Finlandia, #13 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp
Finlandia

Finlandia menempati urutan ke-13 sebagai negara terbaik untuk bisnis di dunia. Finlandia adalah sebuah negara di Eropa Utara yang memiliki ekonomi pasar bebas industri sangat maju, sebagian besar dengan PDB per kapita hampir setinggi Austria dan Belanda dan sedikit di atas Jerman dan Belgia. Perdagangan penting, dengan ekspor menyumbang lebih dari sepertiga dari PDB dalam beberapa tahun terakhir.

Pemerintah terbuka untuk, dan secara aktif mengambil langkah-langkah untuk menarik, investasi asing langsung. Finlandia secara historis kompetitif di bidang manufaktur, khususnya di industri kayu, logam, teknik, telekomunikasi, dan elektronik.

Read More

Finlandia unggul dalam ekspor teknologi serta promosi startup di bidang teknologi informasi dan komunikasi, game, cleantech, dan sektor bioteknologi. Kecuali kayu dan beberapa mineral, Finlandia bergantung pada impor bahan baku, energi, dan beberapa komponen untuk barang-barang manufaktur.

Karena iklim yang dingin, pengembangan pertanian terbatas untuk mempertahankan swasembada dalam produk-produk dasar. Kehutanan, industri ekspor yang penting, menyediakan pekerjaan sampingan untuk penduduk pedesaan.

Finlandia telah menjadi salah satu ekonomi dengan kinerja terbaik di UE sebelum 2009 dan bank-bank dan pasar keuangannya menghindari yang terburuk dari krisis keuangan global.

Namun, perlambatan dunia memukul ekspor dan permintaan domestik keras pada tahun itu, menyebabkan ekonomi Finlandia berkontraksi dari 2012 hingga 2014. Resesi mempengaruhi keuangan pemerintah umum dan rasio utang.

Ekonomi kembali ke pertumbuhan pada 2016, membukukan kenaikan PDB 1,9% sebelum tumbuh sekitar 3,3% pada 2017, didukung oleh peningkatan kuat dalam investasi, konsumsi swasta, dan ekspor neto.

Ekonom Finlandia mengharapkan PDB tumbuh tingkat 2-3% dalam beberapa tahun ke depan. Tantangan utama Finlandia adalah mengurangi biaya tenaga kerja yang tinggi dan meningkatkan permintaan untuk ekspornya.

Pada Juni 2016, pemerintah memberlakukan Pakta Daya Saing yang bertujuan mengurangi biaya tenaga kerja, meningkatkan jam kerja, dan memperkenalkan lebih banyak fleksibilitas ke dalam sistem perundingan upah.

Akibatnya, pertumbuhan upah hampir datar pada tahun 2017. Pemerintah juga berusaha untuk mereformasi sistem perawatan kesehatan dan layanan sosial. Dalam jangka panjang.


Finlandia

Finlandia

GDP $ 253 B
Sampai Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 2,8%
PDB per Kapita: $ 45.700
Neraca Perdagangan / PDB: 0,7%
Populasi: 5,5 juta
Hutang / PDB Publik: 61%
Pengangguran: 8,5%
Inflasi: 0,8%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 21
Kebebasan Moneter: 15
Hak Properti: 2
Inovasi: 10
Teknologi: 15
Pita Merah: 41
Investor Protection: 71
Korupsi: 3
Kebebasan pribadi: 1
Beban pajak: 11

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Finlandia


Subscribe to our newsletter

Related posts