Cara sukses menjalankan bisnis kecil terencana

  • Whatsapp

Untuk berhasil dalam sebuah bisnis, Anda harus fleksibel dan memiliki keterampilan perencanaan dan organisasi yang baik. Banyak orang memulai bisnis dengan berpikir bahwa mereka hanya menyalakan komputer atau membuka pintu dan mulai menghasilkan uang, hanya untuk menemukan bahwa menghasilkan uang dalam bisnis jauh lebih sulit daripada yang mereka kira.

Anda dapat menghindari hal ini dalam usaha bisnis dengan meluangkan waktu dan merencanakan semua langkah yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan. Apa pun jenis bisnis yang ingin Anda mulai, menggunakan sembilan tips berikut dapat membantu sukses dalam usaha.

Bacaan Lainnya
9 tips sukses bisnis kecil

9 tips sukses bisnis kecil

Bagi anda para pelaku bisnis kecil yang ingin mencapai kesuksesan coba pahami 9 kiat berikut:

1. Terorganisir

Untuk mencapai kesuksesan bisnis, Anda perlu terorganisir. Ini akan membantu menyelesaikan tugas dan tetap di atas hal-hal yang harus dilakukan. Cara yang baik untuk mengatur adalah dengan membuat daftar tugas setiap hari. Saat menyelesaikan setiap item, centang item tersebut dari daftar. Ini akan memastikan bahwa Anda tidak melupakan apa pun dan menyelesaikan semua tugas yang penting untuk kelangsungan bisnis.

2. Simpan Catatan Terperinci

Semua bisnis yang sukses menyimpan catatan rinci. Dengan demikian, Anda akan tahu di mana posisi bisnis secara finansial dan tantangan potensial apa yang mungkin Anda hadapi. Mengetahui hal ini memberi waktu untuk membuat strategi untuk mengatasi tantangan tersebut.

3. Analisa Persaingan

Persaingan menghasilkan hasil terbaik. Untuk menjadi sukses, Anda tidak perlu takut untuk belajar dan belajar dari pesaing. Lagi pula, mereka mungkin melakukan sesuatu yang benar yang dapat Anda terapkan dalam bisnis untuk menghasilkan lebih banyak uang.

4. Pahami Risiko dan bonusnya

Kunci sukses adalah mengambil risiko yang diperhitungkan untuk membantu bisnis Anda berkembang. Pertanyaan yang bagus untuk ditanyakan adalah “Apa kerugiannya?” Jika dapat menjawab pertanyaan ini, maka Anda tahu apa skenario terburuknya. Pengetahuan ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil jenis risiko yang diperhitungkan yang dapat menghasilkan imbalan yang luar biasa.

CATATAN: Memahami risiko dan imbalan termasuk menjadi cerdas tentang waktu memulai bisnis Anda. Misalnya, apakah dislokasi ekonomi yang parah pada tahun 2020 memberi peluang (misalnya, membuat dan menjual masker wajah) atau hambatan (membuka restoran baru selama masa jarak sosial dan tempat duduk terbatas diperbolehkan)?

Baca juga: Business plan: Pengertian, Alasan, Bagian penting, dan Download template

5. Kreatif

Selalu mencari cara untuk meningkatkan bisnis Anda dan membuatnya menonjol dari persaingan. Ketahuilah bahwa Anda tidak tahu segalanya dan terbukalah terhadap ide-ide baru dan pendekatan yang berbeda untuk bisnis.

6. Tetap Fokus

Pepatah lama “Roma tidak dibangun dalam sehari” berlaku di sini. Hanya karena Anda membuka bisnis tidak berarti Anda akan segera mulai menghasilkan uang. Butuh waktu untuk membuat orang tahu siapa Anda, jadi tetaplah fokus untuk mencapai tujuan jangka pendek.

7. Bersiaplah untuk Berkorban

Persiapan untuk memulai bisnis adalah kerja keras, tetapi setelah Anda membuka pintu, pekerjaan baru saja dimulai. Dalam banyak kasus Anda harus meluangkan lebih banyak waktu daripada jika Anda bekerja untuk orang lain, yang mungkin berarti menghabiskan lebih sedikit waktu dengan keluarga dan teman untuk menjadi sukses.

8. Berikan layanan terbaik

Ada banyak bisnis sukses yang lupa bahwa menyediakan layanan pelanggan yang baik itu penting. Jika Anda memberikan layanan yang lebih baik untuk pelanggan, mereka akan lebih cenderung untuk datang saat mereka membutuhkan sesuatu daripada pergi ke pesaing Anda.

9. Konsisten

Konsistensi adalah komponen kunci untuk menghasilkan uang dalam bisnis. Anda harus terus melakukan apa yang diperlukan untuk menjadi sukses hari demi hari. Ini akan menciptakan kebiasaan positif jangka panjang yang akan membantu menghasilkan uang dalam jangka panjang.

CATATAN: Menurut data 2019 dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, sekitar 20% bisnis baru gagal selama dua tahun pertama pembukaannya, 45% selama lima tahun pertama, dan 65% selama 10 tahun pertama. Hanya 25% bisnis baru yang berhasil mencapai 15 tahun atau lebih. 1 Jika Anda ingin berada di antara 25% itu, perhatian ketat pada sembilan tips ini adalah cara cerdas untuk mencapainya.

Baca juga: Apa itu IVR? Panduan untuk Pemilik Bisnis

Kesimpulan

  • Memulai bisnis membutuhkan pemikiran analitis, organisasi yang teguh, dan pencatatan yang terperinci.
  • Sangat penting untuk menyadari pesaing Anda dan menyesuaikan atau meningkatkan taktik sukses mereka.
  • Anda hampir pasti akan bekerja lebih keras untuk diri sendiri daripada untuk orang lain, jadi bersiaplah untuk berkorban dalam kehidupan pribadi Anda ketika membangun bisnis Anda.
  • Memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan Anda sangat penting untuk mendapatkan loyalitas mereka dan mempertahankan bisnis mereka.

Pos terkait