Argentina, #76 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp
Argentina Negara Terbaik Untuk Bisnis

Argentina menempati urutan ke-76 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Negeri ini mendapat manfaat dari sumber daya alam yang kaya, populasi yang sangat melek, sektor pertanian yang berorientasi ekspor, dan basis industri yang beragam.

Meskipun salah satu negara terkaya di dunia 100 tahun yang lalu, Argentina menderita selama sebagian besar abad ke-20 dari krisis ekonomi yang berulang, defisit fiskal dan neraca berjalan yang terus-menerus, inflasi tinggi, meningkatnya utang luar negeri, dan pelarian modal.

Bacaan Lainnya

Cristina FERNANDEZ DE KIRCHNER menggantikan suaminya sebagai presiden pada akhir 2007, dan pada 2008 pertumbuhan ekonomi yang cepat pada tahun-tahun sebelumnya melambat tajam ketika kebijakan pemerintah menahan ekspor dan ekonomi dunia jatuh ke dalam resesi.

Pada tahun 2010 ekonomi rebound kuat tetapi melambat pada akhir 2011 bahkan ketika pemerintah terus bergantung pada kebijakan fiskal dan moneter ekspansif, yang menjaga inflasi dalam dua digit.

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah memperluas intervensi negara dalam perekonomian: pemerintah menasionalisasi perusahaan minyak YPF dari Repsol Spanyol, memperluas langkah-langkah untuk membatasi impor, dan semakin memperketat kontrol mata uang untuk meningkatkan cadangan devisa dan membendung pelarian modal. Antara 2011 dan 2013, cadangan devisa Bank Sentral turun $ 21,3 miliar dari $ 52,7 miliar.

Pada Juli 2014, Argentina dan Cina menyepakati pertukaran mata uang $ 11 miliar; Bank Sentral Argentina telah menerima setara dengan $ 3,2 miliar dalam yuan Cina, yang dianggap sebagai cadangan internasional.

Dengan terpilihnya Presiden Mauricio Macri pada November 2015, Argentina memulai transformasi politik dan ekonomi bersejarah, ketika pemerintahannya mengambil langkah untuk meliberalisasi ekonomi Argentina, mengangkat kontrol modal, mengambang peso, menghilangkan kontrol ekspor pada beberapa komoditas, memotong beberapa subsidi energi, dan mereformasi statistik resmi negara.

Argentina merundingkan pembayaran utang dengan kreditor pemegang obligasi, terus bekerja dengan IMF untuk menopang keuangannya, dan kembali ke pasar modal internasional pada April 2016. Pada 2017, ekonomi Argentina muncul dari resesi dengan pertumbuhan PDB hampir 3,0%.

Pemerintah melewati reformasi penting pensiun, pajak, dan fiskal. Dan setelah bertahun-tahun terisolasi dari dunia internasional, Argentina mengambil beberapa peran kepemimpinan internasional, termasuk menjadi tuan rumah Forum Ekonomi Dunia di Amerika Latin dan Konferensi Tingkat Menteri Organisasi Perdagangan Dunia, dan ditetapkan untuk menjadi presiden G-20 pada tahun 2018.

Argentina

PDB $ 638 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 2,9%
PDB per Kapita: $ 14.400
Neraca Perdagangan / PDB: -4,9%
Populasi: 44,7 juta
Hutang / PDB Publik: 58%
Pengangguran: 8,4%
Inflasi: 25,7%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 119
Kebebasan Moneter: 158
Hak Properti: 79
Inovasi: 54
Teknologi: 65
Pita Merah: 113
Investor Protection: 56
Korupsi: 77
Kebebasan pribadi: 41
Beban pajak: 141

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Pos terkait