Mengenal Arthur Philip, Sang Gubernur perintis di Benua Kanguru

Arthur Philip

Arthur Philip, seorang laksamana dan seorang gubernur yang lahir pada 11 Oktober 1738 di paroki, Allhallows, bangsal Bread Street, London. Ia merupakan gubernur New South Wales, sebuah koloni Inggris pertama di Benua Australia. Jasanya begitu besar dalam membangun daerah koloni di masa-masa awal penjajahan Inggris.

Pada 24 Juni 1751 ia terdaftar pada sekolah Greenwich untuk anak-anak pelaut. Ia lulus dari Merchan Navy dibawah Kapten Redhead di Fortune pada tahun 1755. Ia diangkat menjadi Kapten dan diberi kewenangan mengomandoi 24 pistos Ariadne pada November tahun 1781.

Pada bulan Desember tahun 1782 ia mengambil alih 64 gun Eropa. Dua tahun kemudian, dia pindah ke Perancis Selatan sebelum akhirnya ia diangkat menjadi gubernur pertama di New South Wales atas rekomendasi Sir George Rose (bendahara angkatan laut di Lyndhurts) pada tanggal 12 Oktober 1786.

Ekspedisinya dimulai pada tanggal 13 Mei 1787 ketika armada pertamanya bertolak dari Inggris menuju Australia. Armada Philip tiba di teluk Botany Bay pada tanggal 18 Januari 1788. Ketika sampai di wilayah koloni, ia banyak melakukan terobosan untuk menangani masalah-masalah yang dihadapi penduduk. Ia memiliki visi yang mendorong para pemukim bebas bermigrasi, melindungi hak-hak perlindungan, dan menghindari mereka dari kontaminasi narapidana.

Oleh karena itu bekas narapidana itu harus tinggal terpisah dari para pemukim beba. Philip sangat berhati-hati dalam mendistribusikan hak-hak penduduk dan berpegang teguh pada prinsip kesetaraan tanpa memandang status dan kedudukan para imigran. Philip terus berusaha untuk menjaga keharmonisan pendatang dan penduduk asli Australia.

Lambat laun kondisi kesehatannya menurun dan memaksanya untuk kembali ke Inggris dan mencari perawatan medis pada 11 Desember 1792 . Pada 1796 Phillip telah cukup pulih kesehatannya untuk melanjutkan tugas angkatan laut aktif. Dia meninggal pada 31 Agustus 1814 tiga bulan setelah menerima promosi terakhirnya ke laksamana Blue.

Dia meninggalkan harta senilai sekitar £ 25.000 dan dimakamkan di gereja St Nicholas, Bathampton. Untuk mengenang dan menghormati jasanya terhadap Inggris, dibangunlah sebuah tugu peringatan di Bath Abbey, dan potretnya ada di National Portrait Gallery, London, dan Mitchell and Dixson Galleries.

DAFTAR PUSTAKA

  • Fletcher, B.H. 1967. Philip, Arthur (1738-1814) Australian Dictionary of Biography Vol. 2. Melbourne: Melbourne Press.
  • Karskens, Grace. 2016. Philip and the Eora: Governing race relations in the colony of New South Wales. Sydney Journal, vol 5, no 1, 39–55.

PENULIS

  • Nama : Noviyanti
  • Pekerjaan : Mahasiswa
  • Prodi : Pendidikan Sejarah
  • Institusi : Universitas Jember

Pos terkait