Daerah Utama Meksiko inilah yang terpenting

Daerah Utama Meksiko – Geografi Meksiko di Amerika Utara terutama iklim dan tanahnya telah mempengaruhi pengembangan daerah utama negara ini. Ciri geografis paling menonjol adalah Dataran Tinggi Tengah, yang diapit di sebelah barat, timur, dan selatan oleh Pegunungan Sierra.

Di lepas pantai Meksiko bagian barat adalah semenanjung Kalifornia Bawah, yaitu daerah paling jarang penduduknya di Meksiko, bergunung dan berteras pantai.

Terdapat sedikit peternakan, tambang tembaga, dan perikanan niaga di Kalifornia Bawah. Kapas pun ditanam dengan bantuan irigasi di sekitar Meksikali. Di sebelah timur adalah dataran pesisir Teluk Meksiko dan Semenanjung Yucatan.

Pesisir pedalaman Teluk Kalifornia membentuk gurun Sonora; Irigasi digunakan di beberapa delta sungai di daerah ini untuk menanam kapas, gandum, padi, dan sayur mayur musim dingin.

Jurang-jurang dalam terbentuk di Pegunungan Sierra Barat oleh sungai-sungai ini, sehingga pegunungan itu sulit dimanfaatkan. Kota kecil telah tumbuh di sekitar tambang tembaga daerah itu. Pegunungan Sierra Timur lebih bagus pengembangannya.

Di sini lahan lebih sesuai untuk usaha tani dan daerah ini dekat dengan daerah berpenduduk Amerika Serikat. Namun, kekayaan terbesar Pegunungan Sierra Timur berasal dari batubara bitumina bermutu tinggi. Pegunungan Sierra Selatan (Sierra Madre del Sur) tinggi, lebar dan terbelah dalam oleh sungai.

Daerah Utama Meksiko

Orang Indian Meksiko

Kunjungi Peta Meksiko atau di google map

Pegunungan ini mempunyai musim panas yang lembap dan berbadai dan, tidak menguntungkan. Terdapat banyak lahan usaha tani kecil di lembah-lembah yang membentuk bagian dari tierra templada, (zone sedang). Acapulco di pesisir Pasifik selatan-yang terletak di tierra caliente (zone panas).merupakan kota wisata terkenal.

Di seberang Tanah Genting Tehuantepec, pegunungan berlanjut ke daerah Lembah Chiapas, yakni sebuah celah dalam di tanah tinggi yang mempunyai perkebunan kopi dan cokelat. Di atas garis pohon, padang rumput tinggi mendukung peternakan.

Lebih ke utara lahan menjorok ke plato rendah Semenanjung Yucatan yang dibatasi oleh dataran pesisir Teluk. Ini adalah tanah orang Maya, yang masih hidup di sana dalam lahan usaha tani kecil. Terdapat peternakan di pedalaman Semenanjung Yucatan Bagian sebelah utara yang lebih kering ditanami henequen (rami tropis).

Lebih jauh ke utara, pesisir Teluk, yang membatasi daratan utama, lebih lembap dan lebih produktif. Ini merupakan tierra caliente (zone panas). Daerah ini adalah lahan terbaik di Meksiko untuk menanam jagung. Selain itu, buah-buahan tropis dan, di lereng-lereng bukit sebelah barat, kopi yang bagus ditanam di sini.

Padi dan tebu ditanam di tanah rendah yang lebih berawa. Tampico, yakni pusat industri minyak Meksiko, dan Veracruz, pelabuhan utama Meksiko, adalah kota besar utama di zone panas. Di se belah selatan kota ini terdapat kompleks pusat listrik dan irigasi Papaloapam.

Daerah utama Meksiko telah berkembang di Dataran Tinggi Tengah, struktur geologi utama negara itu. Daerah ini adalah daerah terbesar dari tierra templada (zona sedang), dengan suhu tahunan rata-rata 16°C di Kota Meksiko.

Bagian tengah daerah tersebut sangat kaya akan logam. Perak telah ditambang di Zacatecas sejak tahun 1548. Durango memproduksi sebagian besar besi, emas, perak, dan tembaga. Sabuk logam itu membelah dataran menjadi 2 bagian.

Di sebelah utara terdapat serangkaian cekung yang agak rendah-kira-kira 1.200 m di atas paras laut-yang sebagian besar adalah gurun. Dataran tinggi sebelah selatan jauh lebih tinggi 1.500 sampai 2.400 m dan mencapai titik tertinggi pada puncak tertinggi di Meksiko. Gunung berapi besar Popocatepetl tingginya 5.453 m. Iklim di sini lebih sedang dan lebih lembap, dan lahannya subur.

Bagian utara dataran tinggi adalah pusat sistem irigasi utama Meksiko. Hasil utamanya adalah kapas dan alfalfa. Alfalfa adalah makanan ternak di peternakan sapi besar yang mencakup sebagian besar areal lahan.

Bagian selatan plato itu adalah daerah yang paling sempurna pengembangannya di Meksiko. Meskipun hanya mencakup 14% dari luas negara itu, seperdua penduduk tinggal di sana. Plato selatan mengalami zaman keemasan kerajaan Toltec dan Aztec.

Orang Spanyol menemukan kota besar kuno dan lahan pertanian kuno di sana sewaktu mereka menaklukkan Meksiko pada tahun 1521. Plato itu sebenarnya merupakan suatu kumpulan cekung yaitu cekung Puebla, Toluca, Guanajuato, Jalisco, Aguascalientes, Morelos, dan Meksiko.

Cekung Meksiko (yang dikenal sebagai Lembah Meksiko) adalah yang terbesar dan ibu kota yang berpenduduk lebih dari 9.000.000 jiwa terletak di cekung ini. Gandum dan buncis merupakan tanaman pangan utama. Maguey, yaitu tanaman untuk bahan pembuatan pulque, minuman keras khas Meksiko itu, juga ditanam di sini. Juga terdapat kawanan besar ternak perah dan ternak pedaging.

Namun, industri jauh lebih penting daripada pertanian di plato selatan. Puebla adalah kota tekstil utama Meksiko; Guadalajara memiliki banyak industri pertanian; Kota Meksiko mempunyai berbagai industri pemanufakturan, termasuk tekstil, sepatu, produk pangan, dan bahan petrokimia.

Akan tetapi, yang terpenting adalah sebagai pusat ekonomi dan perbelanjaan dan sudah tentu sebagai pusat pemerintahan dan administrasi bagi seluruh negara.

Baca juga: