Kegiatan ekonomi di Indonesia memanfaatan sumber daya alam

Kegiatan ekonomi di Indonesia memanfaatan sumber daya alam. Untuk mempertahankan hidupnya masyarakat Indonesia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan demikian disebut kegiatan ekonomi. Dalam melakukan kegiatan ekonomi, masyarakat Indonesia memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia di alam nusantara ini.

Namun terkadang karena sifat manusia yang serakah kegiatan tersebut merusak alam itu sendiri. Maka dari itu kita sebagai generasi muda hendaknya belajar bagaimana agar pemanfaatan sumber daya alam yang baik dan tidak merusak alam, sehingga sumber daya alam Indonesia akan lestari dengan kehidupan alam yang harmonis.

Kegiatan ekonomi di Indonesia memanfaatan sumber daya alam

Kegiatan ekonomi di Indonesia memanfaatan sumber daya alam

Kegiatan ekonomi di Indonesia yang memanfaatkan sumber daya alam antara lain sebagai berikut :
1. Pertanian
Indonesia merupakan negara agraris. Karena masyarakat Indonesia mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Kegiatan di bidang pertanian berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia yang berupa pangan. Bahan pangan yang dihasilkan masyarakat di Indonesia antara lain ; padi, jagung, palawija, sayur-sayuran, dan sebagainya.

2. Perkebunan
Selain di bidang pertanian, dalam memenuhi kebutuhannya masyarakat Indonesia juga memanfaatkan lahan yang kosong untuk melakukan kegiatan di bidang perkebunan. Mereka memanfaatkannya untuk menanam kopi, teh, kelapa sawit, tebu, karet, kopra, dan lain-lain. Hasil perkebunan tersebut dapat mereka jual kepada industri untuk diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi masyarakat.

3. Kehutanan
Luas hutan di Indonesia mencapai kurang lebih 14% dari luas wilayah daratan di Indonesia. Sebagian besar hutan berupa hutan tropis. Hutan tropis memiliki banyak manfaat dan beragam jenis tanaman. Manfaat yang diperoleh dari hasil hutan antara lain kayu, rotan, pinus, dan damar.

Hasil hutan tersebut dapat diolah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia khususnya. Misalnya seperti kebutuhan perumahan, perabot rumah tangga, keperluan industri, barang kerajinan dan lain sebagainya.

4. Peternakan
Masyarakat Indonesia juga banyak yang berwiraswasta di bidang  peternakan. Usaha ini memberikan peranan penting dalam peningkatan kesejahteraan rakyat. Hewan ternak yang diusahakan oleh peternak antara lain sapi, kerbau, kambing, ayam, burung, dan sebagainya.

Hasil ternak dari yang mereka usahakan tersebut adalah daging, susu, telur, kulit dan sebagainya. Hasil ternak tersebut dapat mereka konsumsi sendiri maupun dijual untuk mendapatkan penghasilan.

5. Perikanan
Sebagian besar wilayah Indonesia berupa perairan. Perairan tersebut meliputi perairan darat dan perairan laut. Kegiatan perikanan yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka meliputi perikanan darat dan perikanan laut.

Perikanan darat merupakan bentuk kegiatan menangkap atau memelihara ikan di sungai, empang atau kolam, dan akuarium. Hasil perikanan darat masyarakat Indonesia antara lain, mujaher, mas, koi, dan lele. Manfaat perikanan darat selain memenuhi kebutuhan pangan juga dapat digunakan sebagai hiasan. Banyak ikan yang bentuknya indah, sehingga banyak orang yang memeliharanya sebagai ikan hias. Misalnya ; ikan louhan, ikan arwana, dan koi.

Sedangkan perikanan laut merupakan bentuk usaha menangkap ikan di laut. Wilayah Indonesia 2/3-nya merupakan wilayah laut. Laut di negara RI kaya akan ikan. Sehingga banyak masyarakat banyak yang memanfaatkan alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Hasil perikanan laut antara lain ; bandeng, tongkol, cumi-cumi, bawal, udang, tuna dan sebagainya.

6. Pertambangan
Pertambangan merupakan kegiatan ekonomi di Indonesia yang mengambil sumber daya alam dari dalam perut bumi. Kegiatan pertambangan dapat dilakukan dengan peralatan sederhana, seperti pertambangan minyak bumi, batu bara, bijih besi, dan emas.Barang-barang tambang tersebut digunakan untuk kegiatan industri, transportasi, dan sebagainya.

7. Perindustrian
Industri merupakan kegiatan mengolah bahan mentah menjadi barang jadi. Bahan mentah tersebut diperoleh dari alam. Sehingga kegiatan perindustrian membutuhkan sumber daya alam untuk menghasilkan barang jadi. Indonesia memiliki banyak industri yang berkembang di berbagai daerah. Industri-industri di Indonesia tersebut antara lain :
a. Alat-alat berat
Pabrik alat berat PT. Barata, berada di Surabaya, Jawa Timur.

b. Batik
Industri batik yang terkenal di Indonesia terdapat di Pekalongan dan Surakarta/Solo (Jawa Tengah), Tasikmalaya (Jawa Barat), dan di DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta).

c. Garam
Pusat pembuatan garam di Indonesia terdapat di Madura, sedangkan pembuatan garam beryodium terdapat di Semarang, Jawa Tengah.

d. Kertas
Industri kertas di Indonesia adalah sebagai berikut :
- Pabrik Kertas Besuki Rahmat di Jawa Timur.
- Pabrik Kertas Blabak di Jawa Tengah.
- Pabrik Kertas Gowa di Sulawesi Selatan.
- Pabrik Kertas Pematangsiantar di Sumatra Utara.

e. Semen
Industri semen yang ada di Indonesia antara lain :
- Semen Andalas, di Aceh Besar
- Semen Cibinong di Bogor, Jawa Barat
- Semen Gresik di Jawa Timur
- Semen Nusantara di Cilacap
- Semen Tonasa di Makassar

Itulah sedikit pembahasan Kegiatan ekonomi di Indonesia memanfaatan sumber daya alam yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menjadikan tambahan wawasan pengetahuan.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel