Kolombia, #67 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Tanjung NewsKolombia menempati urutan ke-67 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Negeri ini sangat bergantung pada energi dan ekspor pertambangan, membuatnya rentan terhadap fluktuasi harga komoditas.

Kolombia adalah penghasil minyak terbesar keempat di Amerika Latin dan penghasil batubara terbesar keempat di dunia, pengekspor kopi terbesar ketiga, dan pengekspor bunga potong terbesar kedua.

Bacaan Lainnya

Perkembangan ekonomi Kolombia terhambat oleh infrastruktur yang tidak memadai, kemiskinan, narkotika, dan situasi keamanan yang tidak menentu, di samping ketergantungan pada komoditas primer (barang yang memiliki sedikit nilai tambah dari pemrosesan atau input tenaga kerja).

Ekonomi Kolombia melambat pada tahun 2017 karena jatuhnya harga pasar dunia untuk minyak dan produksi minyak domestik yang lebih rendah karena serangan pemberontak pada infrastruktur pipa. Meskipun pertumbuhan PDB riil rata-rata 4,7% selama dekade terakhir, turun menjadi sekitar 1,8% pada 2017.

Penurunan harga minyak juga berkontribusi terhadap penurunan pendapatan pemerintah. Pada 2016, pendapatan minyak turun di bawah 4% dari anggaran federal dan kemungkinan tetap di bawah 4% pada 2017.

Sebuah lembaga pemeringkat kredit Barat pada Desember 2017 menurunkan peringkat kredit pemerintah Kolombia menjadi BBB-, karena pertumbuhan yang lebih lemah dari perkiraan dan peningkatan eksternal hutang.

Kolombia telah berjuang untuk mengatasi referendum lokal terhadap investasi asing, yang telah memperlambat ekspansi, terutama di sektor minyak dan pertambangan.

FDI Kolombia turun 3% menjadi $ 10,2 miliar antara Januari dan September 2017. Kolombia telah menandatangani atau sedang merundingkan Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) dengan lebih dari selusin negara; FTA AS-Kolombia mulai berlaku pada Mei 2012.

Kolombia adalah anggota pendiri Aliansi Pasifik – blok perdagangan regional yang dibentuk pada 2012 oleh Chili, Kolombia, Meksiko, dan Peru untuk mempromosikan perdagangan regional dan integrasi ekonomi.

Pemerintah Kolombia mengambil langkah-langkah pada tahun 2017 untuk mengatasi beberapa iritasi perdagangan bilateral dengan AS, termasuk yang menggunakan truk, roh suling, farmasi, impor etanol, dan hak-hak buruh. Kolombia berharap untuk mengaksesi Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan.

Kolombia

PDB $ 315 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 1,8%
PDB per Kapita: $ 6.300
Neraca Perdagangan / PDB: -3,3%
Populasi: 48.2 juta
Hutang / PDB Publik: 49%
Pengangguran: 9,3%
Inflasi: 4,3%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 69
Kebebasan Moneter: 107
Hak Properti: 61
Inovasi: 73
Teknologi: 84
Pita Merah: 87
Investor Protection: 14
Korupsi: 86
Kebebasan pribadi: 66
Beban pajak: 122

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Pos terkait