11 panglima yang ditugaskan memerangi nabi palsu

Sejarah Negara Com – Seperti telah dibahas pada sejarah Islam sebelumnya, bahwa setelah Rasulullah wafat timbul 3 golongan pembangkang, maka untuk itu Bau Bakar bermusyawarah dengan para sahabat untuk memerangi mereka sampai mereka kembali kepada ajaran yang benar.

Daftar Panglima Abu Bakar

Oleh karena, Abu Bakar membentuk 11 pasukan tentara yang dipimpin oleh seorang panglima. Panglima yang ditugaskan untuk memerangi nabi palsu adalah sebagai berikut :

Bacaan Lainnya

1. Khalid bin Walid

Ditugaskan untuk memerangi Thulaihah bin Khuwallid al Asadi dan para pengikutnya yang berasal dari Bani Asad, Bani Gatafan, dan Bani Amir. Peretempuran terjadi di dekat sumur Buzakhah. Pasukan Islam berhasil mengalahkan mereka.

2. Ikrimah bin Abu Jahal

Ditugaskan memerangi Muzailamah al Kadzab dan para pengikutnya dari Bani Hanifah di Yamamah. Muzailamah menikah dengan Sajjah bin Tamimiyah yang mengaku sebagai nabi dari golongan Kristen.

Ikrimah dibantu oleh pasukan Khalid bin Walid dan pasukan Surahbil bin Hasanah. Karena peperangan ini adalah peperangan terbesar dalam menumpas kaum murtad dikenal dengan nama “Perang Yamamah“.

Dalam perang tersebut Muzailamah berhasil dibunuh oleh Wahsyi bin Harb. Dia adalah orang yang memb*n*h Hamzah, paman Nabi Muhammad pada saat Perang Uhud sebelum Wahsyi bin Harb masuk Islam.

3. Al Muhajir bin Abi Umayah

Ditugaskan untuk memerangi pasukan Aswad al Ansi yang berada di Yaman. Aswad al Ansi meninggal dunia karena dibunuh oleh saudara Gubernur Yaman.

4. Surahbil bin Hasanah

Diperintahkan membantu pasukan Ikrimah bin Abu Jahal dalam memerangi Muzailamah karena pasukannya yang sangat kuat.

5. Huzairah bin Muhsin Al Ghalfani

Ditugaskan menghadapi penduduk wilayah Daba dan Oman pada pesisir selatan Arabia.

6. Arfajah bin Harsamah

Ditugaskan memerangi para pembangkang di negeri Murrah.

7. Suwaid bin Muqran

Ditugasi untuk menghadapi kaum Riddah di wilayah Tihamah, Yaman.

8. Al Ula bin Hadrami

Ditugaskan menghadapi kaum Riddah di Bahrain.

9. Thuraifah bin Hajiz

Ditugaskan ke Bani Salim dan Hawazin.

10. Amru bin Ash

Ditugaskan menghadapi suku Qudhaah, Wadhiah, dan Al Harist.

11. Khalid bin Said

Ditugaskan menghadapi kaum murtad di perbatasan Syam.

Kesebelas pasukan perang ini berhasil menjalankan tugas dengan baik. Dalam menghadapi ketiga golongan pembangkang ini, mereka memerlukan waktu kurang lebih satu tahun. Sikap tegas Abu Bakar akhirnya dapat mengembalikan kepercayaan bangsa Arab terhadap Islam setelah Rasulullah wafat.

Baca juga: Penyusunan lembaran ayat-ayat Al Quran

Pos terkait