Kalimantan Timur

  • Whatsapp

Kalimantan Timur sering disingkat Kaltim adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan ujung timur, dengan ibukotanya Samarinda.

Batas wilayahnya meliputi Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan selat Makassar yang membatasi dengan Pulau Sulawesi.

Bacaan Lainnya

Luas wilayah Kalimantan Timur kurang lebih 127.346,92 km² dengan populasi penduduknya tahun 2017 telah mencapai 3.575.449 jiwa. Provinsi ini memiliki kepadatan penduduk terendah ke-4 di Indonesia.

Sebelum terjadi pemekaran provinsi menjadi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Papua, hampir sama dengan Pulau Jawa atau sekitar 6,8% dari total luas seluruh wilayah Indonesia.

Kilas Sejarah Kalimantan Timur

Pada masa kerajaan, wilayah ini mayoritas adalah hutan hujan tropis. Di sana pernah berdiri beberapa kerajaan, antara lain Kerajaan Kutai, Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, Kesultanan Pasir dan Kesultanan Berau.

Di pusat-pusat kerajaan berkembang bahasa serumpun yang memiliki benang merah dari leluhur bahasa yang sama, yaitu rumpun bahasa Melayik.

Pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, Indonesia memiliki 8 provinsi, selengkapnya silahkan baca: 8 provinsi pertama di Indonesia. Sedangkan pada masa pergerakan kemerdekaan (1945-1949), Republik Indonesia mengalami perubahan wilayah, karena Belanda kembali menguasai Indonesia.

Sejumlah negara boneka pun dibentuk Belanda dalam wilayah negara Indonesia. Wilayah ini resmi bergabung ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 10 April 1950.

Penggabungan Kaltim menjadi wilayah Negara Kesatuan RI dilakukan dengan upacara serah-terima dari Pemerintah RIS kepada Pemerintah Indonesia. RIS diwakili oleh Aji Raden Afloes (Plt. Residen Kaltim). Sedangkan Indonesia diwakili oleh Dr. Moerdjani (Gubernur Kalimantan). Sedangkan sebagai saksi, Menteri Dalam Negeri Mr. Soesanto Tirtoprodjo.

Bergabungnya Kalimantan Timur ke wilayah Negara Kesatuan RI tercatat dalam sejarah sebagai daerah pertama di luar Jawa dan Sumatra usai Konferensi Meja Bundar (KMB) yang menggabungkan diri ke wilayah RI. Pada saat awal bergabungnya Kaltim ke wilayah RI, statusnya hingga 6,5 tahun.

Peta lokasi Kalimantan Timur
Peta lokasi Kaltim

Lebih jelas silahkan kunjungi di google map

Daftar Kabupaten dan Kota Kaltim

Wilayah Provinsi Kaltim dibagi menjadi 7 kabupaten dan 3 kota. Adapun daftar nama kabupaten dan kota tersebut sebagai berikut:

NOKAB./KOTAPUSAT PEMERINTAHAN
1Kabupaten BerauTanjung Redeb
2Kabupaten Kutai BaratSendawa
3Kabupaten Kutai KartanegaraTenggarong
4Kabupaten Kutai TimurSangatta
5Kabupaten Mahakam UluUjoh Bilang
6Kabupaten PaserTana Paser
7Kabupaten Penajam Paser UtaraPenajam
8Kota Balikpapan
9Kota Bontang
10Kota Samarinda

Ringkasan

Secara ringkas Provinsi Kaltim dapat dijabarkan sebagai berikut:

ProvinsiKalimantan Timur
PulauKalimantan
Ibu KotaSamarinda
Hari jadi1 Januari 1957
Dasar HukumUU No. 25 Tahun 1956
Luas wilayah127.346,92 km2
SemboyanRuhui Rahayu (Bahasa Banjar: “kehidupan yang harmonis, damai sejahtera, aman dan tenteram”)
BenderaBendera Kaltim
LambangLambang Kaltim
Peta WilayahPeta Kaltim
Pembagian administratif7 kabupaten dan 3 kota
Kode BPS64
Kode ISOID-KI
Kode kendaraanKT
Kode telepon0541-0556
Kode pos75111-77573
Zona waktuWaktu Indonesia Tengah (WITA)
Kebudayaan1. Pakaian Adat
2. Senjata tradisional
3. Rumah Adat
Lagu DaerahIndung Indung
Obyek wisataPotensi Wisata
FloraAnggrek hitam (Coelogyne pandurata)
FaunaPesut Mahakam (Orcaella brevirostris)
Produk domestik regional bruto per kapitaTidak ada data
Situs web resmiwww.kaltimprov.go.id
Situs BPSwww.kaltim.bps.go.id

Pos terkait