Guatemala, #97 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Tanjung NewsGuatemala menempati urutan ke-97 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Negeri ini adalah negara terpadat di Amerika Tengah dengan PDB per kapita kira-kira setengah dari rata-rata untuk Amerika Latin dan Karibia.

Sektor pertanian menyumbang 13,5% dari PDB dan 31% dari angkatan kerja; ekspor pertanian utama termasuk gula, kopi, pisang, dan sayuran. Guatemala adalah penerima pengiriman uang teratas di Amerika Tengah sebagai hasil dari komunitas ekspatriat besar Guatemala di AS.

Bacaan Lainnya

Arus masuk ini merupakan sumber utama pendapatan asing, setara dengan dua pertiga dari ekspor negara itu dan sekitar sepersepuluh dari PDB-nya.

Kesepakatan perdamaian tahun 1996, yang mengakhiri perang saudara selama 36 tahun, menghilangkan hambatan besar bagi investasi asing, dan sejak itu Guatemala melakukan reformasi penting dan stabilisasi ekonomi makro.

Perjanjian Perdagangan Bebas Republik Dominika-Amerika Tengah (CAFTA-DR) mulai berlaku pada Juli 2006, mendorong peningkatan investasi dan diversifikasi ekspor, dengan peningkatan terbesar dalam ekspor etanol dan pertanian non-tradisional.

Sementara CAFTA-DR telah membantu meningkatkan iklim investasi, kekhawatiran terhadap keamanan, kurangnya pekerja terampil, dan infrastruktur yang buruk terus menghambat investasi langsung asing.

Distribusi pendapatan tetap sangat tidak setara dengan 20% populasi terkaya yang menyumbang lebih dari 51% dari konsumsi keseluruhan Guatemala. Lebih dari setengah populasi berada di bawah garis kemiskinan nasional, dan 23% populasi hidup dalam kemiskinan ekstrem.

Kemiskinan di antara kelompok masyarakat adat, yang membentuk lebih dari 40% populasi, rata-rata 79%, dengan 40% populasi asli hidup dalam kemiskinan ekstrem. Hampir setengah dari anak-anak Guatemala di bawah usia lima tahun mengalami kekurangan gizi kronis, salah satu tingkat kekurangan gizi tertinggi di dunia.

Guatemala Negara Terbaik Untuk Bisnis

Guatemala

GDP $ 76 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 2,8%
PDB per Kapita: $ 4.500
Neraca Perdagangan / PDB: 1,5%
Populasi: 16,6 juta
Hutang / PDB Publik: 25%
Pengangguran: 2.3%
Inflasi: 4,4%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 19
Kebebasan Moneter: 85
Hak Properti: 81
Inovasi: 100
Teknologi: 112
Pita Merah: 79
Investor Protection: 153
Korupsi: 131
Kebebasan pribadi: 91
Beban pajak: 88

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Pos terkait