel, Daniel Kurtzer, mengatakan ‘diplomasi sejauh ini terbukti tidak mampu mencari tahu apa yang harus dilakukan tentang agama’ faktor kunci dalam konflik tersebut.

Kesepakatan ini kemungkinan besar akan diingat sebagai hal yang signifikan bagi kawasan yang lebih luas dalam arti bahwa kesepakatan tersebut adalah bagian dari kebijakan luar negeri Trump yang sangat pro-Israel dan untuk kemungkinan yang mereka tawarkan untuk membangun aliansi diplomatik melawan Iran. Mereka bukanlah titik balik bersejarah dalam hubungan Arab-Israel karena mereka tidak secara langsung menangani konflik Israel-Palestina.

Pos terkait