Imigran Jepang Manjiro pemuda 14 tahun pertama tiba di AS

Imigran Jepang pertama tiba di AS

Sejarah Hari Ini – Disebut sebagai duta besar pertama AS untuk Jepang, seorang nelayan berusia 14 tahun bernama Manjiro dianggap sebagai imigran Jepang pertama di Amerika, tiba di negara itu pada 7 Mei 1843, dengan menggunakan kapal penangkap ikan paus.

Menurut National Endowment of the Humanities, bocah dan krunya terjebak dalam badai yang dahsyat, dengan kapal mereka akhirnya terdampar di pulau terpencil 300 mil jauhnya dari desa pesisir Jepang mereka.

Diselamatkan lima bulan kemudian oleh kapal penangkap ikan paus Amerika, Manjiro diadopsi oleh Kapten Amerika William Whitfield, yang mengganti namanya menjadi John Mung dan membawanya kembali ke negara bagian ke rumahnya di Massachusetts.

Manjiro akhirnya kembali ke Jepang, di mana dia dinobatkan sebagai samurai dan bekerja sebagai utusan politik antara negara asalnya dan Barat, lapor NEH.

Menurut National Museum of American History, sekitar 20 tahun kemudian, pada tahun 1860-an, sekelompok imigran Jepang mulai berdatangan di kepulauan Hawaii, tempat mereka bekerja di ladang tebu. Dari sana, banyak yang pindah ke California, Washington, dan Oregon.

Dari tahun 1886 hingga 1911, Library of Congress menambahkan , lebih dari 400.000 wanita dan pria Jepang berimigrasi ke Amerika, khususnya ke Hawaii dan West Coast. Untuk memperingati kedatangan awal Manjiro, Kongres pada tahun 1992 menetapkan Mei sebagai Bulan Warisan Penduduk Amerika Asia dan Kepulauan Pasifik.

Pos terkait