Rusia, #55 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Tanjung News – Rusia menempati urutan ke-55 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Rusia telah mengalami perubahan signifikan sejak runtuhnya Uni Soviet, bergerak dari ekonomi yang direncanakan secara terpusat menuju sistem yang lebih berbasis pasar.

Baik pertumbuhan ekonomi dan reformasi telah terhenti dalam beberapa tahun terakhir, dan Rusia tetap menjadi ekonomi yang dominan secara statistik dengan konsentrasi kekayaan yang tinggi di tangan para pejabat.

Reformasi ekonomi pada 1990-an memprivatisasi sebagian besar industri, dengan pengecualian penting di sektor energi, transportasi, perbankan, dan yang terkait dengan pertahanan.

Perlindungan hak properti masih lemah, dan negara terus mengganggu operasi sektor swasta secara bebas. Rusia adalah salah satu produsen minyak dan gas alam terkemuka di dunia, dan juga pengekspor logam utama seperti baja dan aluminium primer.

Rusia sangat bergantung pada pergerakan harga komoditas dunia karena ketergantungan pada ekspor komoditas membuatnya rentan terhadap siklus boom dan bust yang mengikuti perubahan fluktuasi harga global.

Ekonomi, yang memiliki rata-rata pertumbuhan 7% selama periode 1998-2008 karena harga minyak naik dengan cepat, telah melihat tingkat pertumbuhan yang menurun sejak saat itu karena habisnya model pertumbuhan berbasis komoditas Rusia.

Kombinasi dari penurunan harga minyak, sanksi internasional, dan keterbatasan struktural mendorong Rusia ke dalam resesi yang mendalam pada tahun 2015, dengan PDB turun mendekati 2,8%.

Penurunan berlanjut hingga 2016, dengan PDB menyusut 0,2% lagi, tetapi terbalik pada tahun 2017 karena permintaan dunia meningkat. Dukungan pemerintah untuk substitusi impor baru-baru ini meningkat dalam upaya diversifikasi ekonomi dari industri ekstraktif.

Rusia

PDB $ 1,578 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 1,5%
PDB per Kapita: $ 10.700
Neraca Perdagangan / PDB: 2,2%
Populasi: 142.1 juta
Hutang / PDB Publik: 16%
Pengangguran: 5,2%
Inflasi: 3,7%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 82
Kebebasan Moneter: 151
Hak Properti: 84
Inovasi: 36
Teknologi: 25
Pita Merah: 31
Investor Protection: 56
Korupsi: 123
Kebebasan pribadi: 142
Beban pajak: 48

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.