Sejarah, Negara, dan Bisnis

Orang Eskimo Masa Kini

Keluarga Eskimo merupakan suatu kelompok yang ketat. Wewenang orang tua bersifat mutlak. Beberapa keluarga membentuk suku yang dipimpin oleh seorang kepala suku yang lazimnya diangkat untuk menduduki jabatan itu berdasarkan kemahirannya dalam berburu.

Bahasa yang digunakan oleh penduduk daerah Arktik masih sederhana. Satu kata saja biasanya sudah cukup untuk menyatakan satu kalimat. Penduduk yang menghuni daerah yang terbentang dari Siberia sampai Tanah Hijau mempunyai bahasa yang seragam sebagai akibat keterpencilannya sama sekali dari sentuhan peradaban dan kurangnya ragam bahasa tulisan.

Para pemukim dan pedagang yang bermaksud baik tetapi salah langkah itu telah mempengaruhi orang Eskimo agar menerapkan penggunaan kerangka rumah yang terbuat dari kayu.

Artikel pilihan
1 of 100
Orang Eskimo Masa Kini

Metode menghangatkan rumah dengan menggunakan kayu dan batubara yang diterapkan oleh orang kulit putih itu bertentangan dengan metode pribumi untuk menjaga kehangatan alami di dalam rumah mereka, yaitu dengan cara membangun rumah dari tanah liat yang dilapisi dengan gebalan rumput yang rapat, lengkap dengan lorong jalan keluarnya yang panjang dan terbuka itu.

Beberapa sarjana yakin bahwa perubahan dalam cara membuat rumah ini mungkin merupakan penyebab semakin pekanya orang Eskimo terhadap tuberkulosa dan berbagai penyakit saluran pernapasan lainnya yang ikut terbawa masuk bersama orang kulit putih ke daerah itu.

Selain itu, dengan semakin membanjirnya arus orang kulit putih ke daerah Arktik belakangan ini, orang Eskimo menjadi sering ketularan penyakit baru, yaitu cacar dan campak.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time