Lingkungan hidup Amerika Utara

Lingkungan hidup Amerika Utara – Para ahli geografi dan geologi membagi Amerika Utara ke dalam beberapa wilayah. Masing-masing wilayah mempunyai berbagai sumber daya alam. Terdapat tanah tinggi yang luas sekali di utara yang disebut Perisai Kanada.

Wilayah ini kaya akan endapan besi, nikel, tembaga, dan logam lainnya. Wilayah ini juga kaya akan hutan dan tenaga air.

Ada dataran Rendah Tengah besar yang terletak di cekung Saskatchewan Sungai Merah; di rumpun Danau-Danau Besar-Sungai St. Lawrence; dan di dataran Sungai Missouri, Mississippi, dan Ohio.

Dataran-dataran rendah maha luas ini kaya akan batubara, minyak, gas alam, dan tanah subur yang cocok untuk menanam berbagai tanaman budidaya.

Ada wilayah pegunungan-Appalachia di timur, Kordiiera di barat, dan Innuitia di utara-yang kaya akan bahan bakar (gas alam, batubara, dan minyak), berbagai logam, dan tenaga air.

Akhirnya, terdapat dataran pantai Amerika Utara, yang terletak di sepanjang Lautan Atlantik dan Teluk Meksiko. Dataran-dataran ini terutama kaya akan tanah, hutan, minyak, dan gas alam yang berharga.

Lingkungan hidup Amerika Utara

Kunjungi Peta Amerika Utara atau di google map

Perisai Kanada

Susunan fisiogiafi Amerika Utara mempengaruhi pengembangan ke dalam benua ini. Amerika Utara tumbuh melalui tambahan-tambahan di sekitar pusatnya yang berupa batu padas keras yang amat tua disebut Perisai Kanada. (Terkadang disebut Perisai Laurentia atau Dataran Tinggi Laurentia).

Struktur geologi ini telah didongakkan pada tepi luarnya di barisan pegunungan di Pulau Ellesmere dan Pulau Baffin di wilayah baratlaut Kanada;, di kubah raksasa Adirondacks; di barisan pegunungan Algoman, Cogebic, Mesabi, dan Cuyuna di seputar Danau-Danau Besar Amerika Serikat dan Kanada; dan di sejumlah kambi pegunungan rendah yang membentang ke timur dari Danau Athabasca dan Danau Beruang Besar. Seluruh perisai itu terbenam di bagian tengahnya, di bawah Teluk Hudson dan Cekung Foxe.

Perisai Kanada terkenal karena kekayaan mineralnya yang melimpah ruah. Daerah ini memiliki dua dari ladang bijih besi terbesar di dunia. Ladang itu terletak di sepanjang celah Labrador dan di sekitar Danau Superior bagian barat. Endapan nikel terbesar di dunia terdapat di Sudbury, di bagian tenggara Ontario tengah.

Endapan emas terletak di Quebec bagian barat, Ontario bagian timur, dan di Danau Budak Besar. Salah satu sumber utama uranium di .dunia terdapat di sebelah utara Danau Athabasca. Tembaga, timbel, seng, dan kobalt juga terdapat terutama di bagian timur Ontario dan bagian barat Quebec.

Dataran Rendah

Terdapat suatu lingkaran dataran rendah di sekeliling Perisai. Dataran Rendah Arktik terletak di kepulauan Kanada sampai ke Selat Lancaster. Dataran rendah itu terpecah menjadi pulau dan semenanjung di dekat laut. Di sebelah timur Perisai, dataran rendah itu lenyap, kecuali di Pulau Anticosti.

Di sebelah selatan dan barat, dataran itu tiba-tiba muncul lagi, membentuk dataran maha luas yang disebut Dataran Rendah St. Lawrence, Dataran Rendah Ohio, Danau-Danau Besar-Mississippi, Prairi, dan Dataran Besar, dan jauh ke baratlaut, Dataran Rendah Mackenzie.

Di dataran rendah itulah terletak sungai besar Amerika Utara, yang merupakan sungai-sungai paling megah di dunia. Banjir tahunannya, setelah salju tebal musim dingin mencair, telah menebarkan lahan subur ke sebagian besar bagian dalam Amerika Utara.

Di tempat aliran sungai itu sudah dikendalikan dengan bendungan dan terusan, sungai itu membentuk jalur-lintas-air yang menakjubkan. Pada awal abad ke-19 banyak sungai dan danau dihubungkan dengan terusan.

Terusan Mohawk-Danau Erie dan Terusan Chicago-Sungai Illinois di Amerika Serikat adalah contoh yang menonjol dari terusan abad ke-19 yang masih dipergunakan.

Dengan demikian, Amerika Serikat telah mengembangkan suatu jaringan jalur pelayaran-dalam yang tiada bandingannya di dunia, kecuali mungkin di Uni Soviet.

Dataran Rendah Dalam memiliki sumber energi batubara, minyak, dan gas alam paling kaya di dunia, yang tercadang dalam cekung dangkal terutama di sisi Pegunungan Appalachia, Ozark, dan Rocky, juga di jantung Dataran Tengah dan sepanjang tepi pantai Teluk.

Sumber energi itu telah dimanfaatkan untuk membantu Amerika Utara mengembangkan industrinya secara besar-besaran dan dalam pertumbuhan transportasi.

Artikel Terkait