10 Tempat Wisata Pilihan Di Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Pulau Sumatera yang berada di pesisir selatan. Sumatera Barat yang sering di singkat dengan Sumbar berada di barat bukit barisan sehingga mempunyai bentuk geografis yang bergelombang berupa perbukitan dan pegunungan.

Dengan bentuk geografis semacam ini, tentu menimbulkan pemandangan alam yang sangat indah, sehingga berbagai obyek wisata alam bisa kita temui di provinsi ini.

Inilah 10 Tempat wisata pilihan di Sumatera Barat yang bisa Anda jadikan referensi : Pantai Carolina, Lubuak Rantiang. Pantai Padang, Jembatan Siti Nurbaya, Jembatan Siti Nurbaya, Pantai Nirwana, Pantai Air Manis, Museum Adityawarman, Sitinjau Lauik, dan Miniatur Makkah. Berikut ini penjelasannya secara singkat.

Pantai Carolina

Pantai Caroline Padang atau Pantai Teluk Bungus sebagai bukti bahwa keindahan alam di Sumatera Barat tidak perlu di ragukan lagi. Dulunya, pantai ini jarang di kunjungi dan memang dikenal sebagai sebuah pantai pribadi karena sepi oleh wisatawan. Namun sekarang, pantai ini telah berubah menjadi obyek wisata di Sumbar khususnya kota  Padang yang ramai dikunjungi.

Para pengunjung yang datang ke pantai ini bisa menikmati keindahan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Pantai Caroline dikenal mempunyai garis pantai yang cukup unik yaitu berbentuk mirip huruf W atau gambar hati terutama akan  nampak jelas bila dilihat dari udara.

Lubuak Rantiang

Lubuak Rantiang

Akhir-akhir ini ada sebuah spot baru untuk berwisata di seputaran Koto Tangah, yaitu Sungai Bangek. Sungai Bangek mungkin sudah banyak dikenal oleh masyarakat Kota Padang. Begitu juga dengan Lubuak Rantiang yang tidak kalah menariknya dengan Sungai Bangek.

Lubuak Rantiang berokasi tidak begitu jauh dari pemandian Sungai Bangek. Hanya kira-kira 1 jam perjalanan, itu dikarenakan medan yang di tempuh masih sedikit sulit, belum ada akses yang bagus menuju tempat ini dan belum begitu populer.

Pantai Padang Taplau

Pantai Padang Taplau

Pantai Padang Taplau terletak di pusat kota Padang. Pantai ini menjadi tempat terbaik untuk menghilangkan rasa penat dari rutinitas sehari-hari. Di Pantai Padang Taplau pengunjung bisa menikmati matahari yang perlahan-lahan turun berubah menjadi senja, lalu mulai menyentuh cakrawala dan menebar sinar terakhirnya yang begitu indah luar biasa.

Di Pantai Padang Taplau ini juga bisa kita jumpai beberapa pedagang makanan di warung tenda yang berdiri berjejer di tepi pantai, terutama pantai di depan Taman Budaya. Anda bisa menikmati minuman dingin maupun makanan ringan sambil bersantai. Anda bisa membeli kacang rebus ataupun telur rebus ataupun makan rujak khas Padang  di sore hari yang menawan.

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya adalah salah satu ikon wisata di Kota Padang Sumatera Barat. Jembatan ini merupakan jembatan panjang yang berdiri di atas Sungai Batang Arau. Panjang jembatan ini kurang lebih 100 meter dengan panjang total dari ujung ke ujung 600 meter.

Jembatan tersebut juga menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya, tempat Siti Nurbaya dimakamkan.

Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak terkenal dengan keindahan alamnya yang membuat para pengunjung pantai ini menjadi sangat bahagia dengan pesona alamnya. Pantai Pasir Jambak merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang menjadi primadona tersendiri bagi para pecinta pemandangan pantai.

Pantai ini hanya berjarak 17 km dari pusat kota Padang. Sehingga perjalanan dari kota cukup singkat untuk bisa menikmati keindahan laut pantai Pasir Jambak tersebut.

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana terletak di Pantai Barat Sumatera yang hanya berjarak sekitar 14 km dari Kota Padang. Pantai yang cantik ini lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur yang sudah terkenal akan keindahannya sejak zaman kolonial Belanda.

Dari Pantai Nirwana ini wisatawan bisa menyaksikan kapal-kapal berlabuh maupun berlayar, baik kapal penumpang atau kapal dagang. Saat senja menjelang malam, Pantai Nirwana menampilkan keindahannya yang sangat mempesona. Lampu-lampu kelap-kelip di pelabuhan Teluk Bayur terlihat sangat indah mempesona yang membuat suasana di kawasan pantai menjadi sangat romantis.

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Bila Anda sedang berkunjung ke Kota Padang, sempatkanlah untuk mampir ke Pantai Air Manis untuk melihat keunikan Batu Malin Kundang. Pada dasarnya, Batu Malin Kundang merupakan sebuah relief. Batu ini berupa pecahan kapal dan seseorang manusia yaitu Malin Kundang tertelungkup di pesisir Pantai Air Manis.

Batu Malin Kundang merupakan  bongkahan batu yang menggambarkan akhir hidup si Malin Kundang, seorang saudagar kaya yang mendapat kutukan karena menolak saat kedatangan ibunya. Keberadaan Batu Malin Kundang telah mempopulerkan Pantai Air Manis, tempat latar legenda sebagai salah satu daya tarik wisata di Padang.

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman mulai dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. Museum Adityawarman ini layak disebut sebagai ‘Taman Mini’nya Sumatera Barat. Museum Adityawarman merupakan museum budaya terpenting di provinsi Sumatera Barat.

Museum Adityawarman ini berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melestarikan benda bersejarah seperti cagar budaya. Di Museum Adityawarman ini terdapat seluk beluk kebudayaan khas Minang, mulai dari pakaian adat hingga alat-alat musik tradisional. Museum ini terletak di pusat Kota Padang,

Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik atau biasa disebut sebagai Padang Scenic Point. Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini sangat disukai dengan pemandangan yang luas menghijau, disertai dengan pemandangan Samudera Hindia di kejauhan.

Objek wisata Sitinjau Lauik merupakan tempat wisata di Padang yang sangat sesuai jika Anda mencari lokasi wisata yang mempunyai hawa sejuk, sebab Sitinjau Lauik adalah suatu  tempat yang memiliki ketinggian kurang lebih 1,000 meter di atas permukaan laut

Miniatur Makkah

Kawasan mesjid ini biasanya berfungsi sebagai kawasan Manasik haji. Namun oleh pemerintahan kota Padang dan  masyarakat sekitar juga menjadikan masjid ini sebagai destinasi wisata religi.

Di kawasan mesjid tersebut kita bisa mendapatkan beberapa bangunan yang unik seperti mesjid yang di dalamnya ada miniatur ka’bah. Orang-orang sering menyebutnya sebagai Mekkah Mini.

Baca juga