X

Jawa Timur

Jawa Timur (Jatim) adalah salah satu provinsi di Pulau Jawa yang namanya menggunakan awalan Jawa, seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sesuai namanya, provinsi ini terletak di paling timur Pulau Jawa. Ibu kota Jawa Timur adalah Surabaya.

Luas wilayah Jatim kurang lebih 47.922 km², pada tahun 2017 jumlah penduduknya telah mencapai 42.030.633 jiwa. Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki wilayah paling luas dibandingkan dengan 6 provinsi yang berada di Pulau Jawa, dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat.

Batas wilayah Jawa Timur meliputi sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Selat Bali
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia, dan
  • Sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah.

Wilayah Jawa Timur mencakup pulau-pulau kecil seperti: Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Kangean dan sejumlah pulau kecil di Laut Jawa seperti Kepulauan Masalembu, dan Pulau Sempu, dan Nusa Barung Samudera Hindia.

Perekonomian Jawa Timur memiliki perekonomian yang cukup tinggi, yakni berkontribusi 14,85% terhadap Produk Domestik Bruto nasional.

Sejarah

Prasejarah

Pada zaman prasejarah, Jawa Timur telah dihuni manusia. Bukan tanpa bukti, ini dapat dibuktikan dengan ditemukannya fosil Pithecanthropus Mojokertensis di Kepuhlagen, Mojokerto, Pithecanthropus erectus di Trinil, Ngawi; dan Homo Wajakensis di Wajak, Tulungagung.

Era Kerajaan

Sumber tertulis tertua di Jawa Timur adalah Prasasti Dinoyo yang ditemukan di dekat Kota Malang, yaitu tahun 760. Tahun 929, Mpu Sindok memindahkan pusat Kerajaan Mataram dari Jawa Tengah ke Jawa Timur, kemudian mendirikan Wangsa Isyana yang berkembang menjadi Kerajaan Medang Kamulan, dan sebagai suksesornya adalah Kerajaan Kahuripan, Kerajaan Janggala, dan Kerajaan Kadiri.

Sejarah selengkapnya bisa anda baca di artikel: Jawa Timur Menyimpan Sejarah

Pada masa Kerajaan Singasari, Raja Kertanagara melakukan ekspansi hingga ke Melayu, yang terkenal dengan Ekspedisi Pamalayu. Pada masa Kerajaan Majapahit di bawah Raja Hayam Wuruk, wilayahnya sampai ke Malaka, dan sebagian Kepulauan Filipina.

Adanya Makam Maulana Malik Ibrahim di Gresik merupakan salah satu bukti awal masuknya Islam ke Jawa Timur tahun 1102, dan juga sejumlah makam Islam pada kompleks makam Majapahit. Merujuk ditemukannya makam Fatimah binti Maimun bin Hibatullah yang meninggal tahun 475 Hijriah atau 1082 Masehi di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Gresik.

Tak hanya itu, di Jawa Timur juga ditemukan candi Jedong di Daerah Wagir, Malang, yang diyakini lebih tua dari Prasasti Dinoyo, yaitu sekitar abad ke-6 Masehi.

Ringkasan

ProvinsiJawa Timur
PulauJawa
Ibu KotaSurabaya
Hari jadi12 Oktober 1945
Dasar HukumUU No. 2 Tahun 1950
Luas wilayah47.922 km2
SemboyanBahasa Jawa: Jer Basuki Mawa Beya. Bahasa Indonesia: Keberhasilan membutuhkan suatu pengorbanan
Bendera
Bendera Jawa Timur
Lambang
Lambang Jawa Timur
Peta Wilayah
Peta Jawa Timur
Pembagian administratif29 kabupaten dan 9 kota, 573 kecamatan, 8.574 desa/kelurahan
Kode BPS35
Kode ISOID-JI
Kode kendaraanL, M, N, P, S, W, AE, AG
Kode telepon031, 0321-0358
Kode pos60111-69493
Zona waktuWaktu Indonesia Barat WIB (UTC+7)
Kebudayaan1. Pakaian Adat Jawa Timur
2. Senjata tradisional Jawa Timur
3. Rumah Adat Jawa Timur
Lagu DaerahGai Bintang (Madura), Kembang Malathe, Keraban Sape, Rek Ayo Rek, Tanduk Majeng, Rek Ayo Rek
Obyek wisataPotensi Wisata Di Jawa Timur
FloraSedap malam (Polyanthes tuberosa)
FaunaAyam Bekisar (Gallus varius × Gallus gallus)
Produk domestik regional bruto per kapitaTidak ada data
Situs web resmiwww.jatimprov.go.id
Situs BPSwww.jatim.bps.go.id

Jawa Timur

Categories: Provinsi